(Cara membuat tim kerja yang solid. (Sumber foto: Pexels/fauxels)

Tim Kerja Kalian Enggak Solid? Coba deh Terapkan 5 Cara Ini

27 June 2024   |   21:29 WIB
Image
Wildan Adil Hilba Mahasiswa Universitas Budi Luhur Jakarta

Mewujudkan lingkungan kerja yang sehat adalah impian setiap individu. Langkah awal untuk mencapainya bisa dimulai dari diri sendiri, seperti datang tepat waktu, menyelesaikan pekerjaan dengan tuntas, dan mematuhi peraturan kantor. Lingkungan kerja yang sehat juga tidak lepas dari peran perusahaan dalam menerapkan kebijakan dan membangun budaya kerja positif, yang pada gilirannya menciptakan atmosfer yang kondusif.

Selain itu, tim kerja merupakan kekuatan pendorong utama dalam sebuah organisasi, dan efektivitasnya sangat bergantung pada manajemen tim yang baik. Kepercayaan, rasa memiliki, komunikasi yang jelas dan efektif, tujuan yang selaras, serta hubungan sosial yang kuat adalah faktor-faktor penting yang membantu organisasi membangun kerja sama tim yang solid.

Baca juga: 6 Cara Mengatasi Rasa Bosan dan Monoton di Tempat Kerja

Menciptakan tim kerja yang efektif membawa banyak manfaat bagi organisasi. Tim yang solid membuat pekerjaan yang paling menantang menjadi lebih mudah. Untuk membangun tim kerja yang kokoh, diperlukan beberapa langkah dasar yang sebenarnya merupakan bagian dari etika kerja. Dihimpun dari Linkedin, berikut tahapannya:


1. Membangun komunikasi yang terbuka dan jelas

Komunikasi terbuka memungkinkan tim lebih terlibat dan memahami pentingnya pekerjaan mereka bagi organisasi. Kita harus berkomunikasi secara terbuka dan jelas mengenai tujuan dan sasaran organisasi. Berkomunikasi secara rutin dengan tim tentang tujuan, strategi, dan konflik akan menciptakan akuntabilitas bagi karyawan.


2. Pengakuan

Pengakuan adalah salah satu trik penting untuk membantu anggota tim mengatasi rasa ketidakpastian. Hal ini membuat karyawan merasa dihargai oleh perusahaan atas kontribusi mereka terhadap keberhasilan tim dan perusahaan secara keseluruhan.


3. Apresiasi dan penghargaan

Salah satu cara terbaik untuk memotivasi tim untuk bekerja sama adalah dengan memberikan apresiasi dan penghargaan. Ungkapan sederhana seperti "kerja bagus" atau "terima kasih" serta memberikan hadiah dapat membantu. Ketika tim merasa diapresiasi dan dihargai, produktivitas mereka akan meningkat dan mereka akan lebih bersemangat mencapai setiap tujuan dan sasaran.


4. Tetapkan target dan tujuan

Menetapkan target dan tujuan adalah kunci utama dalam membangun soliditas tim kerja. Ketika target dan tujuan tersebut tercapai dengan sukses, semua tugas akan terasa lebih mudah dilakukan. Dengan memiliki pedoman yang jelas tentang apa yang diharapkan oleh perusahaan untuk dicapai oleh tim, anggota tim dapat bekerja bersama sebagai satu kesatuan yang terarah menuju tujuan bersama.


5. Adakan aktivitas di luar kantor

Dengan mengadakan aktivitas di luar kantor akan membuat karyawan akan membuat tim kerja lebih dekat dengan anggota tim lainnya. Kegiatan di luar kantor bisa seperti makan siang, family gathering, berolahraga usai berkerja.

Dengan menerapkan langkah-langkah tersebut, organisasi dapat membentuk tim kerja yang solid dan efektif, yang pada akhirnya akan meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan di tempat kerja.

Baca juga: Sering Dianggap Sepele, Kenali 7 Penyebab Migrain di Tempat Kerja 

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

5 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Saat Defisit Kalori

BERIKUTNYA

Street Food dari Berbagai Negara, Wajib Dicoba Saat Berwisata

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: