Pegal setelah mengemudi (Sumber Foto: Freepik)

Lemaskan Otot Kaku, Ikuti 5 Gerakan Peregangan Setelah Mengemudi Jarak Jauh

30 June 2024   |   12:35 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Pegal dan nyeri otot merupakan kondisi yang kerap dikeluhkan orang-orang setelah mengemudi jarak jauh. Lantaran saat menyetir mobil kita berada di posisi yang sama selama beberapa jam, sehingga bisa membuat otot lebih kaku daripada biasanya.

Setelah tiba di tempat tujuan, cobalah melakukan peregangan dengan melemaskan otot-otot yang tegang seperti leher, bahu, lengan, punggung, pinggul, kaki, dan lainnya. Peregangan penting sekali untuk mengurangi ketegangan otot, meningkatkan sirkulasi darah, dan mencegah cedera.

Baca juga: Olaharaga Pilates Makin Diminati, Bantu Bikin Postur Tubuh Ideal

Ada beberapa cara melakukan peregangan setelah mengemudi jarak jauh. Nah Genhype, yuk simak jenis-jenis simak peregangan yang bisa dilakukan. Ikuti gerakan di bawah ini dengan lembut dan tahan selama 15-30 detik tanpa dipaksakan.
 

1. Peregangan Leher

Kamu bisa melakukan gerakan menunduk dan mengangguk untuk melemaskan leher. Caranya tundukkan kepala ke depan hingga dagu menyentuh dada, kemudian angkat kepala dan tatap langit-langit. Selain itu juga bisa melakukan gerakan memiringkan leher ke samping. Caranya miringkan kepala ke kanan hingga telinga mendekati bahu, tahan beberapa detik, lalu miringkan ke kiri.
 

2. Peregangan Bahu dan Lengan

Lakukan gerakan mengangkat bahu, caranya angkat kedua bahu ke arah telinga, tahan beberapa detik, kemudian lepaskan. Cara lainnya bisa dengan merentangkan satu lengan ke depan, lalu tarik ke arah badan dengan bantuan tangan lainnya, tahan selama beberapa detik, kemudian ganti lengan.


3. Peregangan Pergelangan Tangan dan Kaki

Kamu bisa melakukan gerakan memutar pergelangan tangan untuk melemaskan tangan yang kaku setelah mengemudi. Caranya putar pergelangan tangan searah jarum jam dan berlawanan arah jarum jam. Lakukan juga gerakan memutar pergelangan kaki dengan memutarnya searah jarum jam dan berlawanan arah jarum jam.
 

4. Peregangan Punggung

Peregangan punggung bagian atas bsia dilakukan dengan cara duduk tegak, kaitkan jari-jari di depan dada, dorong tangan ke depan sehingga punggung melengkung ke belakang. Selain itu juga bisa melakukan gerakan memutar pinggang, caranya duduk tegak, letakkan tangan kanan di belakang kursi, putar tubuh ke kanan, tahan beberapa detik, lalu ganti sisi.


5. Peregangan Pinggul

Cobalah berdiri dengan satu kaki di depan, tekuk lutut depan dan turunkan tubuh ke arah depan, tahan beberapa detik, kemudian ganti kaki. Cara lainnya bisa dengan gerakan lutut ke dada. Pertama kamu bisa duduk atau berdiri, angkat satu lutut ke arah dada, tahan dengan tangan, tahan beberapa detik, kemudian ganti kaki.


6. Peregangan Kaki

Kamu bisa berdiri, lalu letakkan satu kaki di permukaan yang sedikit lebih tinggi, jaga kaki lurus, dan bungkukkan badan ke arah kaki yang terangkat. Lakukan juga peregangan betis, caranya erdiri dengan satu kaki di depan dan satu kaki di belakang, tekuk lutut depan dan dorong tumit belakang ke lantai. 

Baca juga: Tip Mengatasi Pegal dan Nyeri Otot saat Mudik dengan Sepeda Motor

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Pameran Surakusuma - Mangkunegaran Art Garden, Eksplorasi Ragam Karya Seni Kontemporer di Taman Pracima Tuin

BERIKUTNYA

Film Heartbreak Motel Tayang 1 Agustus 2024, Cinta Segitiga di Balik Dunia Glamor Selebritas

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: