(MediaTek)

MediaTek Siapkan Prosesor yang Lebih Powerful Berteknologi 4 Nanometer

24 June 2021   |   22:32 WIB

Industri semikonduktor dan prosesor perangkat seluler terus berkembang. Setelah produk berfabrikasi 5 nanometer yang sudah banyak beredar di pasar, vendor kini tengah menyiapkan prosesor dengan fabrikasi 4 nanometer.

Laporan dari Gizchina, dikutip Kamis (24/6) menyebutkan bahwa perusahaan MediaTek tengah bersiap untuk menjadi yang pertama menghadirkan prosesor generasi selanjutnya dalam beberapa waktu mendatang.

Pembuat chip dari Taiwan itu bermaksud menghadirkan prosesor andalan yang dibuat menggunakan teknologi 4 nanometer pada paruh pertama tahun depan.

Dalam laporan juga disebutkan bahwa prosesor nantinya akan diproduksi oleh TSMC. Dengan demikian, kemungkinan besar perusahaan ponsel yang bakal menjadi pengguna utama dari prosesor terbaru itu adalah Vivo, Oppo, dan Xiaomi.

Chip atau prosesor baru itu menjalankan arsitektur ARM v9 dengan menyertakan core Cortex-X2 dan Cortex A510 terbaru. Urusan pemrosesan grafisnya akan diakselerasi oleh Mali-G710 yang bakal menjadi penerus Mali-G78.

Diperkirakan, tahun 2021 MediaTek akan dapat meluncurkan prosesor andalannya tersebut dan bersaing dengan rival pembuat chip seluler yakni Qualcomm yang juga dilaporkan sedang mengembangkan Snapdragon 895 sebagai prosesor unggulan.

SoC MediaTek
Sebagai informasi, MediaTek belum lama ini memperluas keluarga prosesor selulernya dengan mengumumkan system on chip (SoC) Dimensity 900 untuk perangkat smartphone 5G berkinerja tinggi.

Chip tersebut menggunakan teknologi 6 nanometer dengan isian depalan inti pemrosesa. Dua inti ARM Cortex A78 hingga 2,4 GHz dan enam inti ARM Cortex A55 hingga 2 GHz. Grafisnya dibekali dengan ARM Mali G68 MC4.

Dengan konfigurasi demikian, perusahaan mengklaim bahwa Dimensity 900 memiliki kinerja yang powerful tapi sangat hemat daya, sehingga memperpanjang masa pakai baterai.

Adapun, prosesor terbaru yang tengah disiapkan dengan teknologi 4 nanometer diperkirakan bakal mengedepankan peningkatan kinerja yang lebih powerful dan pengurangan konsumsi daya yang juga lebih signifikan.

Editor: Fajar Sidik
SEBELUMNYA

Tren Positif Industri Mainan Anak Beri Angin Segar Pengrajin Lokal

BERIKUTNYA

Ke Desa Maria di NTB Yuk, Nikmati Keseruannya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: