Cristiano Ronaldo kembali mencetak rekor dunia. (sumber gambar : Instagram/Christiano Ronaldo)

Selain Cristiano Ronaldo, Ini 4 Pemain Pencetak Rekor Pertandingan Terbanyak

21 June 2023   |   14:00 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Cristiano Ronaldo kembali mencetak rekor dunia. Nama bintang asal Portugal itu masuk ke dalam buku Guinness World Record sebagai pemain sepak bola dengan pertandingan terbanyak, selama hampir 20 tahun berlaga di rumput hijau.

Pria yang dikenal dengan julukan CR7 itu tercatat telah tampil di 200 pertandingan internasional. Angka genap tersebut didapatkannya pada 20 Juni 2023, ketika dia bermain dalam pertandingan kualifikasi UEFA Euro 2024 antara Portugal melawan Islandia.

Baca juga: Tanpa Ronaldo, FIFA Rilis Nominasi The Best Football Awards 2022

Dia lantas mendapat piagam Guinness World Record sebelum laga Portugal vs Islandia dimulai. Dalam pertandingan tersebut, dia juga mencetak gol tunggal di menit-menit terakhir dan menghantarkan negaranya sebagai pemenang serta menempati puncak klasemen grup J Piala Eropa.

Selain menyabet rekor dengan pertandingan terbanyak, CR7 juga memegang rekor pencetak gol terbanyak. Hingga pertandingan kemarin, dia telah 123 menjebol gawang lawan dalam 200 pertandingan sepak bola internasional. 

Sejak debut sebagai tim nasional Portugal pada 2003, Ronaldo turut mencetak 10 hat-trick. Jumlah ini juga paling banyak di sepak bola internasional.

Kendati demikian, rekor Ronaldo ini dikalahkan oleh sejumlah pemain sepak bola wanita loh, Genhype. Faktanya, ada 26 wanita yang telah melewati tonggak sejarah tersebut dan empat diantaranya telah memainkan lebih dari 300 pertandingan untuk negara mereka.

Rekor keseluruhan untuk penampilan internasional terbanyak dalam sepak bola dipegang oleh Kristine Lilly dari tim sepak bola wanita Amerika Serikat. Dia mewakili negaranya dalam 354 pertandingan antara 1987 hingga 2010.

Kristine Lilly adalah pemenang Piala Dunia dan telah mengantongi dua medali emas di Olimpiade. Dia pensiun pada 2010.

Selain Christianto Ronaldo, berikut para pemain sepakbola pria yang mencetak rekor pertandingan terbanyak.


1. Bader Al-Mutawa


Bader Al-Mutawa, pemain sepakbola dari Kuwait ini memecahkan rekor penampilan internasional terbanyak kedua dalam sepak bola. Sebelum diambil alih Ronaldo, dia telah mengikuti 196 pertandingan.

Pesepakbola dengan nomor punggung 17 ini merupakan seorang anggota militer Kuwait berpangkat Kolonel. Al-Mutawa sejatinya bisa lebih banyak mencetak gol seandainya Kuwait tidak diskors dari sepak bola internasional dua kali yakni pada 2007 dan 2015 karena masalah administrasi.


2. Soh Chin Ann

Pesepakbola asal Malaysia ini memegang rekor terlama dalam kategori pertandingan terbanyak internasional ini. Soh Chin Ann bertahan selama 37 tahun delapan bulan dengan rekor total 195 pertandingan.

Dia memainkan pertandingan terakhir untuk negaranya pada Oktober 1984. Mengutip Olympics, beberapa statistik menunjukkan bahwa Soh Chin Ann yang merupakan seorang bek, memainkan 219 pertandingan untuk negaranya, tetapi hanya 195 pertandingan internasional yang diakui FIFA. Pertandingan pertamanya yakni selama Piala Raja 1969 di Thailand.


3. Ahmad Hasan

Dikenal sebagai Kuoka, pemain asal Mesir ini mencetak 184 kali pertandingan sepakbola internasional. Dia debut untuk timnas senior Mesir pada Agustus 2013.

Pada 2017, Kouka masuk dalam skuad Mesir untuk Piala Afrika 2017. Namun, setelah tampil dalam kemenangan negaranya atas Maroko di perempat final, dia absen dari sisa turnamen karena cedera panggul saat Mesir finis sebagai runner-up. 


4. Ahmad Mubarok

Dikenal juga sebagai Ahmed Kano, dia merupakan pemain sepak bola profesional asal Oman. Dia terpilih untuk tim nasional untuk pertama kalinya pada 2003, bersama dengan Ahmed Hadid , Badar Al-Maimani dan Ali Al-Habsi.

Selama karirnya, Kano mencetak 183 kali pertandingan internasional. Termasuk Piala Dunia FIFA 2006, 2010, dan 2014.

Baca juga: Mengenal Istilah GOAT dalam Sepak Bola, Perdebatan Julukan Bagi Messi dan Ronaldo

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

4 Alasan Pasien Kanker dari Indonesia Berobat ke Malaysia

BERIKUTNYA

Melawat ke Tokyo, Lab Teater Ciputat Kolabs dengan Grup Teater asal Jepang Theatre Company shelf

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: