Aktor Bernard Hill dalam film Lord of the Rings. (Sumber gambar: IMDb)

Aktor Bernard Hill Sang Raja Theoden di Lord of the Rings Meninggal Dunia

06 May 2024   |   08:41 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Kabar duka kembali menyelimuti dunia hiburan internasional. Aktor senior asal Inggris Bernard Hill meninggal dunia pada hari Minggu, (5/5/2024). Kabar tersebut disampaikan oleh sebuah agensi di Inggris, Lou Coulson Associates, sebagai perwakilan keluarga Bernard Hill. Sang aktor berpulang pada usia 79 tahun.

Kabar kematian Bernard Hill pun telah dikonfirmasi oleh media Variety kepada agensi sang aktor. Hill berpulang beberapa jam sebelum drama terbarunya, The Responder, yang diperankannya bersama aktor Martin Freeman, tayang di BBC One pada Minggu malam. 

Baca juga: Profil Eleanor Coppola, Sutradara Film Dokumenter Berbakat Meninggal Dunia Usia 87 Tahun

Lindsay Salt selaku Direktur Drama BBC mengenang sepak terjang Bernard Hill. Dia mengatakan Hill adalah aktor yang merintis kariernya di layar kaca hingga bertahan lama, berkat peran-peran ikonik yang menjadi bukti bahwa sang aktor memiliki bakat dalam dunia seni peran yang luar biasa.

"Dari Boys from the Blackstuff, Wolf Hall, hingga The Responder, dan banyak lagi, kami merasa sangat terhormat telah bekerja dengan Bernard di BBC. Pikiran kami tertuju pada orang-orang yang dicintainya pada saat yang menyedihkan ini," katanya dilansir dari Daily Mail.
 


Aktor AS Elijah Wood juga mengungkapkan rasa kehilangannya atas kematian Hill. Melalui unggahan di akun X pribadinya, Wood menuliskan Hill adalah sosok yang berhati lembut, serta aktor yang hebat memerankan karakter-karakternya.

"Sampai jumpa teman kami, raja kami, Bernard Hill. Kami tidak akan pernah melupakanmu," tulis Wood lewat akun @elijahwood.

Barbara Dickson, penyanyi sekaligus aktris asal Inggris, juga ikut berduka. Lewat akun X pribadi, Dickson mengunggah foto kebersamaannya dengan Bernard Hill, sekaligus mengenang kerja samanya dengan sang aktor dalam pertunjukan John Paul George Ringo and Bert yang disutradarai oleh Willy Russell tahun 1974-1975. 

"Dengan sangat sedih saya menerima kematian Bernard Hill. Aktor yang sungguh luar biasa. Suatu kehormatan bisa bertemu dengannya. RIP Benny," tulisnya lewat akun @BarbaraDickson.
 
 

Profil Bernard Hill

Bernard Hill lahir pada 17 Desember 1944 di Blackley, Manchester, Inggris. Sepanjang karier aktingnya yang berlangsung selama lebih dari lima dekade, dia telah membintangi banyak judul film terkenal di antaranya Mr. Toad’s Wild Ride (1996), A Midsummer Night’s Dream (1999), True Crime (1999), The Scorpion King (2002), Valkyrie (2008) dan ParaNorman (2012).

Hill pertama kali menjadi terkenal sebagai Yosser Hughes dalam miniseri Alan Bleasdale tahun 1982 berjudul Boys From the Blackstuff. Karakternya dikenal dengan slogannya "pekerjaan gizza". Namun, perannya yang paling terkenal ialah sebagai Raja Theoden dalam film trilogi Lord of the Rings, dan Kapten Edward Smith dalam film Titanic. 

Pada tahun yang sama, dia memerankan Sersan Putnam dalam film Gandhi yang disutradarai Richard Attenborough. Selain itu, Hill juga muncul di beberapa serial televisi Inggris antara tahun 1970-an dan 1980-an, termasuk “I, Claudius,” “Crown Court,” “Rooms,” “Fox” dan “Jackanory.”

Pada 1997, Hill berperan sebagai Kapten Smith dalam film ikonik Titanic karya James Cameron, yang memenangkan 11 Oscar. Dia kemudian bergabung dengan waralaba Lord of the Rings karya Peter Jackson sebagai Raja Theoden, muncul di The Two Towers tahun 2002 dan The Return of the King pada 2003, yang juga meraih 11 Oscar. Hal ini membuatnya sebagai aktor yang muncul di dua dari tiga film dengan Piala Oscar terbanyak sepanjang masa hingga saat ini. 

Baca juga: Eric Carmen, Penyanyi Lagu All by Myself Meninggal Dunia

Lalu pada 2015, Hill memerankan Duke of Norfolk, paman Anne Boleyn, di miniseri BBC Wolf Hall, yang memenangkan BAFTA untuk serial drama terbaik. Drama terakhir yang diperankannya yakni The Responder yang tayang di BBC One. Dalam serial itu, dia beradu akting dengan aktor Martin Freeman.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Sinopsis & Daftar Pemain Drakor The Atypical Family, Comeback Jang Ki-yong Setelah Wamil

BERIKUTNYA

Alasan Timnas Indonesia vs Guinea U-23 Digelar Tertutup Tapi Ada Link Streaming

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: