Didit Hediprasetyo (Sumber Foto: Instagram/@ragowo.hediprasetyo)

Profil dan Rekam Jejak Didit Hediprasetyo, Desainer Jersey Timnas Indonesia

05 July 2024   |   17:00 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Nama Didit Hediprasetyo jadi perbincangan jelang Olimpiade Paris 2024. Desainer kenamaan tanah air tersebut merangang langsung jersey merah putih yang akan dikenakan timnas Indonesia di ajang Olimpiade Paris 2024 mendatang. 

Koleksi seragam timnas Indonesia tersebut terdiri dari t-shirt, short pants, track pants, dan jersey playing kit yang menyesuaikan dengan masing-maisng cabang olahraganya. Selain itu ada juga beberapa set seragam yang dipakai oleh atlet dan kontingen saat keberangkatan dan kepulangan, penerimaan medali, dan ajang resmi lainnya.

Baca juga: Tengok Jersey Timnas Indonesia Rancangan Didit Hediprasetyo untuk Olimpiade Paris 2024

Didit Hediprasetyo bernama lengkap Ragowo Hediprasetyo Djojohadikusumo atau Didit Hediprasetyo. Pria kelahiran 22 Maret 1984 tersebut merupakan putra tunggal dari Prabowo Subianto dan Titiek Soeharto. Beda dengan ayah dan kakeknya yang merupakan seorang politisi, Didit memilih untuk menekuni karier sebagai perancang busana.

Sejak kecil, dia tinggal di Boston, Amerika Serikat lalu pindah ke Paris, Prancis untuk fokus berkarier sebagai perancang busana. Didit menimba ilmu di Parsons School of Design, New York dan École Parsons à Paris selama empat tahun.

Selain itu, dia juga mengambil kursus melukis, fotografi, dan sejarah seni. Selama menempuh pendidikan, putra tunggal Prabowo ini pernah meraih penghargaan Silver Thimble 2006 untuk karya modenya.

Karya-karya busana Didit Hediprasetyo pernah diperagakan di panggung Pekan Mode Paris. Namanya juga tercatat sebagai salah seorang perancang busana yang masuk daftar Official Calendar Paris Fashion Week. Secara konsisten dia menggelar peragaan dalam ajang tersebut, serta menjadikannya sebagai satu dari sedikit desainer Indonesia yang berhasil menembus pagelaran mode bergengsi tersebut.

Selain dipamerkan di panggung mode dunia, karya busananya pernah dipakai oleh penyanyi Kanada, Carly Rae Jepsen, saat menghadiri MTV Video Music Awards 2013. Sejumlah aktris Indonesia juga pernah mengenakan gaun-gaun rancangan Didit, salah satunya Anggun C Sasmi. 
 

Hebatnya lagi, Didit juga menjadi satu-satunya desainer Indonesia yang mencatatkan namanya di situs majalah mode Vogue Inggris. Gaun adibusana rancangannya pernah dipublikasikan oleh majalah mode ternama itu. Didit menampilkan songket dengan motif houndstooth alias gigi anjing dalam warna-warna cokelat dam pastel. Songket tersebut dipadukannya dengan bahan kulit menjadi gaun dengan siluet feminin dan modern.

Selain menciptakan busana, nama Didit Hediprasetyo juga tercatat sebagai desainer interior mobil BMW Individual Series 7. Pada 2012 lalu, dia dipercaya oleh merek otomotif tersebut untuk menorehkan kreasinya pada interior dan eksterior mobbil yang kisaran harganya Rp1,7-Rp2,2 miliar pada waktu itu. 

Didit memberikan basis warna pastel yang cerah pada eksterior dan interiornya. Desain itu dinamakan Lavender Sky, dengan detail aksen yang terispirasi suasana langit saat matahari terbit dengan lanskap gurun yang tenang. Dia juga secara rinci memberikan ide detail khusus di sejumlah titik, sebut saja seperti aksen warna Frozen Diamond Metallic untuk seluruh area eksteriornya.

Tak ketinggalan dia juga menyematkan logo merek fesyennya pada bagian interior, seperti head rest dan bantal. Dari lima unit mobil yang tersedia, dia memberikan detail tambahan sesuai dengan karakter pembeli mobil yang datang dari seluruh dunia.

Pada awal 2024 Didit Hediprasetyo kembali dipercaya oleh pihak BMW Indonesia untuk membuat image video BMW i7 yang lokasi pengambilan gambarnya berlangsung di area Suryohamijayan di komplek Keraton Solo, Jawa Tengah.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Pahami 5 Teknik Dasar Menggambar Seni Digital

BERIKUTNYA

Pameran Rupa Panggung: Sepilihan Skenografi Indonesia Siap Dihelat di Salihara

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: