John Cena (Sumber Foto: Imdb)

Profil dan Rekam Jejak John Cena, dari Pegulat sampai Aktor Populer

08 July 2024   |   06:43 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

John Cena umumkan dirinya akan pensiun dari acara World Wrestling Entertainment (WWE). Pegulat yang 16 kali pernah menjadi juara WWE tersebut langsung naik ke atas ring di Liga Money in the Bank yang diselenggarakan pada 6 Juli 2024 di Toronto, Ontario, Kanada.

Sambil mengenakan kaos bertuliskan The Last Time is Now, John Cena menyampaikan niatnya untuk pensiun di hadapan para penggemar yang menonton aksinya. Dia memaparkan, ajang WrestleMania 41 yang dihelat pada 19-20 April 2024 di Las Vegas pada 2025 mendatang akan menjadi pertandingan terakhirnya. 

Baca juga: Profil Petenis Muda Carlos Alcaraz, Juara Turnamen Prancis Terbuka

Nah, genhype, selain sebagai pegulat, John Cena juga dikenal sebagai aktor. Yuk, simak profil dan rekam jejaknya. John Cena sendiri memliki nama lengkap, John Felix Anthony Cena Jr. Pria kelahiran 23 April 1977, di West Newbury, Massachusetts tersebut merupakan putra dari Carol dan John Felix Anthony Cena Sr. 

Ibunya keturunan Inggris dan Prancis-Kanada, sedangkan ayahnya keturunan Italia. John Cena memiliki kakak laki-laki bernama Stephen, dan tiga adik laki-laki bernama Dan, Matt dan Sean. Saat mempromosikan film 12 Rounds, John Cena mengumumkan pertunangannya dengan Elizabeth Huberdeau. Mereka menikah pada 11 Juli 2009.

Namun, pernikahan itu tak bertahan lama. Pada 1 Mei 2012, dia mengajukan gugatan cerai. Beberapa tahun kemudian John Cena mulai berkencan dengan sesama pegulat, yakni Nikki Bella. Mereka bertunangan saat Cena melamarnya di WrestleMania 33 pada 2 April 2017. Hubungan mereka tak berlanjut ke jenjang serius dan resmi mengakhiri hubungan pada April 2018.

Dua tahun kemudian, John Cena menikah dengan Shay Shariatzadeh. Pernikahan mereka masih bertahan sampai saat ini. Keduanya bertemu saat John Cena syuting film Playing With Fire. Diketahui Shay Shariatzadeh merupakan wanita kelahiran Iran, namun tinggal di Vancouver, Kanada. Dia memiliki latar belakang pendidikan yang mengesankan, setelah memperoleh gelar sarjana teknik elektro dari Universitas British Columbia.

Saat ini Shay Shariatzadeh bekerja sebagai manajer produk di Sonatype, sebuah perusahaan perangkat lunak yang berbasis di Kanada. Sebelumnya, dia juga pernah bekerja sebagai manajer produk untuk Motorola Solutions dan insinyur aplikasi di Alpha Technologies.


Rekam Jejak Karier John Cena: dari Pegulat, Pemain Film, sampai Musisi

Johm Cena menempuh pendidikan jurusan olahraga di Springfield College dan lulus pada 1998 dengan gelar exercise physiology dan gerakan tubuh. Setelah itu dia mengejar karier di bidang binaraga. John Cena memulai pelatihan untuk menjadi pegulat profesional di Ultimate Pro Wrestling's California pada 1999. Dia melakukan pertandingan gulat pertamanya di kejuaraan UPW Heavyweight Championship, April 2000.

Setahun kemudian, Cena menandatangani kontrak dengan World Wrestling Federation (WWF). Dia tampil dalam beberapa pertandingan dengan julukan The Prototype karena memiliki karakter seperti robot yang kaku. Sampai akhirnya, John Cena muncul pertama kali di televisi WWE ketika melawan Kurt Angle lada Juni 2002. Cena menjadi salah satu pegulat yang banyak memiliki banyak penggemar karena memiliki gaya permainannya yang cenderung freestyle.

Popularitas John Cena mulai melonjak ketika dia meraih kemenangan WWE pertamanya dalam United States Champion 2004. Namun sayang, pegulat itu harus mengalami cedera ginjal usai diserang oleh bodyguard saingannya dalam WWE, Carlito, 2005.

Peristiwa ini membuatnya harus absen dari pertandingan WWE selama sebulan. Namun, tak lama kemudian Cena kembali ke ring gulat dan berhasil mengantongi trofi Most Popular Wrestler of the Year dalam ajang Pro Wrestling Illustrated 2005, 2007 dan 2012.

Kepopulerannya sebagai pegulat profesional ternyata membuat sejunlag produser film tertarik padabya. Cena debut di dunia akting dengan membintangi film produksi WWE yang berjudul The Marine.  Selanjutnya dia bermain dalam film 12 Rounds, Legendary, dan Fred: The Movie, serta sejumlah judul film populer lainnya.

John Cena membintangi karakter anti-hero terkenal di DC Studios, yakni Peacemaker. Pertama kali dia memerankan karakter tersebut dalam film The Suicide Squad yang tayang pada 2021, lalu setahun kemudian cerita mengenai asal  usulnya dibuatkan spin-off dalam serial berjudul Peacemaker yang tayang di HBO GO. Selain sebagai Peacemaker, John Cena juga banyak membintangi film populer lainnya seperti Barbie, Fast X, F9, Bumblebee, dan lainnya.

Baca juga: Profil dan Rekam Jejak Didit Hediprasetyo, Desainer Jersey Timnas Indonesia

Setelah menekuni bidang olahraga dan menjajal akting di industri perfilman Hollywood, John Cena juga berbakat dalam musik hip hop. Dia menyanyikan lagu tema WWE yang berjudul Basic Thugonomics dan Untouchables. John Cena juga pernah merilis album pertamanya yang berjudul You Can't See Me (2005). Beberapa single andalannya seperti The Time is Now, Bad Bad Man.dan Right Now sukses menempati posisi Billboard 200 US.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Merapat! Arief Muhammad Giveaway Renovasi Kamar Mandi Mewah Seharga Ratusan Juta

BERIKUTNYA

5 Film Populer yang Dibintangi John Cena, The Suicide Squad dan Peacemaker

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: