Cristiano Ronaldo (Sumber gambar: Instagram/cristiano)

Fakta Menarik EURO 2024: Turnamen Eropa ke-6 Bagi Cristiano Ronaldo

10 June 2024   |   14:19 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Gelaran EURO 2024 bakal menjadi momen penting bagi Cristiano Ronaldo. Meski usianya kini telah menginjak 39 tahun, pemain yang identik dengan nomor pungguh tujuh itu masih masuk ke dalam skuad utama tim nasional (timnas) Portugal.

Menjelang usia kepala empat, Ronaldo masih dipercaya untuk ikut ambil bagian dalam timnas Portugal. Keikutsertaannya di kompetisi paling bergengsi antarnegara Eropa ini akan memperpanjang legacy Ronaldo. 

Baca juga: Cek Deretan Pemain Rating Tertinggi di Game EA Sports FC 24, Tak Ada Nama Ronaldo

Sebab, penampilannya dalam EURO 2024 nanti akan menjadi panggung Eropa ke-6 yang diikuti Ronaldo sepanjang kariernya saat membela negara. Ini adalah salah satu jumlah partisipasi terbanyak yang pernah diraih oleh pemain sepak bola.
 

Sejak usianya masih muda, Ronaldo memang telah mencuri perhatian banyak pencinta sepak bola. Tidak hanya di level klub, tetapi juga negara. Penampilannya yang apik membuat dirinya menjalani debut pertamanya di EURO 2004 saat usianya masih 19 tahun.

Kala itu, dirinya masih memakai nomor punggung 17. Di turnamen pertamanya ini, dia bahkan langsung tampil gacor dengan mencetak dua gol.

Pada edisi selanjutnya, Ronaldo tercatat tak pernah absen membela Portugal dalam ajang Piala Eropa ini. Dia tetap menjadi pemain andalan Portugal pada Euro edisi 2008, 2012, 2016, dan 2020.

Pada EURO 2016, dirinya bahkan mampu membawa Portugal menjadi juara. Momen ini pun sejauh ini masih menjadi prestasi terbaik Ronaldo di level negara.

Meski usianya hampir menginjak kepala empat, kepiawaian Ronaldo di atas lapangan hijau memang belum menurun. Dia masih menjadi pemain yang haus gol. Naluri menyerangnya tampaknya belum habis.

Pada EURO 2020 misalnya, dirinya masih mampu mencetak lima gol dan keluar sebagai tp skorer. Sekarang ini dirinya pun masih tokcer dengan mencetak 10 gol dan dua assist di babak kualifikasi Euro 2024. Rentetan konsistensinya ini bisa jadi akan terus berlanjut di kompetisi regulernya nanti.

Cristiano Ronaldo sejauh ini sudah mencatatkan 25 penampilan di Piala Eropa dengan 14 gol dan sembilan assist. Sejauh ini, catatan tersebut telah menempatkan namanya menjadi top skor sepanjang masa EURO.

Apa yang sudah diraih Ronaldo masih bisa bertambah. Sebab, namanya masuk ke dalam skuad Portugal tahun ini. Ronaldo kini menjadi salah satu dari dua pemain senior yang masih masuk ke dalam skuad Portugal.

Untuk bisa mengulang prestasi, langkah pertama yang harus dilakukan Ronaldo adalah membantu Portugal lolos dari Grup F yang cukup berat. Grup tersebut berisi negara Turki, Georgia, dan Ceko.
 

Pada pertandingan pertamanya di babak grup EURO 2024 nanti, tim asuhan Portugal akan menghadapi Ceko di Leipzig. Sesudah itu, Portugal akan melawan Turki di Dortmund. Dalam laga terakhir penyisihan grup, mereka akan meladeni Georgia di Gelsenkirchen.

Ronaldo tentu akan memanfaatkan EURO 2024 dengan sebaik-baiknya. Sebab, mengingat usianya yang tak lagi muda, sulit untuk membayangkan apakah edisi selanjutnya namanya masih akan masuk ke dalam skuad atau tidak.

Bisa jadi, ini adalah partisipasi terakhir Ronaldo di EURO 2024. Namun, sejauh ini sang megabintang masih belum mengeluarkan pernyataan tertentu mengenai hal tersebut. 

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Begini Urutan Tetralogi Empat Musim Novel Karya Ghost Writer Ilana Tan

BERIKUTNYA

Jadwal Lengkap Puasa Sunnah Iduladha dan Keutamaan Bulan Dzulhijjah

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: