Ilustrasi Passport. (Sumber gambar: pexels/Oleksandr P)

5 Paspor dengan Desain Terkeren di Dunia, Perpaduan Seni & Budaya

21 June 2024   |   16:00 WIB
Image
Yohanis Paiman Londong Mahasiswa Universitas Budi Luhur

Paspor menjadi sebuah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh suatu negara. Jika kalian bepergian ke suatu negara tertentu. Setiap paspor di negara memiliki ciri dan karya desain grafisnya masing-masing, yang menjadi identik dengan negaranya.

Bukan hanya sekedar dokumen kecil, yang di mana setiap kali kalian mengunjungi suatu negara kalian mendapatkan cap stemple. Akan tetapi ada beberapa paspor di dunia yang memiliki desain yang keren, yang dimana menampilkan suatu warisan budaya negaranya.

Baca juga: Kabar Gembira, WNI di Luar Negeri Sekarang Bisa Urus E-Paspor Tanpa Pulang Kampung

Ini merupakan beberapa negara yang punya desain paspor terkeren didunia:


1. Inggris Raya

 

Passport United Kingdom/Inggris (Sumber foto: Instagram/jbramagram)

Passport United Kingdom/Inggris (Sumber foto: Instagram/jbramagram)

Pada  2021 negara inggris memberikan sebuah akses bebas visa kepada warga negaranya ke sejumlah 187 negara pada tahun itu, negara ini mempunyai salah satu paspor terkuat di dunia. Pada desain bagian depan paspor, inggris memberikan hal-hal terkenal di negaranya seperti, London Eye, Gedung Parlemen, Shakespeare’s Globe, dan London Underground. Melansir The Sun, Inggris dengan resmi mengundurkan diri dari Uni Eropa dan peristiwa ini disebut sebagai Brexit, yang dimana menjadi dampak perubahan warna pada paspor Inggris.


2. Indonesia

 

Passport Indonesia (Sumber foto: Instagram/shelorina)

Passport Indonesia (Sumber foto: Instagram/shelorina)

Jika di setiap negara lain mempunyai gambar seperti gedung atau objek wisata di paspor mereka. Indonesia menampilkan hal berbeda, dengan menampilkan di setiap halaman paspor memiliki keragaman budaya, alam, dan serta satwa khas  dari Indonesia.

Paspor negara Republik Indonesia memiliki warna sampul hijau, dengan lambang garuda telah menjadi ciri khas negara kita. Akan tetapi nantinya pada 17 Agustus 2024, akan mengalami pergantian warna pada paspor Indonesia. Paspor baru milik Indonesia akan menggunakan tinta UV dan tinta intaglio, kertas, pita pengamanan, tanda air, dan sebuah teknologi hologram. Nantinya juga akan ditambahkan juga sebuah chip elektronik yang memuat data biometrik.


3. Belgia


Mungkin paspor negara Belgia pantas dinobatkan sebagai desain yang terkeren, pasalnya desain dari paspor tersebut juga termasuk kreatif di dunia. Jika suatu negara menonjolkan suatu ikon landmark atau budaya, justru Belgia menampilkan ilustrasi sebuah karakter dari komik terkenal di Belgia. Pada 2022 Belgia mengganti desain paspor lama mereka dan membuat hal yang kreatif, dengan mendesain karakter komik seperti, Tintin dan Smurf.


4. Swedia

 

Passport Swedia (Sumber foto: Facebook/Honorary Consulate of Sweden - Fort Lauderdale)

Passport Swedia (Sumber foto: Facebook/Honorary Consulate of Sweden - Fort Lauderdale)

Mengutip dari Mental Floss paspor negara Swedia menampilkan karya ilustrasi dari landmark dan lingkungan yang ikonik dari negaranya, yang diambil dari pandangan mata burung, dan gambar yang tersembunyi di bawah sinar UV. Paspor Swedia menjadi salah satu paspor yang diinginkan di dunia, pasalnya paspor Swedia masuk dalam golongan yang kuat dikarenakan bebas visa ke 186 negara.


5. Japan

 

Passport Japan (Sumber foto: Instagram/renatoyu21)

Passport Japan (Sumber foto: Instagram/renatoyu21)

Jepang mengeluarkan paspor baru pada 2020, dengan menampilkan karya seniman asal Jepang yaitu ukiyo-e Katsushika Hokusai dari zaman Edo. Memiliki di setiap halamanya 24 desain dari seri “Tiga Puluh Enam Pemandangan Gunung Fuji”, itu membuat paspor Jepang termasuk paspor terkeren di dunia. Desain ini sangat rumit dan untuk pembuat pemalsu paspor menjadi sulit melihat desain ini, dan juga desain ini juga bertujuan untuk mempromosikan budaya mereka dalam menjelang Olimpiade Tokyo 2020 silam.

Baca juga: 4 Langkah yang Harus Dilakukan Saat Kehilangan Paspor di Luar Negeri

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Cek Jadwal Lengkap Konser di Jakarta Fair Kemayoran 2024

BERIKUTNYA

Sinopis & Preview Lafran, Film Biopik Tentang Idealisme & Perjuangan Lafran Pane

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: