Woozi, pencipta lagu-lagu hits SEVENTEEN. (Sumber: X/pledis_17)

Profil Woozi, Idola K-pop & Produser di Balik Musik Genius SEVENTEEN

15 July 2024   |   12:30 WIB
Image
Alya Hafilah Salsabila Mahasiswi Universitas Padjadjaran

Siapa yang tak kenal boy group SEVENTEEN? Grup dengan segudang prestasi dan visual yang memukau ini telah membuktikan kepopulerannya tidak hanya di negara asalnya, melainkan hingga ke kancah internasional. Beberapa waktu lalu, SEVENTEEN bahkan menjadi grup K-Pop pertama yang tampil di Festival Glastonbury.

Jika dibandingkan dengan grup idola K-Pop lainnya, SEVENTEEN memiliki keunikan yang jarang dimiliki rekan sejawatnya yaitu self producing. Tidak banyak grup idola yang menciptakan dan menggubah musik mereka sendiri.

Seluruh member SEVENTEEN turut mengambil peran ketika mereka akan merilis lagu terbaru. Mulai dari konsep, koreografi, hingga pembuatan lagu mereka rancang sendiri dengan bantuan beberapa staf dan teknisi musik. Adapun Woozi, salah satu member SEVENTEEN, adalah member yang memegang kendali atas terciptanya lagu-lagu SEVENTEEN hingga saat ini. 

Baca juga: SEVENTEEN Resmi Jadi Duta Besar UNESCO 2024, Siapkan Donasi US$1 Juta

Dalam salah satu acara, Woozi mengatakan bahwa awal mula dia mulai menciptakan lagu ketika dia meminjam laptop salah satu member, Wonwoo. Kemudian dia secara tidak sengaja mencoba menggunakan aplikasi pembuat lagu yang ada di laptop tersebut dan akhirnya memutuskan untuk mempelajarinya lebih lanjut.

Dilansir dari Weverse Magazine, Woozi resmi menjadi anggota Asosiasi Hak Cipta Musik Korea pada 2019  dengan mendaftarkan 157 lagu hasil produksinya dan total lebih dari 500 dengan lagu-lagu yang belum dia rilis. 
 

Dengan bantuan Bumzu, penyanyi sekaligus produser, Woozi menciptakan lagu debut SEVENTEEN bertajuk Adore U. Pria dengan nama asli Lee Jihoon ini lah yang membuat SEVENTEEN berhasil mencetak rekor dengan menempatkan lagu Super dalam 100 Best Songs of 2023 di Rolling Stone Magazine. 

SEVENTEEN juga menjadi boy group pertama pada 2023 yang berhasil memuncaki chart TOP 100 di MelOn dengan lagu God of Music. Boy group besutan Pledis Entertainment ini juga mendapatkan penghargaan Album of the Year di MAMA 2023 atau salah satu penghargaan paling tinggi di music award Korea.

Pada 2021, Woozi juga menerima penghargaan sebagai Best Producer di Asia Artist Awards (AAA). Woozi juga menciptakan lagu untuk sub-unit SEVENTEEN, BSS (BooSeokSoon). Lagu yang dia ciptakan untuk drama serial web A-TEEN juga memenangkan OST Terbaik dalam MAMA 2018.

Tak sampai di situ, album SEVENTEEN bertajuk Always Yours juga menjadi hits di Jepang dengan menduduki posisi puncak dalam chart real-time LINE MUSIC. 

Hingga kini, Woozi masih sangat aktif dalam memproduksi lagu, termasuk album terbaru SEVENTEEN, 17 is Right Here dengan lagu utama mereka, Maestro, yang memuncaki hampir seluruh chart musik di Korea Selatan.

Tidak hanya membuat lagu untuk member grupnya, Woozi juga menciptakan lagu bertajuk Downpour untuk girl group IOI. Single ini adalah lagu terakhir yang dibawakan IOI sebelum masa kontrak mereka sebagai grup selesai. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

107 Hari Tak Terkalahkan, Selangor Red Giants dari Malaysia Juarai MSC 2024

BERIKUTNYA

Deretan Rekor Baru Spanyol Setelah Berhasil Juara EURO 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: