Ilustrasi cuaca dingin (Sumber foto: Pexels/Onur Yumlu)

5 Wilayah di Indonesia dengan Suhu Paling Dingin

26 June 2024   |   10:30 WIB
Image
Amanda Syavira Mahasiswi Universitas Negeri Jakarta

Indonesia sebagai negara beriklim tropis umumnya dikenal dengan cuaca yang hangat sepanjang tahun, berbeda dengan negara-negara yang memiliki empat musim. Menurut data dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), suhu udara rata-rata di Indonesia berada di angka 27,2 derajat Celcius pada 2023. 

Angka tersebut naik dari beberapa tahun terakhir. BMKG mencatat selama periode 1991-2020, rerata suhu di dalam negeri adalah 26,7 derajat. Meskipun demikian, ada kejadian menarik belakangan ini di Indonesia, terutama di Dieng, sebuah kawasan dataran tinggi di Jawa Tengah.

Belum lama ini, suhu di Dieng turun hingga mencapai minus 0.57 derajat Celsius. Fenomena ini cukup langka mengingat Indonesia umumnya tidak mengalami suhu di bawah titik beku. Dinginnya suhu di Dieng bahkan menyebabkan embun es terbentuk di sekitar Candi Arjuna dan Dharamsala, sesuatu yang jarang terjadi di negara tropis. 

Baca juga: Fenomena "Musim Maba" di Malang, Suhu Udara Menjadi Lebih Dingin, Ini Sebabnya

Dilansir melalui laman Head Topic Indonesia, fenomena ini diperkirakan akan berlangsung hingga September 2024 karena pengaruh sinar matahari dan minimnya hambatan dari awan di musim tersebut. Penurunan suhu yang signifikan ini juga disebabkan oleh kondisi alami khusus di kawasan Dieng yang berada di dataran tinggi dan memiliki karakteristik geografis tertentu.

Meskipun Indonesia hanya memiliki dua musim, yaitu musim kemarau dan musim hujan, keberadaan daerah seperti Dieng menunjukkan bahwa sebagian wilayah Indonesia dapat mengalami suhu yang sangat rendah. Sebagai informasi, berikut adalah 5 kawasan di Indonesia yang memiliki suhu paling dingin. 
 

1. Mulia, Papua 

Mulia, Papua, merupakan salah satu distrik permukiman penduduk tertinggi di Indonesia dengan ketinggian mencapai 2.448 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Ketinggian ini membuat Mulia memiliki karakteristik iklim yang berbeda dari sebagian besar wilayah di Indonesia. Pada malam hari, suhu udara di Mulia bisa mencapai hingga sekitar 9 derajat Celsius. Bahkan, kondisi ini bisa menyebabkan udara di kota ini mencapai titik beku. 
 

2. Waghete, Papua 

Waghete, yang terletak di Kabupaten Deiyai, Papua, juga merupakan salah satu daerah terdingin di Indonesia. Meskipun letaknya di wilayah tropis, kondisi geografisnya yang berada di dataran tinggi mempengaruhi suhu udara menjadi jauh lebih rendah dibandingkan dengan rata-rata daerah lain di Indonesia.

Pada siang hari, suhu udara di Waghete bisa mencapai sekitar 15 derajat Celsius, sementara pada malam hari suhunya turun drastis menjadi sekitar 10 derajat Celsius. 
 

3. Mamasa, Sulawesi Barat

Selain Mulia dan Waghete di Papua, Mamasa yang terletak di Sulawesi Barat juga merupakan salah satu wilayah terdingin di Indonesia. Pada malam hari, suhu udara di Mamasa dapat turun hingga mencapai angka yang cukup rendah, yakni 12 derajat Celcius meskipun tidak serendah di daerah dataran tinggi Papua. 
 

4. Ruteng, Nusa Tenggara Timur

Ruteng, yang terletak di Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur, merupakan salah satu daerah dengan ketinggian sekitar 1.200 meter di atas permukaan laut. Ketinggian tersebut mempengaruhi iklim di daerah ini dan menjadikan suhu udara di Ruteng bisa mencapai sekitar 15 derajat Celsius, terutama pada malam hari atau pagi hari yang lebih sejuk. 
 

5. Berastagi, Sumatra Utara

Berastagi yang terletak di Sumatra Utara adalah sebuah kota yang terletak di ketinggian sekitar 1.300 meter di atas permukaan laut. Pada umumnya, suhu udara di Berastagi bisa mencapai sekitar 16 hingga 17 derajat Celsius.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Tak Cuma Kompetisi & Apresiasi, Festival Film Jadi Wadah Membuka Peluang Kolaborasi

BERIKUTNYA

Intip Sky Suite Hangang Bridge, Penginapan Unik di Atas Sungai Han Korea Selatan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: