Ilustrasi seseorang memanfaatkan aplikasi tracker lari (Sumber foto: Freepik)

5 Rekomendasi Aplikasi Tracking Lari untuk Pemula, MapMyRun sampai Strava

05 July 2024   |   16:00 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Lari merupakan salah satu bentuk latihan fisik yang mudah dilakukan karena tidak memerlukan alat khusus. Selain manfaatnya untuk meningkatkan kebugaran dan kesehatan tubuh, lari juga dapat membantu orang yang sedang menjalani program penurunan berat badan atau diet. 

Supaya hasilnya maksimal, pastikan kamu melakukan tracking kebiasaan lari menggunakan aplikasi lari yang bagus dan gratis. Aplikasi dapat mencatat jarak, waktu, kecepatan, dan kalori yang terbakar, sehingga kamu dapat melihat perkembangan dan peningkatan performa dari waktu ke waktu. 

Baca juga: Runners Catat! 7 Agenda Lari di Jabodetabek Juli 2024

Apalagi banyak aplikasi menawarkan program latihan yang disesuaikan dengan tujuan dan tingkat kebugaran, sehingga membantumu mencapai target. Fitur-fitur seperti tantangan juga dapat memberikan motivasi tambahan supaya penggunanya bisa berlari lebih sering dan lebih jauh.

MapMyRun, Strava, dan Relive adalah beberapa aplikasi lari terbaik yang bisa kamu unduh, di Android dan iOS. Fitur-fitur dari aplikasi berikut ini akan membantumu mengetahui kecepatan dan jarak lari, serta fitur lainnya. Nah Genhype, berikut rekomendasi aplikasi lari yang bisa kamu gunakan. 
 

1. MapMyRun by Under Armor

MapMyRun adalah aplikasi olahraga lari dari Under Armour. Aplikasi ini memungkinkan pengguna  untuk mengikuti tantangan bersama teman ataupun menciptakan tantangan sendiri, sehingga kamu bisa melakukan latihan untuk mencapai target lari.

Fitur-fitur yang tersedia mulai dari melacak progres lari dan terdapat fitur pemandu via suara. Selain itu, aplikasi akan memberi notifikasi apabila kamu perlu ganti sepatu. 

Menariknya, kamu juga bisa mengintegrasikan aplikasi dengan sepatu Under Armour kesayanganmu. Daftar sepatu yang bisa disambungkan dapat dilihat di situs resminya. Namun, kekurangan aplikasi ini yakni tidak bisa digunakan untuk melacak rute secara offline.
 

2. Charity Miles: Walking & Running

Jika kamu ingin lari sambil beramal, cobalah Charity Miles: Walking & Running. Aplikasi ini merupakan platform untuk menyumbangkan uang ke badan amal favorit sekaligus meningkat performa berlari. Kamu hanya perlu membuka aplikasi dan memilih badan amal yang ingin dituju. Setelah itu, kamu dapat mengumpulkan uang melalui sponsor.

Jumlah uang yang dikumpulkan berdasarkan jarak lari yang kamu tempuh. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur-fitur yang tersedia, kamu bisa melacak berbagai aktivitas olahraga, termasuk hiking dan cycling.
 

3. Relive: Run, Ride, Hike & More

Aplikasi ini tak hanya bisa melacak aktivitas lari, tetapi bersepeda dan mendaki. Cocok untuk kalian  yang menyukai berbagai aktivitas outdoor dan memantaunya secara real time. Relive: Run, Ride, Hike & More memiliki tampilan sederhana dan mudah digunakan untuk pemula. Fitur menariknya, yakni bisa membuat video yang bisa diunggah di story. 

Kamu bisa mengabadikan perjalanan lari dalam aplikasi ini dengan menambahkan gambar dan video. Selanjutnya kamu dapat membagikannya kepada pengguna Relive lain. Gambar dan video ini juga dapat dibagikan ke pengguna Relive sebagai referensi. 
 

4. PUMATRAC Run, Train, Fitness

Aplikasi ini dapat memantau olahraga lari dan fitness yang kamu lakukan secara berkala. Pelatihan yang diberikan pun dapat disesuaikan dengan tingkat kemampuan tubuh dan tujuan berolahraga. Fitur-fitur yang tersedia, yakni melacak rute dan performa lari, serta menyediakan guide untuk olahraga lainnya. Apalagi aplikasi ini dapat diakses seluruhnya secara gratis.
 

5. Strava: Track Running, Cycling & Swimming

Strava dapat membantu mencatat rute lari yang kamu lakukan. Aplikasi ini dapat membuat olahraga lari makin menantang karena ada tantangan setiap bulannya, di mana kamu bisa berlomba-lomba dengan banyak orang. Fitur-fitur yang tersedia selain melacak rute dan metrik performa dengan akurat, aplikasi ini juga terintegrasi dengan beragam perangkat lainnya.

Selain lari, Strava juga dapat digunakan sebagai tracker untuk mencatat olahraga lainnya seperti renang, crossfit, panjat tebing, yoga, indoor running, sampai gym workout. Aktivitas olahraga jadi makin terdata dengan baik. 

Baca juga: Demi Kejar Gengsi, Muncul Fenomena Joki Strava di Olahraga Lari

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Dokter Ingatkan Cacar Air Bukan Penyakit Ringan, Vaksin Penting untuk Perlindungan

BERIKUTNYA

Profil Anggota Debut IZNA, Grup K-Pop Jebolan I-Land 2

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: