Ilustrasi berkarier (Sumber gambar: Jason Goodman/Unsplash)

Cek 3 Alasan Membangun Skill Project Management Demi Peningkatan Karier

28 June 2024   |   05:30 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Dalam dunia kerja, mengasah keterampilan merupakan hal krusial untuk bersaing di pasar kerja. Apalagi, market yang kompetitif di dunia kerja berkembang dinamis seiring dengan perkembangan teknologi dan internet yang kian pesat.

Hal ini makin meningkatkan kompleksitas kebutuhan pekerjaan yang digandrungi pasar yang tak kalah kompetitif.  Salah satu keterampilan yang tak boleh luput diasah adalah skill project management (manajemen proyek).

Baca juga: 85% Pekerja Profesional di Indonesia Manfaatkan Tren Loud Learning untuk Tingkatkan Skill

Melansir Project Management Institute, project management adalah penerapan pengetahuan, keterampilan, alat, dan teknik pada aktivitas proyek untuk memenuhi persyaratan proyek.

Secara umum, project management terkait dengan praktik perencanaan, pengorganisasian, dan pelaksanaan tugas yang diperlukan untuk mengubah ide menjadi produk atau layanan. 

Project management perlu diasah karena berdampak baik pada peluang pembangunan karakter yang lebih kuat dalam berkarier. Pekerja juga bisa lebih unggul dalam lingkungan kerja dengan mengasah kemampuan project management. Lantas, apa saja pentingnya mengasah keterampilan project management di lingkungan kerja?
 

1. Menajamkan Skill Berorganisasi

Semua pekerjaan memerlukan manajemen yang tepat agar lebih terorganisir. Memecah pekerjaan menjadi serangkaian project dapat dilakukan untuk membuat kerja lebih efektif. Dengan memecah tugas dan memilih skala prioritas, seseorang mampu mengatur tugas dan menentukan waktu penyelesainnya secara lebih tepat.

Keterampilan tersebut dapat dikuasai apabila skill project management berjalan dengan baik. Hal ini juga terkait dengan keterampilan beroganisasi yang tidak hanya menghubungkan antar pekerja, tetapi juga berdampak pada keseimbangan beban kerja dan memenuhi tengat waktu dalam bekerja.
 

2. Kepemimpinan yang Terasah

Secara umum, mempelajari project management akan terhubung dengan jiwa kepemimpinan. Pekerjaan yang membutuhkan kerja sama tim memerlukan kemampuan delegasi tugas yang jelas. Untuk hasil kerja yang baik, kemampuan memimpin tim diperlukan dalam memastikan semua orang bekerja untuk mencapai tujuan bersama.

Tiap-tiap keterampilan dan keahlian memiliki peran penitng dalam memacu lingkungan era yang kolaboratif. Bagi para profesional, kemampuan ini menjadi krusial untuk mengantisipasi risiko sekaligus merancang strategi dalam mengatasi masalah langsung di lapangan. Kepemimpinan yang diasah melalui project management juga bisa memperkuat adaptasi terhadap perubahan lingkungan kerja yang dinamis.
 

3. Komunikasi yang Efektif

Dalam project management, penting bagi pekerja untuk memiliki kemampuan berkomunikasi dengan jelas. Kejelasan komunikasi akan memberi nilai pada berjalannya obrolan yang efektif. Komunikasi yang jelas dan efektif akan melahirkan kesepakatan satu suara dengan para pemangku kepentingan terkait.

Keahlian komunikasi yang kuat secara universal bermanfaat dalam interaksi profesional. Penguasaan skill project management membuat pekerja lebih siap untuk meningkatkan kemampuan kerja. Peran pekerjaan yang kian kompleks juga lebih bisa dinavigasi lebih baik sehingga mampu mendorong hasil yang optimal. Komunikasi yang baik juga memberi kontribusi secara signifikan terhadap organisasi.


(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Grup Band Jazz asal Jakarta, Sisitipsi Merilis Single Terbaru Berjudul 'Rasa'

BERIKUTNYA

Disney Cruise Line Siap Berlayar di Singapura 2025, Cek Fasilitas & Keunikannya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: