Ilustrasi berkerja di kantor (Sumber foto: Pexels/Filip Rankovic Grobgaard)

6 Cara Mengatasi Rasa Bosan dan Monoton di Tempat Kerja

24 June 2024   |   21:55 WIB
Image
Wildan Adil Hilba Mahasiswa Universitas Budi Luhur Jakarta

Kegiatan bekerja di kantor telah menjadi rutinitas harian bagi banyak pekerja. Setiap pagi, mereka terbiasa berangkat menuju tempat kerja, menghadapi kemacetan, asap, dan polusi sebagai tantangan dalam aktivitasnya. Di samping itu, tugas yang bersifat monoton di kantor menambah daftar tantangan yang harus dihadapi setiap hari.

Merasa bosan dengan pekerjaan dan suasana di kantor adalah hal yang wajar. Rasa suntuk, kelelahan, dan terkurasnya energi sudah menjadi bagian dari keseharian. Meski begitu, kita tidak bisa terus-menerus terjebak dalam kebosanan. Menghadapi tantangan dalam pekerjaan merupakan salah satu cara untuk berkembang dan meningkatkan jenjang karier. 

Oleh karena itu, penting untuk menemukan cara mengatasi kebosanan dari rutinitas yang itu-itu saja demi menjaga semangat dan produktivitas. Dilansir dari Linkedin, berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa bosan dan monoton di tempat kerja. 

Baca juga: Sering Dianggap Sepele, Kenali 7 Penyebab Migrain di Tempat Kerja 
 

1. Pelajari hal baru

Mengembangkan keterampilan (skill) baru atau mempelajari sesuatu yang baru terkait dengan bidang kerja yang sedang ditekuni bisa membuat pekerjaan terasa lebih menarik dan menantang. 
 

2. Interaksi dengan kolega 

Kadang-kadang, rasa bosan bisa muncul karena kurangnya kesempatan untuk berinteraksi dengan orang lain. Dalam situasi seperti ini, kalian bisa meluangkan waktu untuk berbicara dengan rekan kerja di dekat kalian, asalkan tidak mengganggu pekerjaan masing-masing. 
 

3. Pindah spot kerja 

Jika kebijakan kantor mengizinkan bekerja di luar ruangan, kalian bisa mencoba menyelesaikan tugas di kafe atau area terbuka lainnya. Mengubah suasana kerja bisa memberikan energi baru dan meningkatkan produktivitas. Pilihlah tempat yang nyaman dan mendukung kebutuhan kerja, seperti akses Wi-Fi yang baik dan suasana yang tenang. 
 

4. Mencari tantangan baru 

Mencari tantangan baru di dunia kerja bisa menjadi solusi bagi kalian yang merasa jenuh dengan rutinitas di kantor. Salah satu cara untuk mengatasi kebosanan adalah dengan meluangkan waktu untuk mempelajari pekerjaan dari tim di divisi lain.

Ini tidak hanya memberikan kalian perspektif baru, tetapi juga kesempatan untuk mengembangkan keterampilan yang berbeda dan memperluas jaringan profesional.  
 

5. Aktivitas seru usai bekerja 

Genhype bisa mengajak rekan kantor untuk berolahraga seperti futsal atau badminton setelah pulang kerja. Aktivitas fisik bersama tidak hanya membantu menjaga kesehatan tubuh, tetapi juga mempererat hubungan dengan rekan kerja. 
 

6. Variasi tugas 

Ada banyak cara untuk memvariasikan tugas di kantor. Cobalah untuk meminta lebih banyak tanggung jawab atau proyek baru yang menantang. Ini tidak hanya akan meningkatkan keterampilan kalian tetapi juga membuat rutinitas kerja lebih menarik.

Dengan menerapkan cara-cara ini , harapannya Genhype akan dapat mengatasi rasa bosan dan monoton di tempat kerja, serta menjaga semangat dan produktivitas tetap tinggi dalam menjalani pekerjaan setiap harinya. Selamat mencoba! 

Baca juga: Ini Lo Daftar Potongan Penghasilan Pekerja Selain Tapera

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Protes Olimpiade Paris 2024, Warga Paris Ancam BAB di Sungai Seine

BERIKUTNYA

Mengenal Festival Midsommar, Banyak Jadi Inspirasi Lagu sampai Film

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: