UEFA Euro 2024. (sumber foto: X/Euro2024)

Profil & Peta Kekuatan Negara yang Lolos Perempat Final EURO 2024

02 July 2024   |   07:47 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Ajang EURO 2024 kini telah sampai pada babak perempat final. Turnamen paling bergengsi antar benua Biru ini kembali menyuguhkan banyak pertandingan seru, sekaligus kejutan setelah beberapa tim unggulan justru tumbang dan gagal melaju ke babak selanjutnya.

Portugal dan Prancis jadi tim terkini yang lolos ke babak perempat final Euro 2024. Sehari sebelumnya, Prancis lebih dulu melangkah ke perempat final Euro 2024. Kemudian, negara lain yang juga lolos ke babak perempat final adalah Swiss, Jerman, Inggris, dan Spanyol.

Baca juga: Cetak Rekor Baru, Cristiano Ronaldo Buktikan Diri Jadi GOAT EURO 2024

Kini, berarti tersisa dua tiket lagi di babak perempat final. Dua tiket ini akan diperebutkan oleh empat tim yang akan berlaga malam nanti. Belanda akan menghadapi Rumania, sedangkan Autria akan melawan Turki.

Sembari menunggu bagan perempat final lengkap, yuk simak profil enam tim yang sudah terlebih dahulu lolos ke babak perempat final ini.


1. Swiss

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Nati Men (@swissnatimen)


Meski pada mulanya tak diunggulkan, Swiss jadi salah satu negara yang punya performa apik sepanjang EURO 2024. Tim berjuluk Rossocrociati ini tak terkalahkan selama di fase grup, bahkan mampu menahan sang tuan rumah, Jerman.

Swiss yang berada di Grup A tampil meyakinkan saat mengalahkan Hungaria dengan skor 2-1. Sayang, Ketika melawan Skotlandia, Swiss justru hanya mampu bermain imbang 1-1. Namun, penampilan apik Kembali diperlihatkan saat menghadapi Jerman sehingga skor berakhir imbang 1-1.

Pada babak 16 besar, Swiss bahkan mampu mengalahkan Italia dengan skor 2-0. Dengan lini tengah dan sayap yang begitu hidup, Swiss mengurung pertahanan Italia dan tak membiarkan permainan lawan berkembang. Kini, perjuangan mereka akan Kembali teruji di babak perempat final.
 

2. Jerman

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by DFB-Team (@dfb_team)


Sebagai tuan rumah, Jerman jelas menjadi favorit juara. Raksasa sepak bola Eropa ini tentu ingin mengulang kejayaan di turnamen paling bergengsi di benua Biru tersebut. Sejauh ini, penampilan Jerman pun cukup mentereng, meski dibayang-bayangi mitos bahwa tuan rumah akan sulit juara.

Jerman berhasil menekuk Skotlandia di Grup A dengan skor telak 5-1. Tim berjuluk Der Panzer ini juga mampu mengalahkan Hongaria dengan skor 2-0, lalu bermain imbang 1-1 atas Swiss. Di babak 16 besar, Jerman yang bertemu Denmark mampu menang mudah dengan skor 2-0.

Jerman meraih gelar juara Euro terjadi 40 tahun lalu, tepatnya pada tahun 1984 ketika Prancis menjadi tuan rumah. Kini, sejarah itu bisa terulang. Terlebih, skuad edisi kali ini merupakan perpaduan pemain senior berpengalaman dan pemain muda potensial.


3. Inggris

 

Inggris sebenarnya diperkuat oleh sejumlah talenta terbaik sepak bola pada EURO 2024 ini. Sayangnya, belum semuanya mampu mengeluarkan kemampuan terbaiknya. Penampilannya sejauh ini bahkan kurang meyakinkan, tak tak secemerlang saat mereka bermain di klub. Termasuk perihal tumpulnya lini serang, yang hanya mampu menghasilkan dua gol di fase grup.

Tergabung di Grup C, timnas Inggris mampu mengalahkan Serbia hanya dengan skor 1-0. Kemudian, tim ini juga hanya bermain imbang dengan skor 1-1 atas Denmark. Di pertandingan terakhir, Inggris vs Slovenia berujung dengan skor 0-0. Beruntungnya, di babak 16 besar, Inggris bertemu Slowakia. The Three Lions ini mampu menang dengan skor 2-1.


4. Spanyol

 

Spanyol memiliki skuad yang mumpuni pada EURO 2024. Tim besutan Luis de la Fuente tersebut diperkuat oleh tiga pemain Real Madrid yang baru saja meraih gelar Liga Champions, seperti Joselu, Dani Carvajal, dan Nacho Fernandez.

Tak mengherankan di babak grup, Spanyol mampu menyapu bersih kemenangan. Spanyol menang atas Kroasia dengan skor 3-0, disusul kemenangan lain atas Italia dengan skor 1-0. Di pertandingan terakhir, Spanyol juga mengalahkan Albania dengan skor 1-0. Di babak 16 besar, La Furia Roja bertemu dengan Georgia dan menang dengan skor telak 4-1.

Spanyol memang bukan tim sembarangan di turnamen Euro. Tim ini tercatat tiga kali mengangkat trofi juara, yaitu pada tahun 2008, 2012, dan 2016. Bahkan, mereka jadi satu-satunya negara yang pernah memenangkan EURO dua edisi beruntun, yakni 2008 dan 2012.


5. Prancis

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by FFF (@fff)


Prancis menjadi skuad yang bertabur bintang bertalenta pada EURO 2024. Tim ini juga masih diperkuat Kylian Mbappe, salah satu pemain terbaik dunia yang jadi ujung tombak serangan Prancis saat ini. Selain itu, pelatih Didier Deschamps kembali memercayai gelandang veteran N'Golo Kante untuk masuk memperkuat Les Bleus.

Di babak grup, Prancis berhasil menang atas Austria dengan skor 1-0. Mereka kemudian ditahan imbang Belanda dengan skor 0-0. Tak jauh berbeda, Prancis juga hanya mampu imbang saat melawan Polandia. Beruntung mereka masih lolos 16 besar. Di babak 16 besar, Prancis menang atas Belgia dengan skor 1-0.


6. Portugal

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Portugal (@portugal)


Portugal membawa para pemain terbaiknya yang mengkombinasikan semangat pemain muda dan pemain senior. Beberapa pemain familiar, seperti Ruben Dias, Bruno Fernandes, hingga dua pemain senior seperti Pepe dan juga Cristiano Ronaldo, masih menjadi andalan.

Portugal tampil apik saat berada di fase grup. Tim ini berhasil mengalahkan Ceko dengan skor 2-1. Kemenangan Kembali diraih Ronaldo cs saat menghadapi Turki dengan skor 3-0. Di pertandingan terakhir, Portugal juga menang dengan Georgia skor 2-0. Di babak 16 besar, secara mengejutkan Portugal ditahan imbang Slovenia. Beruntung, hasil adu pinalti masih dimenangkan Portugal.


(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Musisi Inka Soemitra Bakal Gelar Konser Intimate Bertajuk Walking with Lily

BERIKUTNYA

UNESCO: 90 Persen Permukaan Tanah Bumi akan Terdegradasi 2050, Apa Dampaknya?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: