Value of Indonesia (VOI) Fashion Day 2024 (Sumber Foto: VOI 2024)

VOI Fashion Day 2024 Tampilkan Busana Elegan dan Megah Era Ratu Victoria I

28 June 2024   |   08:30 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Value of Indonesia (VOI) Fashion Day 2024 kembali dihelat dengan mengusung tema Victorian Splendor. Pada gelarannya yang ke enam kali ini menampilkan kegiatan fashion designer competition, top model competition, dan designer fashion show.

Agenda fesyen ini rutin diadakan setiap tahunnya, sampai saat ini telah digelar sebanyak 5 kali. Namun sejak pandemi melanda, acaranya terpaksa terhenti dan baru kembali dilaksanakan 5 tahun setelahnya yakni pada 2024.

Baca juga: Inspirasi Festival Musim Panas dalam Koleksi Diane von Furstenberg Berkonsep Keberlanjutan

VOI Fashion Day 2024 akan dimulai dengan sesi pra-acara yakni Media Viewing pada 22 Juni 2023 di UB TV Studio khusus untuk awak media dan Main Event pada 7 Juli 2024 di Auditorium Lt. 7 Malang Creative Center yang terbuka untuk umum. 

Tema Victorian Splendor yang diusung mengacu pada era kekuasaan Ratu Victoria I di Kerajaan Inggris pada 1840 - 1912. Melalui tema tersebut akan diperlihatkan perkembangan model baju, serta gaya berbusana pria dan wanita. Tentunya tanpa menghilangkan signature atau ciri khas dari zaman tersebut. 
 

Busana bertemakan Victorian Splendor (Sumber Foto: VOI Fashion Day 2024)

Busana bertemakan Victorian Splendor (Sumber Foto: VOI Fashion Day 2024)


Pengaruh gaya era Victoria yang vintage pun masih bisa dilihat pada masa kini melalui bangunan-bangunan kuno yang masih terawat dengan baik. Oleh karenanya, pihak penyelenggara memilih tema ini, sekaligus untuk menjaga dan memperkenalkan warisan dari sejarah fesyen dunia kepada khalayak luas.

Andy Sugix selaku Founder & Project Director Value of Indonesia Fashion Day 2024 mengungkap tantangan terbesar dalam menyelenggarakan ajang fesyen tersebut. Utamanya tentu kesiapan secara mental, dimana mereka dituntut untuk mengikuti perkembangan zaman, teknologi dan kemajuan di bidang fesyen itu sendiri.

"Pastinya kita dari pihak panitia dengan dibantu team AS Model Agency akan melakukan yang terbaik untuk event ini. Kami juga terbantu dengan beberapa orang baru yang mendukung acara ini supaya berjalan dengan baik dan lancar,” ujar Andy Sugix, dikutip dari siaran pers, Kamis (27/6/2024).

Adapun pada sesi Media Viewing, rekan-rekan media diajak berkumpul serta menyaksikan perkembangan dunia fesyen di Kota Malang dengan melihat hasil karya para desainer yang akan mengikuti VOI Fashion Day 2024. Lebih dari 15 busana dari sejumlah desainer asal Malang Raya dan sekitarnya diperagakan oleh para model dari AS Model Agency.
 

Andy Sugix (Sumber Foto: VOI Fashion Day 2024)

Andy Sugix (Sumber Foto: VOI Fashion Day 2024)


Salah satunya ialah koleksi Andy Sugix yang menggandeng Hefi Rosyid selaku designer batik tulis dari Probolinggo, Value of Andy Sugix, Metamorph by Zack, SMKN 3 Blitar, SMKN 7 Malang, Valife by Vano, D2K, APBBA Kabupaten Probolinggo, NANTI by Kinan, Ridwan Syaifulloh dan masih banyak lagi. 

Inspirasi yang beragam disertai teknik jahit modern yang masih berada dalam naungan tema besar Victorian Splendor terwujud dalam busana yang meriah nan elegan, dipertunjukkan sesi pra-acara tersebut. 

“Harapan kami pastinya VOI ini akan menjadi pionir suatu event fashion di mana kita bergandengan tangan dengan semua kalangan, baik media, pencinta fashion dan industri fashion untuk memajukan industri ini semakin maju dan berkembang. From local goes to global,” tutup Andy Sugix.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Mengubah-ubah Warna Rambut, Antara Kepercayaan Diri dan Risiko Kesehatan

BERIKUTNYA

Jakarta Movin Siapkan Teater Musikal Interaksi, Adaptasi Lagu-lagu Hit Tulus

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: