Lamine Yamal (Sumber foto: Instagram/lamineyamal)

Lamine Yamal, Bintang Muda Spanyol Raih Gelar Young Player of the Tournament Euro 2024

15 July 2024   |   21:47 WIB
Image
Yohanis Paiman Londong Mahasiswa Universitas Budi Luhur

Spanyol berhasil meraih kembali kejayaan di Piala Eropa 2024, setelah mengalahkan Inggris dengan skor 2-1  dalam laga final di Olympiastadion Berlin yang sangat sengit. La Furia Roja keluar sebagai juara Eropa dan merayakan kemenangan lewat gol yang dicetak oleh Nico Williams dan M. Oyarzabal.

Divsisi lain, kemenangan Spanyol makin lengkap dengan diraihnya gelar Young Player of The Tournament pada Piala Euro 2024 oleh pemain muda mereka, Lamine Yamal.

Baca juga: Deretan Rekor Baru Spanyol Setelah Berhasil Juara EURO 2024

Sosok Yamal tersebut merupakan pemain kunci diketahui tak pernah kehilangan tempat untuk mengisi posisi pemain Utama Spanyol dalam tujuh pertandingan di Euro 2024. Pemain termuda di final Euro ini, berhasil menciptakan umpan manis dalam proses terciptanya gol pembuka untuk Tim La Furia Roja yang dicetak oleh Nico Williams.

Melansir dari akun instagram @fcbarcelona pada Senin (15/7/2024), yang mengunggah postingan selamat bahwa “Young Player of the Tournament: Lamine Yamal. Lamine Yamal, millor jugador jove de l’ #EURO2024. Felicitats! Lamine Yamal, mejor jugador joven de la #EURO2024. ¡Felicidades!,” kepada Yamal yang merupakan bagian dari Tim Barcelona.

Selama gelaran piala Euro 2024, Yamal hanya sekali saja mencatatkan namanya di papan skor saat melawan Timnas Prancis. Tidak hanya itu, Yamal juga memecahkan rekor sebagai pemain termuda yang menjadi starter di Euro 2024, dan mencatatkan rekor lagi sebagai pembuat assist termuda dengan memberikan umpan untuk gol Dani Carvajal ke gawang Kroasia.

Pada usianya yang baru menginjak 17 tahun, Yamal menjadi pemain pria termuda dalam sejarah partai final akbar sepak bola, 66 tahun setelah Pele mencetak rekor tersebut. Pele masih berusia 17 tahun dan 249 hari saat dia membela Brasil di final Piala Dunia 1958. Sang legenda mencetak dua gol untuk memastikan kemenangan 5-2 atas Swedia.

Setelah menjalani musim yang sensasional bersama Barcelona, Yamal berhasil menancapkan dirinya di panggung dunia musim panas ini bersama Timnas Spanyol, dengan penampilannya di semifinal atas Prancis yang menjadi sorotan utama dalam perjalanannya menuju final.

Mengutip dari situs resmi EUFA pada “Lamine Yamal named EURO 2024 Young Player of the Tournament” pada Senin (15/7/2024), “Statistik Yamal di EURO 2024, menit bermain 507, gol 1, assist: 4 (tertinggi di turnamen), drible 32 (tertinggi di turnamen), kecepatan tertinggi 33,3 km/jam.”

UEFA menugaskan seorang pengamat teknis di setiap pertandingan di Euro 2024 Jerman, untuk menganalisis jalannya pertandingan dan memilih Pemain Terbaik dalam Pertandingan.

Dalam memilih Pemain dan Pemain Muda Terbaik pada Turnamen Euro 2024, mereka mempertimbangkan penampilan individu, dampak pemain terhadap timnya, serta sikap positif dan rasa hormat terhadap lawan. 

Beberapa pengamat teknis terkenal termasuk Fabio Capello, Ioan Lupescu, Michael O'Neill, David Moyes, Aljoša Asanovi?, Rafael Benítez, Avram Grant, Packie Bonner, Frank de Boer, Ole Gunnar Solskjær, Aitor Karanka, dan Jean-Francois Domergue. 

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

5 Contoh Permainan Seru saat Ice Breaking MPLS, dari Bola Nama sampai Siapa Aku

BERIKUTNYA

Pengalaman Laura Basuki Syuting Pakai Kamera Seluloid di Film Heartbreak Motel

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: