RM BTS (Sumber Foto: Instagram/@rkive)

20 Album KPOP Terbaik Sepanjang 2024 Versi Billboard, dari RM BTS sampai ZEROBASEONE

11 July 2024   |   19:07 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

2024 merupakan tahun yang dipenuhi kreativitas menarik di industri musik KPOP. Sejumlah musisi asal Korea Selatan, baik grup legendaris maupun pendatang baru seperti BTS, TWICE, ATEEZ telah merilis banyak album yang berhasil mengantarkan KPOP ke puncak tangga lagu Billboard 200, serta mendapatkan popularitas global.

Pada peringkat pertama, Billboard kembali menobatkan Right Place, Wrong Person yang merupakan album milik Kim Namjoon atau RM BTS sebagai album terbaik di tahun 2024. Right Place Wrong Person dirilis pada 24 Juni lalu. Album ini menggali tema seputar konflik internal dan kecemasan.

"Dalam karya solo terbarunya, RM BTS kembali menguji identitas dan emosinya, dengan salah satu rekaman paling ambisius tahun 2024 di semua genre. Right Place Wrong Person adalah saluran personal bagi pemimpin BTS untuk bereksperimen secara musikal dan secara jujur membagikan pemikirannya," tulis pernyataan Billboard.

Baca juga: Sabrina Carpenter Cetak Rekor Baru, Kuasai Billboard Hot 100 dengan Lagu Please Please Please

Selain RM, tahun ini juga sejumlah musisi lainnya sukses menarik banyak perhatian dan apresiasi setelah melakukan inovasi yang kreatif dan menyegarkan pada musiknya. Sebut saja NCT DREAM yang mengeksplorasi sisi gelap mereka lewat album DREAM( )SCAPE, para anggota ITZY mencoba kemampuan mereka dalam menulis lagu dan mengaransemen di Born to Be, dan Cha Eun Woo memamerkan kemampuan bercerita yang memikat di Entity.

Sementara itu, Trust Me dari Yugyeom GOT7, Fourever dari DAY6, DALL oleh ARTMS, My Girl: My Choice dari A.C.E, dan album solo pertama Yves, LOOP, semuanya hadir dengan konsep yang menyegarkan, terdengar seperti awal dari cerita baru dalam perjalanan musik mereka. Menariknya rilisan musik ini juga banyak menyoroti cerita pribadi para artis, perluas area baru bagi karier mereka untuk berkembang dan  menentukan langkah berikutnya dalam bermusikm

Berbagai rilisan musik, seperti mini album, EP, dan album penuh karya para musisi KPOP yang dirilis pada semester pertama 2024, dinobatkan oleh staff Billbord sebagai album KPOP terbaik tahun ini. Mengutip dari laman resminya, berikut 20 album KPOP terbaik sepanjang 2024 pilihan staff Billboard.
  1. RM: Right Place, Wrong Person
  2. IU: The Winning
  3. TWICE: With YOU-th
  4. PLAVE: ASTERUM : 134-1
  5. Yugyeom: Trust Me
  6. ITZY: BORN TO BE
  7. ATEEZ: Golden Hour: Part.1
  8. tripleS: Assemble24
  9. DAY6: Fourever
  10. DK: Nakseo
  11. ARTMS: DALL
  12. JeongSewoon: Quiz
  13. EPEX: Youth Chapter 1 : Youth Days
  14. NCTDREAM: DREAM()SCAPE
  15. DynamicDuo: Kids on the Block - Part.3
  16. ACE: My Girl : My Choice
  17. BOYNEXTDOOR: HOW
  18. YVES: LOOP
  19. CHAEUNWOO: Entity
  20. ZEROBASEONE: You Had Me at HELLO
Baca juga: Daftar Film & Drama Korea Selatan yang Paling Dinanti Juli 2024

Editor: Puput Ady Sukarno
 

SEBELUMNYA

Resep Telur Dadar Crispy Mengembang Merekah, Cukup 10 Menit Dibuat

BERIKUTNYA

Profil Kevin Lius Bong Clash of Champions, Pemenang iChO 3 Tahun Beruntun

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: