Sabrina Carpenter. (Sumber gambar: Sabrina Carpenter/X)

Sabrina Carpenter Cetak Rekor Baru, Kuasai Billboard Hot 100 dengan Lagu Please Please Please

28 June 2024   |   12:30 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Sabrina Carpenter mencetak rekor baru untuk karier musiknya. Penyanyi asal Amerika itu debut di nomor 1 tangga lagu Billboard Hot 100 berkat lagu anyarnya, Please Please Please. Torehan ini diraih seminggu pascaperilisan lagu Please Please Please pada 6 Juni 2024, dan berada di posisi 2 tangga lagu tersebut. 

Menurut laporan Billboard, lagu yang diproduksi oleh label Island Records dan dipromosikan ke radio oleh Republic Corps itu mencatatkan sebanyak 50,9 juta streaming, serta diputar sebanyak 3,2 juta kali di radio. Serta, lagu digitalnya telah terjual sebanyak 7.000 di Amerika Serikat pada periode 14-20 Juni 2024.

Baca juga: Band Fiksi Drakor Lovely Runner, Eclipse Masuk Chart Billboard Global 200

Lagu Please Please Please menggeser posisi lagu I Had Some Help yang sebelumnya merajai daftar. Lagu dari Post Malone yang berduet dengan Morgan Wallen itu saat ini turun ke posisi 2 Billboard Hot 100, setelah bertahan selama sebulan di posisi puncak. I Had Some Help merupakan lagu dari album Malone mendatang, F-1 Trillion, yang akan dirilis pada 16 Agustus 2024.
 


Tak hanya Please Please Please, lagu Carpenter lain yang juga masuk ke dalam daftar teratas Billboard Hot 100 ialah Espresso, yang kini berada di posisi ke-4. Sementara posisi ketiga daftar itu diisi oleh lagu A Bar Song (Tipsy) dari Shaboozey, dan lagu Million Dollar Baby dari Tommy Richman pada posisi ke-5.

Billboard Hot 100 adalah hasil pencapaian sebuah lagu pada semua media streaming di AS baik audio maupun video, pemutaran radio, dan data penjualan. Hasilnya menggambarkan metrik terakhir yang didapatkan dari total pembelian single fisik dan trek digital, dari pengecer musik digital.

Tak hanya di Billboard Hot 100, lagu Please Please Please juga dilaporkan bertahan pada posisi nomor 1 di tangga lagu Billboard Streaming Songs untuk minggu kedua, dan bertahan di posisi nomor 7 pada minggu kedua perilisannya di tangga lagu Billboard Digital Song Sales.

Capaian ini melanjutkan torehan positif Carpenter berkat lagu Please Please Please. Pada minggu lalu, dia membuat sejarah Billboard Hot 100 lantaran lagu Please Please Please memulai debut di posisi kedua, sementara lagu viralnya Espresso duduk di posisi ketiga. Hal ini menjadikannya sebagai solois pertama dalam sejarah Billboard Hot 100, dengan dua hit tiga teratas secara bersamaan.

Raihan ini juga membuat laber Carpenter, Island Records, akhirnya mencetak lagu nomor 1 pertama mereka di Billboard Hot 100 lewat single Please Please Please, setelah sekitar 5 tahun. No. 1 pertama mereka di Billboard Hot 100 dengan Please Please Please. Seperti yang dilaporkan Billboard, perusahaan tersebut terakhir kali muncul di puncak tangga lagu dengan single Senorita karya Shawn Mendes dan Camila Cabello pada Agustus 2019.

Label tersebut juga meraih kesuksesan di tangga lagu Hot 100 dalam beberapa minggu terakhir dengan lagu Good Luck, Babe! karya Chappell Roan yang saat ini berada di posisi 20 teratas dari tangga lagu bergengsi itu.
 


Please Please Please adalah single kedua yang dirilis Sabrina Carpenter, untuk album keenamnya mendatang yakni Short n' Sweet yang dijadwalkan rilis pada 23 Agustus 2024. Lagu tersebut dirilis pada 6 Juni 2024. Sebelumnya, penyanyi pemilik nama asli Sabrina Annlynn Carpenter itu telah merilis single Espresso pada 11 April 2024.

Digarap oleh produser Jack Antonoff, Please Please Please merupakan lagu balada pop dengan sentuhan musik disko, country dan yacht rock. Secara lirik, lagu ini mengangkat cerita tentang seseorang yang meminta pada kekasihnya untuk tidak melakukan kesalahan dan mencemarkan reputasinya.
 


Selain lagu, Carpenter juga merilis video klip single Please Please Please yang dibintanginya dengan aktor nominasi Oscar, Barry Keoghan. Klip yang disutradarai oleh Bardia Zeinali itu terinspirasi dari film-film kriminal romansa era 1990-an, seperti Natural Born Killers (1994) dan Thelma & Louise (1991). Dari segi cerita, klipnya masih berkaitan dengan video musik single Espresso.

Pada 22 Juni 2024, lagu Please Please Please memulai debut di nomor dua Billboard Hot 100, menjadikannya debut tertinggi Carpenter di tangga lagu dan single dengan peringkat tertinggi saat itu. Minggu berikutnya, lagu tersebut mencapai posisi teratas di tangga lagu, menjadikannya lagu pertama dari Carpenter yang menduduki puncak tangga lagu di AS.

Di luar Amerika Serikat, "Please Please Please" menduduki puncak tangga lagu di sejumlah negara seperti Australia, Irlandia, Selandia Baru, Norwegia, dan Inggris, dan menduduki sepuluh besar tangga lagu di berbagai negara lain, termasuk Kanada dan Swedia.

Belum lama ini, Carpenter juga mengumumkan tur konser Amerika bertajuk Short n' Sweet Tour, yang akan berlangsung pada 23 September-15 November 2024. Tur ini akan menjadi bagian dari promosi albumnya mendatang, Short n' Sweet.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News) 

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

4 Agenda Konser Musik Gratis di Jakarta Akhir Pekan Ini 28-30 Juni 2024

BERIKUTNYA

Canggih & Stylish, Inilah Deretan Seragam Olimpiade Paris 2024 dari Berbagai Negara

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: