Daftar boyband asal Korea Selatan yang memiliki fans dengan jumlah cukup besar di Indonesia (Sumber gambar : website resmi)

Daftar Fans K-Pop yang Galang Donasi Korban Kanjuruhan, Total Dana Hampir Rp1 Miliar

05 October 2022   |   13:30 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Like
Penggalangan dana untuk korban tragedi Kanjuruhan yang dilakukan fan boyband asal Korea Selatan tidak hanya dilakukan oleh ARMY saja loh, Genhype. Setidaknya, ada dua fandom lainnya yang melakukan langkah serupa, yakni fan NCTZen bersama Wayzenni dan Carat.

NCTZen dan Wayzenni merupakan fans dari boyband asuhan SM Entertainment, NCT dan sub unit-nya WayV. Dalam laman pengumpulan donasi yang dibuat di platform Kitabisa.com, fandom yang masih satu saudara ini membuat akun dengan nama NCTZEN WAYZENNI INDONESIA. 

Baca juga: BTS Army Project Kumpulkan Donasi Rp477 Juta untuk Korban Tragedi Kanjuruhan 
 

NCTZen & Wayzenni

Di dalam laman tersebut fan NCT dan WayV ini ingin membantu keluarga para korban meninggal dunia di pertandingan Arema versus Persebaya pada Sabtu (1/10/2022)lalu.  Disebutkan banyak keluarga yang kehilangan pasangan, buah hati, dan keluarga tercinta akibat tragedi ini.
 

Laman donasi fans NCT

Laman donasi fans NCT

Sebagai bentuk empati dan solidaritas, NCTZen dan Wayzenni  mengajak para anggota maupun masyarakatnya untuk ikut berdonasi membantu keluarga korban. Tentu bantuan ini menurut mereka tidak akan bisa menggantikan yang telah tiada.

“Bantuan ini setidaknya jadi bentuk welas asih dan bantuan untuk sedikit membantu meringankan musibah yang dijalani oleh keluarga korban,” tulis NCTZEN WAYZENNI INDONESIA dalam laman donasi. 

Hingga berita ini ditulis, sudah ada 12.021 orang yang ikut berdonasi dan Rp281,9 juta dana yang terkumpul. Pengumpulan dana donasi ini tersisa 2 hari lagi.


Carat

Langkah serupa dilakukan fans SEVENTEEN, Carat. Adapun boyband ini baru saja menggelar konser bertajuk Be The Sun, di Jakarta. Dengan tujuan yang tidak jauh beda seperti yang dituliskan fans NCT, CARATS INDONESIA berhadap dana tersebut bisa membantu meringankan keluarga korban meninggal dunia dalam tragedi Kanjuruhan. 
 

Laman donasi Carat di Kitabisa

Laman donasi Carat di Kitabisa

Bantuan yang terkumpul dalam galang dana ini nantinya akan diberikan untuk santunan pihak keluarga korban melalui yayasan atau komunitas lokal. “Sampai saat ini, kami terus berkoordinasi untuk upaya penyaluran bantuan,” tulis Carat dalam laman Kitabisa.com.

Sejauh ini, sudah ada 2.839 orang yang berdonasi dalam akun CARATS INDONESIA. Sebanyak Rp78,8 juta uang terkumpul, sementara pengumpulan dana tersisa 5 hari. 


ARMY 

Di sisi lain, masa penggalangan dana yang dilakukan ARMY Indonesia untuk korban tragedi Kanjuruhan telah berakhir. Tercatat 15.810 orang yang notabene fans BTS ini menjadi donatur dan mampu mengumpulkan Rp447,5 juta. 
 

Laman donasi ARMY Indonesia

Laman donasi ARMY Indonesia

Seperti diketahui, laga Arema yang menjamu Persebaya di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Sabtu (1/10/2022) malam, menjadi tragedi kelam dalam sejarah sepakbola Indonesia. Sebanyak 125 orang meninggal dunia akibat berdesakan di pintu keluar stadion yang dipenuhi kumpulan asap gas air mata yang ditembakkan pihak kepolisian dari tengah lapangan. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Profil Loretta Lynn, Legenda Musik Country Amerika & Karya-Karya Terbaiknya

BERIKUTNYA

Hypereport: Bongkar, Rakit, Balap Tamiya, Lalu Untung

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: