Pemain tim nasional Spanyol, Jesús Navas (Sumber gambar: X/SpainIsFootball)

Jesus Navas Cetak Rekor Jadi Pemain Tertua Tampil di Semifinal EURO

10 July 2024   |   15:00 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Pemain asal Spanyol, Jesus Navas, mencetak rekor baru setelah dirinya dimainkan pada laga semifinal EURO 2024. Penampilannya di atas lapangan hijau kala Spanyol berjumpa Prancis tersebut membuat namanya tercatat sebagai pemain tertua yang tampil di babak semifinal.

Mengutip data dari UEFA, usia saat Navas bermain di semifinal adalah 38 tahun 231 hari. Bek kanan milik Sevilla ini mengalahkan rekor sebelumnya yang dipegang mantan kiper timnas Jerman, Jens Lehmann. Kala itu, Lehmann bermain di babak semifinal saat berusia 38 tahun 228 hari.

Baca juga: Spanyol Lolos ke Final, Lamine Yamal Catat Sejarah Jadi Pencetak Gol Termuda EURO

Dalam laga tersebut, Navas dimainkan sejak menit pertama oleh pelatih Luis de la Fuente. Navas mendapat kesempatan menjadi starting line up karena pemain Spanyol lain, Dani Carvajal, terpaksa harus absen karena akumulasi kartu kuning.

Pada usianya yang tak lagi muda, Navas mesti menjalankan tugas yang berat di lini belakang. Sebab, posisinya bermain berhadapan dengan lini serang Prancis, seperti Kylian Mbappe. Dia pun harus mengawal pergerakan kapten tim berjuluk Les Bleus tersebut.
 

Beruntung, penampilan Navas terbilang cukup prima. Dalam laga yang menjadi penampilan ke-55 sepanjang kariernya di Spanyol ini, permainannya terbilang masih sangat baik. Tak hanya dari sisi bertahan, tetapi juga penyerangan.

Dirinya bahkan turut andil untuk gol kedua Spanyol yang tercipta karena gol bunuh diri Jules Kounde. Kehadiannya di skuad Spanyol juga tampak membuat tim ini lebih matang.

Sebab, sosok senior ini telah berpengalaman pada laga-laga penting. Navas adalah pemain yang menjadi bagian dari skuad Spanyol ketika memenangkan Piala Dunia 2010 dan EURO 2012. Namun, Navas memang tak bermain penuh pada laga ini. Sebab, pada menit ke-58, dia mesti digantikan oleh Daniel Vivian.

Kini, berkat kontribusinya di lapangan, Navas berhasil kembali membawa Spanyol ke partai puncak EURO 2024. Setahun sebelumnya, Navas juga sukses mengantarkan Spanyol ke final UEFA Nations League 2022/2023.

Kala itu, Bek Sevilla ini juga mencatat rekor sebagai pemain tertua yang tampil bersama tim berjuluk La Furia Roja tersebut. Jesus Navas berhasil membuat rekor bersama Timnas Spanyol dengan menjadi pemain tertua yang tampil bersama La Furia Roja pada usia 37 tahun 206 hari.

Sebagai informasi, Navas telah melakukan debut bersama timnas Spanyol pada November 2009. Sejauh ini, dirinya tercatat sudah mengoleksi sedikitnya lima gol dan sembilan assist.


5 Pemain Tertua yang Berlaga di EURO 2024

  1. Pepe (Portugal) – 41 tahun: Terhenti di Perempat Final
  2. Cristiano Ronaldo (Portugal) – 39 tahun : Terhenti di Perempat Final
  3. Luka Modric (Kroasia) – 38 tahun: Terhenti di Fase Grup
  4. Jesus Navas (Spanyol) – 38 tahun: Lolos ke Final
  5. Giorgi Loria (Georgia) – 38 tahun: Terhenti di 16 Besar

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Simak Sinopsis Agatha All Along, Marvel Ungkap Nasib Scarlet Witch

BERIKUTNYA

Pameran The Brighter Flame di Birmingham Rayakan Warisan Penyair Benjamin Zephaniah

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: