5 Survival show adu kecerdasan. (Sumber: Netflix.com)

5 Survival Show Korea dengan Konsep Adu Kecerdasan

01 July 2024   |   12:08 WIB
Image
Alya Hafilah Salsabila Mahasiswa Universitas Padjadjaran

Belakangan ini, acara yang diproduksi Ruangguru menuai kepopulerannya. Clash of Champion, kompetisi adu kecerdasan yang diikuti 40 mahasiswa dari PTN maupun PTS di Indonesia, serta 10 mahasiswa Indonesia yang berkuliah di luar negeri.

Kompetisi adu kecerdasan ini tayang setiap Sabtu dan Minggu di akun YouTube dan aplikasi Ruangguru. Seperti diketahui, acara ini terinspirasi dari University War, kompetisi adu kecerdasan dari Korea Selatan. Namun, jika Clash of Champion adalah kompetisi perorangan, maka University War adalah kompetisi kelompok di mana terdapat 24 mahasiswa yang terbagi menjadi enam kelompok berdasarkan asal universitasnya.

Baca juga: Reality Show Jinny's Kitchen Season 2 Tayang 28 Juni 2024 di Prime Video

Ternyata, selain Clash of Champion dan University War, terdapat beberapa acara yang memiliki konsep serupa, lho! Berikut daftar acara dengan konsep adu kecerdasan yang populer di Korea.


1. Match of the Century: AI vs Human (2021)

Acara yang ditayangkan di saluran TV Korea Selatan, SBS ini hanya memiliki lima episode. Dibintangi oleh Jun Hyun Moo, Hwang Kwang Hee, Kim Eana, Ok Joo Hyun, dan Park Se Ri, para pemain ini harus bertanding dengan AI.

Menariknya, acara ini tidak hanya berfokus pada satu jenis kompetisi saja. Permainan yang akan diadu dengan AI ini cukup beragam seperti olahraga golf, perdagangan saham, komposisi lagu, hingga membaca pikiran. 


2. The Devil’s Plan (2023)

Permainan yang mengandalkan strategi dan kecerdasan ini diikuti oleh 12 peserta dengan latar belakang berbeda, seperti pengacara, dokter bedah, selebritas, Youtuber, aktor, hingga idola K-Pop.

Para peserta akan memainkan dua permainan setiap harinya. Mereka harus mengumpulkan kepingan token emas. Peserta dengan kepingan paling banyak akan memenangkan hadiah sebesar 500 juta won atau setara hampir Rp6 miliar.

Dilansir dari situs resmi Netflix, acara ini sempat menduduki 10 acara yang paling ditonton di Netflix Korea, Top 10 TV Shows di 23 negara, dan menduduki peringkat 3 di Top TV Shows Non-English.


3. The Genius (2013 - 2015)

Meskipun sudah lebih dari 10 tahun sejak penayangan pertamanya, acara ini tidak kehilangan kepopulerannya hingga saat ini. Peserta acara ini memiliki profesi yang beragam dan tidak hanya berisi bintang idola, aktor, atau  influencer tapi juga kalangan umum. Setiap season memiliki 13 peserta yang akan tereliminasi satu per satu setiap episodenya. 

Permainan ini akan berfokus pada kecerdasan psikologis dan kemampuan sosial setiap pemainnya. Pemain akan dituntut untuk dapat memanipulasi lawannya. Pemain terakhir yang bertahan akan mendapatkan 1 juta won atau sekitar Rp11 juta.


4. Bloody Game (2021 & 2023)

Acara ini terdiri dari 2 season di mana setiap musimnya akan berisi 12 hingga 14 episode. Tak hanya mengandalkan kecerdasan dan strategi yang bagus, acara ini juga menuntut pesertanya untuk menggunakan kekuatan fisik. 

Peserta acara ini juga memiliki latar belakang yang beragam, seperti anggota Mensa atau organisasi beranggotakan para pemegang IQ yang tinggi, pemain basket legendaris, lulusan universitas ternama, dan peserta ujian masuk perguruan tinggi negeri dengan nilai sempurna.


5. Society Game (2016)

Permainan dalam acara ini adalah kompetisi kelompok. Selama 14 hari, sebanyak 22 peserta akan terbagi menjadi dua kelompok, Green Team dan Red Team.

Baca juga: Hypereport: Riwayat Panjang Reality Show dan Variety Show Televisi Indonesia

Setiap tim yang kalah akan mengeliminasi satu anggotanya. Kedua tim berusaha memenangkan setiap permainan dengan total hadiah 10 juta won atau sekitar Rp118 juta.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Film Godzilla X Kong Musim 3 dari Monsterverse Dijadwalkan Rilis 2027

BERIKUTNYA

Awas, Geng Ransomware Ini Paling Aktif Serang Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: