EURO 2024 (Sumber gambar: Instagram/euro2024)

Belanda dan Turki Jadi Tim Terakhir Lolos Perempat Final EURO 2024

03 July 2024   |   09:47 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Seluruh pertandingan di babak 16 besar EURO 2024 telah tuntas digelar. Tim nasional (timnas) Belanda dan timnas Turki menjadi dua negara terakhir yang memastikan tiket lolos ke babak perempat final. Setelah ini, babak 8 besar akan segera dimulai.

Belanda yang berhadapan dengan Rumania pada babak 16 besar tampil impresif sepanjang pertandingan. Digelar di Allianz Arena, Selasa (2/7) pukul 23.00 WIB, Belanda mampu menekuk Rumania dengan skor 3-0.

Tampil dengan strategi menyerang, Belanda memang punya lebih banyak peluang pada awal babak pertama. Satu di antaranya berbuah jadi gol saat Cody Gakpo mampu mengonversi aksi individunya dengan apik pada menit ke-20. 

Baca juga: Profil & Peta Kekuatan Negara yang Lolos Perempat Final EURO 2024

Sayang, tak ada gol lagi yang tercipta pada babak pertama. Namun, unggul 1-0 tampaknya bukan angka yang aman bagi Belanda. Pada babak kedua, mereka terus berusaha keras mencari gol kedua agar posisinya lebih mantap. 

Donyell Malem pun dimasukkan ke lapangan. Pada menit ke-63, Gakpo kembali menggetarkan gawang Rumania lewat tembakan jarak dekat. Namun, gol tersebut dianulir VAR karena offside. 

Barulah, pada menit ke-83, Belanda akhirnya menggandakan keunggulan lewat gol Donyell Malem. Berawal dari lemparan ke dalam oleh Micky van de Ven, Depay lalu menendang bola yang bisa dikuasai Gakpo. Gakpo lalu melaju ke depan dan mengirim bola ke Malen yang langsung menembak ke gawang. Gol indah pun terjadi. 

Malen kembali mencatatkan namanya di papan skor saat injury time. Dia yang berlari dari tengah lapangan menuju kotak penalti mampu menembakkan bola dengan akurat yang berujung gol. Belanda pun unggul 3-0.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by UEFA EURO 2024 (@euro2024)


Sementara itu, Duel Austria vs Turki baru berlangsung di Red Bull Arena, Leipzig, Rabu (3/7) pukul 02.00 WIB tadi. Timnas Turki lolos ke perempat final Euro 2024 usai kalahkan Austria 2-1. 

Turki sedari awal sudah membuat kejutan. Saat pertandingan belum genap satu menit, Turki sudah unggul 1-0. Tercatat, laga baru berjalan 57 detik saat bek Merih Demiral melesatkan bola akibat blunder pemain Austria.

Gol cepat ini membuat skema pertandingan berubah. Austria mencoba keluar dari tekanan. Mereka sebenarnya punya peluang emas pada menit ke-7, tetapi sayangnya Philipp Lienhart gagal memanfaatkan peluang.

Austria kemudian mendominasi permainan, tetapi masih kesulitan mencetak gol. Pada babak kedua, situasi masih sama. Austria terus mencoba menjebol garis pertahanan lawan.

Namun, alih-alih menyamakan skor, Austria justru kembali tertinggal. Merih Demiral berhasil memaksimalkan sepak pojok dari Arda Guler. Sundulannya pada menit ke-59 berbuah gol. 

Tertinggal 0-2 membuat Austria tampak tak berdaya. Beruntung, tak lama kemudian, Austria sempat memperkecil keunggulan menjadi 2-1 lewat Michael Gregoritsch.

Namun, hasil akhir tetap tak berubah. Turki tetap memenangkan pertandingan sekaligus lolos ke perempat final EURO 2024. Sehari sebelumnya, Portugal dan Prancis telah terlebih dahulu memastikan tiket lolos ke perempat final. 


Daftar Negara Lolos Perempat Final EURO 2024

  1. Swiss
  2. Jerman
  3. Inggris
  4. Spanyol
  5. Prancis
  6. Portugal
  7. Belanda
  8. Turki
Baca juga: Pepe Pecahkan Rekor Jadi Pemain Tertua di EURO 2024

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Ciputra Artpreneur Gelar School of Rock the Musical 27 Juli 2024, Cek Harga Tiketnya

BERIKUTNYA

Film Doraemon the Movie: Nobita's Earth Symphony Tayang 17 Juli 2024 di Bioskop Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: