Pasar Tradisional Hong Kong (Sumber Foto: Hongkong Tourism Board)

7 Rekomendasi Pasar Tradisional Hong Kong: Belanja Batu Giok sampai Barang Antik

28 June 2024   |   20:30 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Hong Kong merupakan surganya penggila belanja. Mereka punya banyak pusat perbelanjaan, baik tradisional maupun modern yang menawarkan kuliner, kerajinan tangan, sampai aksesori dan fesyen karya perancang lokal maupun desainer brand mewah.

Namun, pengalaman belanja terbaik yang akan kamu dapatkan saat liburan ke Hong Kong adalah saat mengunjungi pasar tradisional mereka. Pasar ini menjual beragam barang unik dengan harga murah, seperti batu giok, barang elektronik antik, dan masih banyak lagi. 

Baca juga: Destinasi Wisata Ramah Muslim di Hong Kong, Kuliner Halal sampai Masjid Megah

Pasar tradisional merupakan tempat sempurna bagi pelancong yang ingin merasakan langsung budaya masyarakat setempat yang penuh warna. Nah Genhype, berikut adalah beberapa pusat perbelanjaan tradisional di Hong Kong yang menjual berbagai benda unik.


1. Fa Yuen Street

Fa Yuen Street berlokasi di Mong Kok, pusat perbelanjaan yang dijuluki sneaker street ini menawarkan koleksi pakaian dan sepatu olahraga terbaik di Hong Kong. Wisatawan juga dapat menikmati berbagai hidangan lokal yang disajikan di toko-toko jajanan pinggir jalan atau pedagang kaki lima, serta menemukan beragam cendera mata untuk oleh-oleh.


2. Cat Street

Cat

Cat Sreet (Sumber Foto: Hongkong Tourism Board)


Cat Street merupakan tempat yang wajib dikunjungi jika kamu ingin memberi sentuhan Hong Kong untuk mempercantik interior rumah. Sepanjang jalanan ini, terdapat gerai yang menjual segala jenis benda unik seperti liontin giok, batu mahyong, bahkan patung kecil Mao Zedong.  


3. Western Market

Western Market merupakan bangunan bergaya Edwardian dengan bata merah dan gapura granit yang megah. Pusat perbelanjaan ini memiliki sejarah yang panjang, awalnya dibangun pada 1906 sebagai perluasan kompleks pasar abad ke-19, menggantikan bekas Harbour Office (Kantor Pelabuhan) yang sudah tidak memadai lagi.

Setelah direnovasi pada 1991, pasar ini bertransformasi menjadi kompleks perbelanjaan yang menarik banyak turis lokal dan mancanegara. Sekarang, pasar ini menjadi rumah bagi toko-toko seni, kerajinan, dan pedagang kain, sebagian besar di antaranya direlokasi dari gang-gang di sekitarnya.


4. Apliu Street

Apliu Street (Sumber Foto:

Apliu Street (Sumber Foto: Hongkong Tourism Board)


Apliu Street di Sham Shui Po dipenuhi oleh pedagang yang menjual banyak elektronik bekas dan baru, mulai dari perangkat audiovisual, konsol game terkini, mesin ketik, sampai perabotan dapur klasik dan komponennya. Kondisi barangnya mungkin tidak semuanya bagus, namun bagi orang-orang bermata jeli mungkin bisa menemukan harta karun tersembunyi di sana.


5. Temple Street

Temple Street merupakan jalanan bernuansa pasar malam yang penuh warna-warni semarak. Sepanjang jalannya terdapat gerai makanan kaki lima yang menawarkan beragam jajanan khas Hong Kong yang lezat serta kuliner unik yang menggugah selera. Pengunjung juga dapat menikmati dekorasi otentik yang menghiasi sepanjang jalanannya, cocok untuk backgroud saat berfoto.


6. Ko Shing Street

f

Ko Shing Street (Sumber Foto: Hongkong Tourism Board)


Masyarakat Hong Kong masih menganggap obat tradisional sangat berperan penting untuk kesehatan. Apabila kamu ingin tahu lebih banyak mengenai pengobatan medis tradisional ini, pergilah ke Ko Shing Street di Sheung Wan. Di sana kita akan menemukan penjual grosir dan toko obat menawarkan segala macam obat dari akar-akaran, tumbuh-tumbuhan, sampai makanan laut kering.


7. Yau Ma Tei Jade Market

Yau Ma Tei Jade Market terkenal dengan batu gioknya. Kamu akan menemukan banyak pilihan perhiasan yang terbuat dari batu giok, mulai dari kalung dan anting-anting hingga patung Buddha. Giok dianggap sebagai lambang kemurnian dan keberuntungan oleh masyarakat setempat.  Carilah batu yang tembus cahaya dan warnanya tidak pudar.

  Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

SEVENTEEN Resmi Jadi Duta Besar UNESCO 2024, Siapkan Donasi US$1 Juta

BERIKUTNYA

Intip Fitur SmartFold AI, Teknologi Kecerdasan Buatan Terbaru dari Vivo

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: