Thomas Müller. (Sumber foto: X/esmuellert_)

Bintang Bayern Munich, Thomas Müller Pensiun dari Timnas Jerman

16 July 2024   |   14:58 WIB
Image
Yohanis Paiman Londong Mahasiswa Universitas Budi Luhur

Bersamaan dengan selesainya piala Euro 2024, Thomas Müller mengumumkan keputusannya untuk pensiun dari Timnas Jerman. Penyerang dari klub Bayern Munich itu mengakhiri 14 tahun kebersamaannya dengan Die Mannschaft setelah menyumbang 86 kontribusi gol dari total 131 laga.

Thomas Müller yang merupakan seorang pemain sepak bola profesional asal Jerman, yang dikenal sebagai salah satu pemain paling berbakat dan pemain serbaguna dalam sejarah sepak bola modern. Dia memulai karier di akademi Bayern Munich dan menghabiskan seluruh karier profesionalnya dengan klub tersebut. Müller pun debut di tim senior Bayern pada 2008 dan dengan cepat menjadi pemain kunci.

Baca juga: Lamine Yamal, Bintang Muda Spanyol Raih Gelar Young Player of the Tournament Euro 2024

Melansir dari akun resmi Thomas Müller @esmuellert pada Selasa (16/7/2024), dalam unggahan video kompilasi yang menggambarkan perjalanan karirnya yang gemilang selama membela Timnas Jerman. Mulai dari debut internasionalnya yang bersinar pada 2010, hingga kontribusinya yang sangat penting dalam memenangkan Piala Dunia FIFA 2014 di Brasil. 
 

 
Video tersebut tidak hanya memamerkan keterampilan dan cara permainan Müller yang luar biasa di lapangan, tetapi juga menyoroti dedikasi, kerja keras, dan semangat juangnya yang tak kenal lelah dalam setiap pertandingan.

Müller adalah pemain yang selalu membuat buat pemain Timnas Jerman terhibur akibat humor yang dia lakukan. Terbukti dalam ucapan dari akun resmi Timnas Jerman @dfb_team “Unik di dalam dan di luar lapangan! Kami akan merindukanmu... Terima kasih untuk semuanya! Bagus, Thomas!” tulisnya pada Selasa (16/7/2024).
 

Thomas Müller pertama kali mencuri perhatian dunia pada ajang Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan, di mana dia berhasil memenangkan Golden Boot sebagai pencetak gol terbanyak pada Piala Dunia 2010 dengan lima gol.

Penampilannya yang gemilang tidak hanya membantunya meraih penghargaan Pemain Muda Terbaik, tetapi juga membawa Jerman ke semifinal pada 2010. Selama bertahun-tahun, Müller terus menunjukkan kualitasnya sebagai pemain serba bisa, mampu bermain di berbagai posisi penyerang ataupun gelandang untuk menemukan ruang dan menciptakan peluang

Karier Müller mencapai puncaknya pada Piala Dunia 2014 di Brasil, pada turnamen tersebut dia mencetak lima gol dan menjadi salah satu pilar utama dalam perjalanan Timnas Jerman dalam menuju gelar Juara Dunia keempat bagi mereka.

Yang menjadi salah satu momen yang paling diingat adalah, saat Muller mencetak gol pembuka dalam kemenangan 7-1 Jerman atas tuan rumah Brasil di semifinal, sebuah pertandingan yang tercatat dalam sejarah sepak bola sebagai salah satu kemenangan paling dominan di panggung dunia.

Meski Müller telah mengumumkan  pensiun dari Timnas Jerman, dia masih memiliki kontrak satu tahun lagi dengan Bayern Munich. Timnas Jerman mungkin akan kesulitan mencari pengganti sosok Müller, namun mereka berharap talenta muda seperti Jamal Musiala dan Florian Wirtz bisa mengisi kekosongan yang ditinggalkannya.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Resep Moist Tiramisu Steam Cake with Choco Ganache, Bisa Buat Sendiri di Rumah

BERIKUTNYA

Melirik Potensi Cuan Bisnis Olahan Kue Rumahan ala Anak Muda

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: