Laura Basuki & Reza Rahadian (Sumber gambar: Chelsea Venda/Hypeabis.id)

Cerita Seru Laura Basuki & Reza Rahadian saat Pendalaman Karakter Film Heartbreak Motel

15 July 2024   |   19:25 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Dua aktor peraih Piala Citra, Laura Basuki dan Reza Rahadian, memiliki cerita seru saat keduanya beradu akting pada film Heartbreak Motel garapan sutradara Angga Dwimas Sasongko. Bagi Laura dan Reza, proses pra-produksi, terutama ketika sedang pendalaman karakter merupakan salah satu bagian yang penuh tantangan.

Dalam film yang diadaptasi dari buku karya Ika Natassa dengan judul yang sama ini, Laura Basuki berperan sebagai Ava Alessandra, Reza Rahadian memerankan Reza Malik. Kedua karakter ini diceritakan sedang menjalin hubungan, meski terkadang mengalami pasang surut. Keduanya adalah aktor yang sedang naik daun dan memiliki banyak penggemar.

Baca juga: Film Heartbreak Motel Tayang 1 Agustus 2024, Cinta Segitiga di Balik Dunia Glamor Selebritas

Meski memerankan karakter yang berlatar belakang aktor, Laura dan Reza sepakat bukan berarti prosesnya menjadi mudah. Menurut mereka, proses pendalaman karakter tetap berjalan karena ini akan jadi modal penting ketika fase produksi dimulai.

Laura mengatakan memerankan karakter untuk film yang diadaptasi dari buku selalu punya keunikan tersendiri. Sebab, secara teori, aktor punya dua bahan yang melimpah dalam proses riset dan pendalaman karakternya. Itu misalnya didapat dari buku dan naskah skenario.

Namun, prosesnya dinilai tidak sesederhana itu. Sebab, meski mengangkat cerita yang sama, buku dan naskah skenario adalah dua hal yang berbeda. Terkadang, bagi aktor, keduanya bisa jadi saling melengkapi, tetapi bisa jadi tidak.

"Setiap kali main film, buatku kitab pertamanya selalu adalah skenario. Cuma, kadang-kadang aku juga baca novelnya juga, termasuk ketika mendalami karakter di film ini," ujar Laura dalam Content Day Heartbreak Motel di Jakarta, Senin (15/7/2024).

Dalam film ini, Laura menganggap membaca novel merupakan salah satu upaya penting untuk dirinya lebih memahami karakter yang akan dimainkan. Tujuannya adalah untuk melihat gambaran lebih detail tentang karakternya.

Walaupun demikian, tidak serta merta juga apa yang ada di buku bisa diterapkan dalam prosesnya berakting. Sebab, sekali lagi, kitab utama aktor adalah skenario. Adapun buku berfungsi sebagai pendamping untuk memperkaya khazanah saja.
 


Segendang sepenarian, Reza Rahadian juga menganggap skenario memiliki kedudukan lebih tinggi dibanding buku, meski film ini diadaptasi dari buku. Namun, bagi Reza, buku juga tetap penting, utamanya dalam mencari informasi-informasi tambahan dari karakternya, seperti background karakter dan lainnya.

Menurut Reza, proses pendalaman karakter di tiap film memang punya kiat yang selalu berbeda. Jadi, bukan berarti karena film ini diadaptasi dari biku, maka aktor harus baca bukunya.

"Ini akan tergantung dengan cerita, karakter, dan faktor lain. Bahkan, ada beberapa yang justru mesti dihindari [membaca versi buku]," jelasnya.

Reza menjelaskan apa yang dialami karakter di dalam buku bisa jadi berbeda ketika kisahnya divisualkan. Dalam artian, karena perbedaan medium, di versi film menuntut si karakter untuk mengalami pengembangan karakter yang signifikan. Nah, di kondisi seperti ini perlu penyesuaian.

"Takutnya, ketika sudah mendalami versi bukunya, tetapi berbeda. Itu malah bisa menganggu konsentrasi. Ada juga yang seperti itu," imbuhnya.

Film Heartbreak Motel akan menjadi film terbaru dari rumah produksi Visinema Pictures. Disutradari oleh Angga Dwimas Sasongko, film ini akan memiliki alur cerita yang sama dengan versi novelnya.

Film akan mengikuti kehidupan Ava Alessandra, aktris populer yang telah meraih banyak penghargaan bergengsi. Namun, ada satu kebiasaan yang terus dilakukannya. Setiap kali selesai akting untuk sebuah film, Ava akan mengambil waktu untuk menyendiri untuk beberapa saat.

Dalam fase ini, Ava akan memulihkan dirinya di suatu tempat yang disebut Heartbreak Motel. Di balik kesuksesan dan popularitasnya, tidak ada satu orang pun yang tahu bahwa ternyata Ava hidup bersama rahasia masa lalu yang menghantuinya.

Takdir kemudian mempertemukan Ava dengan dua pria, yakni Reza Malik (Reza Rahadian) dan Raga (Chicco Jericko) yang membawanya ke dalam perjalanan hidup yang sama sekali tak terduga.

Baca juga: Profil Laura Basuki, Aktris yang Jadi Tokoh Utama dalam Film Sleep Call

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Cek Fitur Eksklusif Galaxy Z Fold 6: Ada Interpreter & Video Slowmo

BERIKUTNYA

5 Contoh Permainan Seru saat Ice Breaking MPLS, dari Bola Nama sampai Siapa Aku

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: