Timnas Spanyol (Sumber gambar: Instagram/EURO2024)

Deretan Rekor Baru Spanyol Setelah Berhasil Juara EURO 2024

15 July 2024   |   09:42 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Tim nasional (timnas) Spanyol berhasil menjadi juara EURO 2024 setelah mengalahkan timnas Inggris di Olympiastadion, Berlin, Jerman, Senin (15/7) dini hari. Tim berjuluk La Furia Roja ini menang dramatis setelah mengakhiri laga dengan skor tipis 2-1.

Pada babak pertama, Spanyol cukup mendominasi penguasaan bola. Namun, Inggris juga tampil dengan pertahanan yang solid. Kedua tim tampak masih menerka strategi lawan masing-masing.

Beberapa kali, Spanyol yang terus menguasai bola masih kesulitan menciptakan peluang emas. Di sisi lain, Inggris justru sempat mengancam Spanyol lewat serangan-serangan cepatnya. 

Kendati demikian, gol pertama justru diciptakan Spanyol. Usaha penguasaan bolanya berhasil berbuah gol pada menit ke-47 lewat aksi Nico Williams. 

Baca juga: Jesus Navas Cetak Rekor Jadi Pemain Tertua Tampil di Semifinal EURO

Inggris kemudian menyamakan kedudukan pada menit ke-73 lewat sepakan Palmer yang tak mendapat kawalan ketat. Tembakan kaki kirinya membuat bola mendatarnya meluncur deras ke gawang Spanyol.

Sayangnya, Spanyol kembali bisa mencetak gol pada menit ke-86. Mikel Oyarzabal yang masuk sebagai pemain pengganti mampu menyambut umpan silang mendatar yang dilepaskan Marc Cucurella dan berbuah gol manis.

Di balik kemenangan Spanyol ini, ada banyak hal menarik dan rekor baru yang diciptakan La Furia Roja. Yuk simak ulasan berikut ini:


1. Negara dengan juara EURO terbanyak

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by UEFA EURO 2024 (@euro2024)


Spanyol kini pantas menobatkan diri sebagai raja sepak bola Eropa. Pasalnya, saat ini Spanyol jadi negara dengan raihan gelar juara EURO terbanyak, yakni empat trofi. Sebelumnya, Spanyol dan Jerman sama-sama mengantongi tiga gelar.

Empat gelar yang diraih Spanyol didapat pada EURO edisi 1964, 2008, 2012, dan 2024. Kini, belum ada negara mana pun di Eropa yang mampu menandingi rekor tersebut.


2. Tak pernah kalah di EURO 2024

Spanyol menjadi tim pertama dalam sejarah EURO yang mampu menyapu bersih semua pertandingan. Tim La Furia Roja mampu memenangkan seluruh pertandingan sejak fase grup, hingga berada di babak final.

Di babak gugur, Spanyol bahkan melaju mulus dengan menang tanpa melalui babak penalti. Di babak 16 besar, Spanyol melibas Georgia dengan skor 4-1, mengalahkan Jerman 2-1 pada perempat final, lalu mengalahkan Prancis 2-1 di semifinal. Di babak final, Spanyol kembali menang 2-1 melawan Inggris. 


3. Tim paling produktif di EURO 2024

Rekor tak terkalahkan Spanyol sepanjang EURO 2024 juga berdampak pada jumlah gol yang mereka hasilkan. Sebab, pada edisi kali ini, La Furia Roja berhasil menjadi tim yang paling produktif di EURO 2024. 

Lamine Yamal dan kawan-kawan mampu mengoleksi 15 gol sepanjang turnamen. Sepuluh gol di antaranya bahkan dicetak di babak gugur. Rekor ini mengungguli apa yang pernah dilakukan Prancis pada EURO 1984.


4. Rodri jadi pemain terbaik EURO 2024

Kemenangan Spanyol di EURO 2024 makin lengkap setelah salah satu pemain mereka, Rodri, didapuk sebagai pemain terbaik turnamen. Di timnas Spanyol, Rodri memang memegang peran yang sangat krusial sebagai jenderal lini tengah.

Meski pada babak final dia digantikan Mikel Zubimendi karena cedera engkel, Rodi tetap dianggap sebagai nyawa permainan La Furia Roja. Atas penampilan apiknya itulah, Rodri dinobatkan sebagai pemain terbaik EURO 2024.


5. Lamine Yamal cetak assist terbanyak & pemain muda terbaik

Winger timnas Spanyol, Lamine Yamal, terpilih sebagai pemain muda terbaik EURO 2024. Hasil yang didapat pemain Barcelona ini sejatinya tidak terlalu mengagetkan. Sebab, penampilannya di atas lapangan tampil begitu impresif. 

Dari tujuh pertandingan yang dilakoni, winger 17 tahun ini mampu mengemas satu gol dan empat assist. Dalam laga final, Yamal juga turut mengambil peran penting pada gol Nico Williams. Tak hanya itu, raihan empat assist yang diperolehnya juga membuat pemain ini menjadi pencetak assist terbanyak dalam EURO 2024.


6. Pelatih Luis De La Fuente juara di berbagai kelompok umur

Pelatih Spanyol Luis De La Fuente kembali memperbanyak gelar juara untuk tim yang dinakhodainya. Sebelumnya, Luis sudah pernah merasakan menjadi juara EURO pada kelompok U-19 tahun, U-21 tahun, dan kini tim utama.

Sebelumnya, dia juga sukses membawa Spanyol menjadi juara UEFA Nations League 2023. Kala itu, Spanyol mengalahkan Kroasia di final lewat adu penalti setelah seri 0-0 sampai extra time

Baca juga: Pepe Pecahkan Rekor Jadi Pemain Tertua di EURO 2024

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Profil Woozi, Idola K-pop & Produser di Balik Musik Genius SEVENTEEN

BERIKUTNYA

Membedah Trailer Perdana Captain America: Brave New World, Munculnya Red Hulk & Isaiah Bradley

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: