Film Rumah Dinas Bapak (Sumber gambar: Stavision Plus)

Usung Genre Horor Komedi, Simak Sinopsis Film Rumah Dinas Bapak

02 July 2024   |   22:48 WIB
Image
Andika Prasetyo Mahasiswa IISIP Jakarta

Setelah film Sekawan Limo yang akan tayang pada bulan ini, rumah produksi Starvision Plus kembali mengumumkan karya sinema terbarunya berjudul Rumah Dinas Bapak. Mengusung genre horor komedi, film tersebut diangkat dari sebuah utas (thread) viral di platfom X yang ditulis oleh Dodit Mulyanto.

Film Rumah Dinas Bapak disutradarai oleh Bobby Prasetyo berdasarkan nashkah yang ditulis oleh Evelyn Afnelia dan Dodit Mulyanto. Selain bertindak sebagai penulis skenario, pemilik nama asli Dodit Wahyudi Mulyanto tersebut juga turut membintangi film terbarunya ini bersama sederet aktor dan aktris Tanah Air.
 

Film Rumah Dinas Bapak menceritakan tentang kehidupan masa kecil Dodit Mulyanto (diperankan Octavianus Fransiskus). Kala itu, tepatnya pada 1990, ayah Dodit (diperankan Dodit Mulyanto) yang bekerja sebagai mantri hutan, dipindah tugaskan ke daerah Blitar Selatan dan harus menempati rumah dinas bernama Kemantren yang berada di tengah hutan jati. 

Baca juga: 10 Film Horor Indonesia Terlaris Sepanjang Paruh Pertama 2024

Kemantren digambarkan sebagai bangunan tua peninggalan dari jaman Belanda yang mempunyai halaman cukup luas. Pada bagian samping dan belakang rumah terdapat tumpukan kayu jati hasil sitaan dari Blandong (maling kayu). Menariknya, pada bagian sisi kiri ruangan depan rumah tersebut dahulunya merupakan bekas sebuah penjara.

“Kalau setahu saya, dulunya untuk mengurung Blandong (maling kayu),” demikian sepenggal percakapan dalam official teaser film Rumah Dinas Bapak.

Selain itu, pada bagian depan halaman rumah dinas Kemantren juga terdapat sebuah pohon Flamboyan yang memiliki ukuran sangat besar. Sedangkan pada bagian belakang halaman rumah, terdapat sebuah kebun kelapa yang sangat luas. Selain berada di tengah hutan jati, rumah tersebut juga terdapat kebun yang berisikan pohon mangga yang cukup besar.

Dalam dinasnya kali ini, ayah Dodit turut serta mengajak istrinya (diperankan Putri Ayudya), anak kedua (diperankan Yasamin Jasem) beserta suaminya (diperankan Elang El Girab) dan tentunya Dodit kecil. Saat itu, demi mendapatkan mainan Tamiyo yang dinginkannya sejak lama, Dodit setuju ikut pindah hingga ayahnya naik jabatan.

Nahasnya, rumah dinas tersebut terdapat sosok penghuni misterius yang kerap kali mengganggu Dodit dan sekeluarga. Mereka pun mulai diteror dengan berbagai kejadian tak lazim. Singkat cerita, dahulu kala ada tahanan yang meninggal di penjara dalam rumah Kemantren akibat disiksa hingga tewas.
 
Meskipun terbilang seram, film yang diangkat dari utas viral pada platform X tersebut juga turut dibalut dengan guyonan khas dari para pemeran, yang membuat film tersebut memiliki warna tersendiri. Selain itu, beberapa pemeran dalam film tersebut juga merupakan seorang Stand Up Comedy seperti Dodit Mulyanto, Sadana Agung dan Fajar Nugra.

Film yang disutradarai oleh Bobby Prasetyo itu diproduksi oleh Starvision Plus. Sebelumnya, sang sutradara kerap menggarap beberapa film lainnya seperti Eyang Putri (2021), Pamali (2022), Pamali: Dusung Pocong (2023), Kultus Iblis (2023), Tanduk Setan (2024) dan lain sebagainya.

Selain Dodit Mulyanto, film Rumah Dinas Bapak juga turut diperankan oleh beberapa aktor dan aktris seperti Putri Ayudya, Yasamin Jasem, Elang El Gibran, Vianus Fransiskus, Sadana Agung, Fajar Nugra, Rukman Rosadi dan lain sebagainya. Adapun, film horor komedi tersebut dijadwalkan akan tayang pada 8 Agustus 2024.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Daftar Pemain Film Pusaka, Ada Shareefa Daanish Hingga Slamet Rahardjo

BERIKUTNYA

Cek Line-Up & Aturan Nonton Prambanan Jazz Festival 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: