Jon Landau (Sumber Foto: Instagram/@jonplandau)

Jon Landau, Produser Film Titanic dan Avatar Meninggal Dunia Usia 63 Tahun

08 July 2024   |   18:57 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Kabar duka menyelimuti industri perfilman Hollywood. Jon Landau, produser film Titanic dan Avatar meninggal dunia pada usia 63 tahun. Mengutip The Hollywood Reporter, kabar duka ini dikonfirmasi oleh oleh putranya yang juga seorang aktor, yakni Jamie Landau. 

Diketahui, Landau meninggal pada Jumat (6/7/2024) di Los Angeles, Amerika Serikat setelah berjuang melawan penyakit kanker selama 16 bulan. Lahir di New York pada 23 Juli 1960, dia tumbuh di keluarga yang berkecimpung di industri perfilman. Ayahnya adalah seorang produser film.

Landau sempat menempuh pendidikan film di USC School of Cinematic Arts. Kariernya dimulai pada 1980 sebagai manajer produksi, kemudian secara bertahap terus menanjak sampai berhasil menjadi produser. Sepanjang menekuni bidang perfilman, dia telah banyak memproduseri berbagai film blockbuster yang sukses secara global. 

Beberapa film-filmnya yang ikonik seperti Honey, I Shrunk the Kids (1989), Dick Tracy (1990), Die Hard 2 (1990), The Last of the Mohicans (1992), Mrs. Doubtfire (1993), dan Cameron’s True Lies (1994)

Baca juga: Robert Towne, Pemenang Oscar & Penulis Chinatown Meninggal Dunia Usia 89 Tahun

Kariernya makin bersinar, Landau mendapatkan tawaran dari tiga sutradara untuk mengerjakan proyek film bersama. Akhirnya, dia menjatuhkan pilihannya kepada sutradara James Cameron. Kerja sama mereka telah menghasilkan beberapa film terlaris sepanjang masa, termasuk Titanic (1997), Avatar (2009)dan sekuelnya Avatar: The Way of Water (2022). 

Titanic mengantarkan Jon Landau dan James Cameron untuk mendapatkan penghargaan di Academy Awards atau yang juga dikenal sebagai Piala Oscar. Film tersebut berhasil menyabet 11 dari 14 nominasi di ajang penghargaan bergengsi tersebut.

Kolaborasi mereka juga melahirkan film Avatar yang tayang perdana pada 2009. Sampai saat ini, Avatar menduduki posisi puncak sebagai film terlaris sepanjang masa dengan total pendapatan mencapai US$2,92 miliar. Tiga belas tahun kemudian mereka meluncurkan sekuelnya, yakni Avatar: The Way of Water yang tak kalah sukses.

Avatar: The Way of Water yang tayang pada Desember 2022, tercatat telah memperoleh pendapatan US$2,02 miliar atau sekitar Rp30,4 triliun di box office global pada. Angka tersebut menjadikannya masuk ke dalam jajaran film franchise tersukses dari Walt Disney Co. James Cameron pernah mengatakan bahwa film itu perlu mengantongi pendapatan US$2 miliar agar bisa balik modal. 

Salah satu pimpinan Disney Entertainment, Alan Bergman juga turut mengungkapkan duka cita atas kepergian koleganya itu. Menurutnya Landau adalah seorang visioner yang bakat dan hasrat luar biasanya telah menghidupkan banyak kisah tak terlupakan di layar lebar. Bergman menyebut Landau sebagai produser ikonik tersukses yang pernah dikenalnya.

"Kontribusinya yang luar biasa bagi industri film telah meninggalkan jejak yang tak terhapuskan. Dia akan sangat dirindukan," kata Bergman, melansir CBS News

Baca juga: Aktor Pirates of the Caribbean Tamayo Perry Meninggal Dunia Akibat Diserang Hiu

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Game Zenless Zone Zero Tembus 50 Juta Download, HoYoverse Bagi-bagi Hadiah

BERIKUTNYA

Sinopsis dan Daftar Pemeran Film Horor Longlegs, Dibintangi Nicolas Cage

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: