Aespa rilis single Hot Mess dalam rangka debut perdananya di Jepang. (Sumber:X/aespaJPofficial)

Debut Perdana di Jepang, Aespa Kembali Cetak Rekor

04 July 2024   |   09:51 WIB
Image
Alya Hafilah Salsabila Mahasiswa Universitas Padjadjaran

Karina, Giselle, Winter, dan Ningning kembali mengejutkan penggemar dengan debut perdananya di Jepang melalui single Hot Mess. Terkenal akan konsepnya yang unik, Aespa memberikan warna baru dalam industri K-Pop dalam perilisan musik video Hot Mess pada 3 Juni silam.

Keunikan dalam video musik ini tidak hanya terletak pada konsep futuristik khas Aespa, tetapi juga terdapat pada ilustrasi bergaya anime yang digambarkan sesuai para member. Hal ini menjadi gebrakan baru oleh Aespa mengingat girl group ini terkenal akan karakter AI-nya. Namun khusus untuk debut Jepang ini, mereka mengganti karakter AI dengan ilustrasi anime. 

Baca juga: Sabrina Carpenter Cetak Rekor Baru, Kuasai Billboard Hot 100 dengan Lagu Please Please Please

Dikutip dari Uproxx, Tidak hanya debut perdananya di Jepang, Aespa juga mengisi lagu tema untuk anime BEYBLADE X. Tracklist untuk album ini mengikuti tracklist pada full album pertama mereka, "Armageddon", dengan dua lagu tambahan yaitu Sun and Moon dengan gaya musik R&B, serta Zoom Zoom.

Lirik lagu pada Hot Mess ini menceritakan tentang seseorang yang nyaman dengan dirinya sendiri. Seperti beberapa lagu Aespa lainnya yang mengangkat tentang kepercayaan diri, Hot Mess juga menyebarkan pesan untuk percaya diri dan dapat menerima diri sendiri. 

Dalam waktu kurang dari 24 jam, musik video Hot Mess juga ditonton lebih dari 2 juta pemutaran dan menjadi trending di YouTube Indonesia dengan urutan 13 untuk kategori musik. Aespa juga berhasil menempatkan Hot Mess di posisi puncak chart musik Jepang, LINE MUSIC Top 100 hanya dalam waktu 14 menit sejak perilisannya. 

Girl group besutan SM Entertainment ini juga melakukan promosi dengan membawakan Hot Mess di acara musik Jepang, The Weekly 99 Music Tonight. Hot Mess juga menempati posisi ke-2 di Oricon Daily Chart dengan total album terjual sebanyak hampir 30.000 keping dalam 24 jam.

Dalam situs resmi MelOn, Aespa menempati posisi ke-2 dalam real-time search atau kata yang paling dicari. Sedangkan, pada posisi ke-5 ditempati oleh Hot Mess. Lagu b-side dalam album ini, Sun and Moon, juga menempati Top 100 dalam LINE MUSIC di posisi 72.

MY atau penggemar Aespa juga turut menunjukkan antusiasme yang tinggi melalui project goals untuk debut Jepang kali ini, seperti mencapai 3 juta pemutaran di YouTube selama 24 jam, memuncaki LINE MUSIC Top 100, menduduki Top 100 di AWA Music, menjual 30 ribu keping album di Oricon, dan masih banyak lagi. Penggemar juga membuat playlist di Spotify yang hanya berisi Hot Mess untuk meningkatkan angka pendengar pada lagu tersebut.

Baca juga: Jeonghan & Wonwoo SEVENTEEN Cetak Rekor Penjualan Album Sub-Unit Berkat This Man

Dalam sosial media resminya, Aespa juga mengumumkan akan menggelar tur bertajuk “SYNK: PARALLEL LINE” untuk beberapa kota di Jepang. Adapun kota-kota yang akan dikunjungi Aespa dalam rangkaian turnya adalah Fukuoka, Nagoya, Saitama, dan Osaka. Dalam satu kota, mereka akan menggelar konser selama 2 hari. 

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Cara Daftar IELTS untuk Persyaratan Beasiswa LPDP 2024

BERIKUTNYA

20 Hari Tayang di Bioskop, Film Ipar Adalah Maut Tembus 4 Juta Penonton

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: