Ilustrasi pianis. (Sumber foto: Pexels/ Corey Young)

Mulai dari Chopin hingga Liberace, Yuk Kenalan dengan Pianis Terkenal di Dunia

29 March 2023   |   15:29 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Pianis hebat memiliki aura spesial yang berbeda dari musisi lainnya. Mereka dihadapkan dengan 88 tuts untuk menciptakan musik magis dalam repertoar mulai dari Bach yang brilian, dan Mozart yang lincah hingga Liszt dan Rachmaninov yang flamboyan.

Bertepatan dengan Hari Piano Sedunia (World Piano Day 2023) pada 29 Maret 2023, atau yang diadakan setiap hari ke-88 dalam kalender, dunia merayakan piano dan para pianis di baliknya. Selain merayakan sejarah musik, dan mendorong perkembangannya, ini adalah kesempatan untuk mengakui kontribusi yang telah diberikan oleh komposer di bidang musik serta produser alat musik, yang telah berperan dalam pengembangan alat musik.

Baca juga: Sejarah Hari Piano Sedunia, yang Diperingati Setiap Hari ke-88 Kalender Masehi

Hari Piano Sedunia dirayakan dengan penuh kegembiraan dan kemeriahan di seluruh dunia. Tujuan acara ini adalah untuk menyediakan platform bagi inisiatif terkait piano yang akan memajukan inovasi musik dan menyebarkan keceriaan bermain piano.

Adapun, Piano Day dimulai sebagai ide dari pianis/komposer/produser Jerman, Nils Frahm, pada 2015. Frahm menggubah musik piano klasik dengan musik elektronik, mereformasi musik piano dengan pendekatan yang tidak konvensional. 

Para pianis dari berbagai belahan dunia pun telah menyiapkan sejumlah acara musik, seperti konser, resital, seminar, dan demonstrasi piano. Setidaknya ada ratusan acara yang dicatat oleh pianoday.org dalam rangka merayakan World Piano Day, mulai dari awal Maret hingga April mendatang.

Bertepatan dengan perayaan ini, Hypeabis.id akan memperkenalkan Genhype kepada sejumlah pianis terkenal dunia berkat karya gubahan mereka yang mengubah telah mengubah musik sepanjang masa. 

Pianis hebat memiliki aura spesial yang berbeda dari musisi lainnya. Mereka dihadapkan dengan 88 tuts untuk menciptakan musik magis dalam repertoar mulai dari Bach yang brilian, dan Mozart yang lincah hingga Liszt dan Rachmaninov yang flamboyan.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut para pianis terbaik dunia versi hypeabis.id yang perlu kalian ketahui:

1. Frederic Chopin

 

Monumen Chopin di Parc Monceau, Paris. (Sumber foto: pxfuel)

Monumen Chopin di Parc Monceau, Paris. (Sumber foto: pxfuel)

Frederic Francois Chopin (1 Maret 1810 – 17 Oktober 1849) merupakan seorang komposer dan pianis virtuoso Polandia dari periode Romantik, yang utamanya menggubah piano solo. Chopin dikenal sebagai musisi terkemuka pada masanya berkat kejeniusan puitisnya yang didasarkan pada teknik profesional dan diklaim tidak ada bandingan untuk generasinya.

Pada masa kanak-kanak, Chopin belajar sedikit dasar piano dari ibunya, tetapi guru musik profesional pertamanya, dari tahun 1816 hingga 1821, adalah pianis Ceko, Wojciech Zywny. Kakak perempuannya,  Ludwika Jedrzejewicz juga belajar dari Zywny, dan sesekali bermain duet dengan Chopin.

Disebut sebagai anak ajaib (prodigy), Chopin menyelesaikan pendidikan musiknya dan menggubah karya perdananya di Warsawa sebelum meninggalkan Polandia pada usia 20 tahun, kurang dari sebulan sebelum pecahnya Pemberontakan November 1830.

Chopin hampir secara eksklusif dikaitkan dengan raja instrumen, menulis sepanjang hidupnya lebih dari 200 karya untuk piano solo, di antaranya mazurka, waltz, nocturnes, études, preludes, dan concerto.

Sepanjang kariernya sebagai pianis, Chopin dikenal sebagairaja instrumen yang sepanjang hidupnya telah menulis lebih dari 200 karya untuk piano solo, di antaranya mazurka, waltz, nocturnes, études, preludes, dan concerto. Karyanya yang mendunia termasuk melodi dari Nocturnes Op. 9, Polonaises Op. 40, Piano Concerto No. 1, dan Etudes, Op. 10.


2. Wolfgang Amadeus Mozart

Nama Mozart mungkin tidak asing bagi banyak pendengar musik pada saat ini lantaran karya-karyanya masih kerap dibawakan oleh sejumlah musisi hingga kini. Wolfgang Amadeus Mozart (1756-1791) adalah salah satu komposer periode klasik yang paling berpengaruh, populer dan produktif.

Pada usia 5 tahun dia bisa membaca dan menulis musik, dan dia akan menghibur orang dengan bakatnya di keyboard. Pada usia 6 tahun dia menulis komposisi pertamanya. Mozart umumnya dianggap sebagai seorang jenius musik yang langka, meskipun Mozart mengatakan bahwa dia rajin mempelajari komposer hebat lainnya seperti Haydn dan Bach.

Dia menggubah lebih dari 600 karya, termasuk beberapa karya simfoni, opera, dan musik paduan suara yang paling terkenal dan dicintai. Musik Mozart dianggap sebagai arketipe gaya Klasik. Pada saat dia mulai menulis, musik Eropa didominasi oleh gaya elegan, sebuah reaksi terhadap Zaman Barok.

Sejumlah karya gubahan Mozart yang termasyhur antara lain Horn Concerto No. 4 in E flat major, The Magic Flute, dan Symphony No. 40 in G minorRequiem.


3. Ludwig van Beethoven

Ludwig Van Beethoveen lahir pada tahun 1770 di Bonn, Jerman sebagai anak seorang musisi istana. Bakatnya sebagai pianis tak butuh waktu lama untuk diakui hingga pada usia delapan tahun, dia pun memberikan penampilan publik pertamanya. Ayah Beethoven bahkan ingin mempromosikannya sebagai penerus Mozart.

Hingga saat ini, Beethoven tetap menjadi salah satu komposer paling dikagumi dalam sejarah musik Barat; karyanya menempati peringkat di antara repertoar musik klasik yang paling banyak ditampilkan dan merentang transisi dari periode Klasik ke era Romantis dalam musik klasik. Tidak hanya itu, dia juga seorang yang inovatif dengan menggabungkan vokal dan insutrumen, memperluas cakupan sonata, simfoni, konser, dan kuartet.

Bahkan dengan kekurangan pendengaran sejak usia 28 tahun, Beethoven tetap aktif untuk menggubah musik, tetapi kondisi itu menyulitkannya untuk bermain di konser — sumber pendapatan penting pada fase hidupnya ini. Tercatat dia telah melahirkan 722 karya, termasuk 9 simfoni, 35 sonata piano, dan 16 kuartet senar.

Salah satu karya terbaik Beethoven adalah Simfoni ke-5 Beethoven (Beethoven 5th Symphony) yang ditulis antara 1804 dan 1808. Ini adalah salah satu komposisi paling terkenal dalam musik klasik dan salah satu simfoni yang paling sering dimainkan.
 
1
2


SEBELUMNYA

Kaya Rempah, Intip 5 Sajian Buka Puasa Khas Timur Tengah

BERIKUTNYA

5 Rekomendasi Film tentang Pianis Keren yang Pas Ditonton pada Hari Piano Sedunia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: