Galaxy Z Fold 6. (Sumber gambar : Desyinta Nuraini/Hypeabis.id)

Dibanderol Mulai Rp26 Juta, Cek Fitur Baru di Galaxy Z Fold 6

11 July 2024   |   15:54 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Galaxy Z Fold 6 meluncur ke pasar gawai Indonesia. Smartphone foldable dari Samsung ini membawa sejumlah fitur artificial intelligence (AI) terbaru dengan desain yang lebih ramping serta ringan dari versi sebelumnya, Galaxy Z Fold 5. 

Head of Product Mobile Experience Samsung Electronics Indonesia Verry Octavianus mengatakan Galaxy Z Fold 6 memiliki bobot  hanya 239 gram dan ketebalannya 12,2 mm. Adapun seri sebelumnya, Galaxy Z Fold5 memiliki bobot 253 gram dan ketebalan 13,4 mm. “Foldable teringan dan ter-compact yang kita punya saat ini,” ujarnya dalam Galaxy Unpacked di Jakarta, Kamis (11/7/2024). 

Hypeabis.id menguji keunggulan yang ditawarkan Samsung ini. Jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, Galaxy Z Fold 6 memang lebih mudah digenggam dari Z Fold 5 ketika layar terbuka. 

Baca juga: Rilis! Cek Spesifikasi Samsung Galaxy Z Fold6 yang Bawa Layar Lebih Lebar

Dengan bobotnya yang ringan, ponsel ini tidak membuat tangan pegal jika diangkat. Bagian cover-nya pun tidak licin sehingga meminimalisir risiko jatuh. 
 

Galaxy Z Fold 6. (Sumber gambar : Desyinta Nuraini/Hypeabis.id)

Galaxy Z Fold 6. (Sumber gambar : Desyinta Nuraini/Hypeabis.id)

Dari spesifikasi, Samsung tidak membuat banyak perubahan pada Z Fold 6 dari seri sebelumnya. Ponsel lipat ini masih dibekali triple camera

Kamera utamanya masih menggunakan lensa wide 50 MP. Kemudian lensa ultra wide 12 MP, dan lensa telephoto 10 MP dengan maksimal 30 kali zoom. Ponsel ini juga memiliki kamera selfie 10 MP dan under display camera 14 MP. 

Layarnya dilengkapi dengan Armor Aluminum dan Corning Gorilla Glass Victus 2 yang ditingkatkan. Perangkat ini juga dilengkapi dengan dual rail hinge yang memungkinkan perangkat tertutup rapat saat dilipat, sehingga layar terlindungi dengan maksimal saat perangkat tidak digunakan. 
 
Perubahan terbesar ada pada chipset. Ponsel ini dibekali Snapdragon 8 Gen 3 Mobile Platform for Galaxy, prosesor mobile Snapdragon paling canggih, yang memadukan kinerja CPU, GPU dan performa NPU terbaik di kelasnya. 

Bisa untuk gaming dengan vapor chamber 1.6x lebih besar. Grafis yang vivid dan nyata didukung oleh Ray Tracing untuk tampilan yang lebih imersif pada layar 7,6 inci dan kecerahan hingga 2.600 nit. Adapun layar ini lebih lebar 2,7 inci dibandingkan versi sebelumnya. 
 

Galaxy Z Fold 6. (Sumber gambar : Desyinta Nuraini/Hypeabis.id)

Galaxy Z Fold 6. (Sumber gambar : Desyinta Nuraini/Hypeabis.id)

Fitur AI Terbaru

Salah satu fitur AI terbaru yang hadir pada Samsung Galaxy Fold 6 yakni PDF overlay translation pada Notes. Fitur ini bahkan mendukung teks di dalam image dan grafis. 

Pengguna bisa menerjemahkan langsung PDF dalam berbagai bahasa dengan mudahnya. Fitur ini juga bisa dapat merangkum PDF hingga jurnal online

Fitur interpreter juga bisa dimaksimalkan dengan dual screen form factor. Pas dibawa saat traveling, pengguna dan pihak kedua bisa melihat hasil terjemahan dengan nyaman pada layar utama dan cover screen untuk interaksi yang lebih natural. 

Fitur ini juga menawarkan terjemahan satu arah melalui Listening Mode, sehingga pengguna bisa dengan mudah mendengarkan pemaparan kuliah atau presentasi lainnya. Sementara itu, Live Translate kini bisa digunakan pada aplikasi pihak ketiga. “Bisa dipakai di Instagram dan WhatsApp,” sebut Verry.
 

Galaxy Z Fold 6. (Sumber gambar : Desyinta Nuraini/Hypeabis.id)

Galaxy Z Fold 6. (Sumber gambar : Desyinta Nuraini/Hypeabis.id)


Harga dan Ketersediaan

Samsung Galaxy Z Fold sudah bisa dipesan sejak gelaran Galaxy Unpacked di Paris semalam. Ponsel lipat premium ini ditawarkan dengan beberapa pilihan mulai dari Rp26,49 juta untuk varian RAM12 dan penyimpanan 256 GB. Kemudian Rp28,49 juta untuk varian RAM 12 dan 512 GB, dan Rp31,99 juta untuk varian RAM12 GB dan penyimpanan 1 TB.

Galaxy Z Fold 6 hadir dengan warna Silver Shadow, Pink dan Navy. Selain pilihan warna tersebut, Galaxy Z Fold6 tersedia pilihan warna exclusive Black dan White di Samsung.com.

Baca juga: Buka Masa Pre-order, Cek Bocoran Harga Samsung Galaxy Z6 Series

Editor: Puput Ady Sukarno

 

SEBELUMNYA

Produser Susanti Dewi di BIFAN 2024: Film Indonesia Tengah Jadi Sorotan Dunia

BERIKUTNYA

Film Terakhir Waralaba The Conjuring Dijadwalkan Tayang 5 September 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: