SEVENTEEN ditunjuk sebagai duta besar UNESCO. (Sumber: X/UNESCO)

SEVENTEEN Resmi Jadi Duta Besar UNESCO 2024, Siapkan Donasi US$1 Juta

29 June 2024   |   07:20 WIB
Image
Alya Hafilah Salsabila Mahasiswa Universitas Padjadjaran

Boy group K-Pop besutan Pledis Entertainment, SEVENTEEN, resmi menjadi duta UNESCO sejak 27 Juni 2024. Alasan penunjukan grup musik tersebut dilakukan dengan tujuan untuk mewakili generasi muda yang menjadi kelompok prioritas UNESCO. 

“...UNESCO, sebagai organisasi PBB untuk Kebudayaan dan Pendidikan, sangat senang dapat bekerja sama dengan SEVENTEEN untuk memberikan generasi muda sarana mengekspresikan diri dan mengambil tindakan guna menghadapi tantangan besar abad ini,” tutur Audrey Azoulay, Direktur Jenderal UNESCO, dalam keterangan resmi di situs UNESCO.

Baca juga: Going Seventeen, Variety Show yang Wajib Ditonton!

Menurut penuturan SEVENTEEN dalam pidatonya di kantor pusat Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan PBB di Paris pada 27 Juni 2024, boy group yang debut pada 2015 ini akan menyumbangkan US$1 juta atau sekitar Rp16 miliar untuk proyek-proyek kreatif yang akan diadakan UNESCO. 

“Kami tahu bahwa impian kami tidak berdiri sendiri, dan sekarang, untuk memberikan kembali apa yang telah diterima, kami bertekad untuk menggunakan suara kami untuk menciptakan komunitas pemuda global yang menjadi lebih kuat melalui rasa saling mencintai dan mendukung,” ucap Joshua, member SEVENTEEN, dalam pidatonya untuk UNESCO.

Sebelumnya, grup ini pernah memberikan pidatonya pada bulan November 2023 dalam Forum Pemuda UNESCO ke-13 bersama duta besar lainnya, seperti Vinicius, Rossy de Palma, Forest Whitaker, dan Argentina Mauro Colagreco. 

Dilansir dari Daily Sabah, menurut Federasi International Industri Fonografi (IFPI), SEVENTEEN menempati urutan ke-2 setelah Taylor Swift dalam pendapatan global sepanjang 2023. Album Seventeen bertajuk FML berhasil menduduki puncak tangga lagu IFPI pada 2023 dan sukses mengumpulkan miliaran streaming online. 

Sebagai duta besar, SEVENTEEN akan turut serta dalam berbagai kampanye dan awareness campaign yang diadakan UNESCO, serta turut menyebarluaskan nilai-nilai yang diangkat UNESCO dalam penampilan mereka. 

Untuk menegakkan tugasnya di bidang pendidikan, ilmu pengetahuan, dan kebudayaan, UNESCO mendukung berbagai organisasi pemuda yang bergerak untuk mengatasi berbagai permasalahan yang terjadi. 

Melalui Forum Pemuda UNESCO, organisasi ini juga menciptakan jembatan komunikasi antara generasi muda dan para pemimpin dari 194 negara. UNESCO juga membuat dan menjalankan program yang melibatkan generasi muda, seperti World Heritage Volunteers Initiative yang dibentuk untuk anak muda dalam menjaga warisan dunia.

UNESCO juga turut membantu generasi muda yang terjebak dalam situasi krisis. Sebagai contoh, mereka telah melatih dan memberikan biaya kepada lebih dari 4.000 generasi muda selama 6 tahun terakhir untuk memperbaiki rumah-rumah tradisional di Yaman, serta memberikan dukungan penuh terhadap 200 seniman muda. 

Sementara itu, SEVENTEEN telah melaksanakan comeback-nya yang bertajuk Maestro. Serta comeback sub-unit dari dua membernya, Wonwoo dan Jeonghan, yang bertajuk This Man. Beberapa member juga disibukkan dengan jadwal pribadinya seperti pemotretan atau bintang tamu di variety show

Baca juga: Jeonghan & Wonwoo SEVENTEEN Cetak Rekor Penjualan Album Sub-Unit Berkat This Man

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Duet Penuh Makna Mawar de Jongh dan Jaz dalam Single Bukan Dengan Dia

BERIKUTNYA

7 Rekomendasi Pasar Tradisional Hong Kong: Belanja Batu Giok sampai Barang Antik

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: