Bola Fussballliebe Finale (Sumber gambar: UEFA)

Kenalan dengan Fussballliebe Finale, Bola Canggih Khusus Laga Semifinal & Final EURO 2024

08 July 2024   |   16:30 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Gelaran EURO 2024 telah memasuki babak semifinal. Empat tim terbaik di Eropa yang berhasil lolos hingga ke babak ini adalah Spanyol, Prancis, Inggris, dan Belanda. Keempat tim ini bakal bersaing berebut tempat di partai puncak turnamen empat tahunan ini.

Dalam babak semifinal ini, Spanyol akan bertemu dengan Prancis. Duel sengit dua negara besar Eropa ini akan digelar di Stadion Allianz Arena, Munchen, Jerman, pada Rabu (10/7/2024) dini hari pukul 02.00 WIB.

Baca juga: Rekap Hasil Pertandingan Perempat Final EURO 2024, Jerman Tumbang hingga Inggris Melaju

Sementara itu, Inggris bakal menghadapi Belanda di Stadion Signal Iduna Park. Pertemuan keduanya akan digelar sehari setelahnya, yakni pada Kamis (11/7/2024) dini hari pukul 02.00 WIB.

Jelang dua laga krusial tersebut, UEFA memperkenalkan bola baru bernama Fussballliebe Finale yang khusus diciptakan untuk EURO 2024. Bola yang diproduksi Adidas ini akan digunakan khusus untuk pertandingan semifinal dan final EURO 2024.

Bole Fussballliebe Finale tampil dengan penyegaran elemen visual yang ikonik dan cukup berbeda dari babak penyisihan grup. Bola ini mengusung desain sayap hitam mencolok yang ditekankan dengan tepian, lengkungan, dan titik-titik cerah berwarna hitam, merah, dan emas sebagai perlambangan negara tuan rumah, Jerman.

Jika bola pada babak penyisihan berwarna putih, kali ini Adidas lebih memainkan perak sebagai warna dasar bola tersebut. Hal ini membuat bola tampil dengan lebih mencolok, tetapi penuh gengsi karena warna tersebut seolah melambangkan trofi yang diperebutkan di turnamen ini.
 

Bola Fussballliebe Finale (Sumber gambar: UEFA)

Bola Fussballliebe Finale (Sumber gambar: UEFA)


Adidas mengeklaim warna perak pada bola ini telah dikembangkan dan diuji coba secara khusus. Mereka memastikan warna bola tersebut bisa terlihat menarik dan menonjol, tetapi tanpa memantulkan cahaya di permukaanya yang dapat membuat pemain tidak nyaman.

Tak hanya dari tampilannya saja yang menawan, bola Fussballliebe Finale juga dilengkapi dengan teknologi canggih. Mengutip laman UEFA, di dalam bola ini telah tertanam teknologi Connected Ball.

Dengan teknologi tersebut, bola dapat mengirim data yang akurat kepada ofisial pertandingan melalui secara real time. Dengan menggabungkan data posisi pemain dengan AI, inovasi Connected Ball ini akan berkontribusi pada keakuratan offside semi otomatis UEFA.

Harapannya, bola ini akan menjadi salah satu elemen kunci untuk mendukung keputusan dalam pertandingan yang lebih adil di turnamen. Namun, data yang dihadirkan lewat teknologi bola ini rupanya tak hanya berguna bagi perangkat pertandingan.

Dengan teknologi yang tertanam di bola, penonton pun dapat menikmati pengalaman meonton sepak bola yang lebih menyenangkan. Sebab, data pertandingam, kecepatan bola, putaran, maupun jarak tempuh bola sebelum menyentuh gawang yang lebih akurat.

Selain itu, bola ini juga dirancang dengan inovasi terbaru bernama CTR-Core. Dengan demikian, akurasi dan konsistensi bentuk hingga resistensi udara di dalamnya akan lebih baik. Bagian luarnya yang terbuat dari kulit poliuretan (PU) Precisionshell juga akan menampilkan tekstur yang apik dengan bentuk 20 panel bagian yang meningkatkan aerodinamika.

Adidas juga telah memperkenalkan alas bola pertandingan baru. Alas ini terbuat dari aluminium anodized berbentuk prisma segitiga yang bakal dipakai di upacara prapertandingan semifinal dan final.

Prisma tersebut terdiri dari 54 segitiga, perwujudan dari 54 asosiasi nasional yang ambil bagian dalam edisi terkini Kejuaraan Eropa UEFA, termasuk babak kualifikasi.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

5 Perbedaan Gitar Akustik dan Elektrik

BERIKUTNYA

Mengintip Desain Rumah Mewah Arief Muhammad, Ada di Dalam Mal

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: