Film Kromoleo (Sumber gambar: Instagram/@filmkromoleo.official)

Diangkat dari Legenda Urban, Simak Sinopsis Film Kromoleo Garapan Anggy Umbara

19 June 2024   |   20:50 WIB
Image
Andika Prasetyo Mahasiswa IISIP Jakarta

Indonesia memang terkenal dengan berbagai mitos atau legenda urban yang kerap kali masih dipercaya oleh sebagian masyarakat. Tak ayal, banyak para sineas dalam negeri yang terinspirasi dan mengangkat kisah tersebut ke dalam layar lebar. Sebagian besar kisah tersebut diambil dari cerita rakyat turun temurun.

Seperti halnya rumah produksi Imperial Pictures yang baru-baru ini merilis official teaser trailer dari karya sinema terbarunya yang berjudul Kromoleo di kanal YouTube resminya, Rabu (19/6/2024). Film dengan genre horor tersebut diangkat dari legenda urban masyarakat Magelang, Jawa Tengah.

Baca juga: Sinopsis Film Horor Dosen Ghaib yang Diangkat dari Cerita Viral di Facebook
 
 

Secara garis besar, film Kromoleo mengambil latar waktu pada 1984 dan menceritakan tentang teror dari hantu kromoleo yang menjadi legenda urban bagi masyarakat Magelang, Jawa Tengah. Diceritakan, sosok yang menjadi mitos oleh warga sekitar, secara misterius kembali muncul dan menjadi ancaman bagi seluruh warga desa tersebut.

"Bertahun-tahun aku tunggu kamu datang, semua yang mati malam ini karena kromoleo," demikian sepenggal percakapan dalam teaser trailer fim Kromoleo.

Teaser trailer yang berdurasi 1 menit 1 detik itu dibuka dengan beberapa orang warga yang sedang menggali sebuah kuburan. Klip berlanjut dengan menampilkan aktris Ratu Sofya yang berperan sebagai Zia dan aktor Abun Sungkar sebagai Dika.

Sebelum teror satu malam yang dilakukan oleh hantu kromoleo itu terjadi, tepat pada hari itu mereka datang ke desa untuk yang pertama kalinya. Namun nahas, Dika dan Zia yang datang dari kota sama sekali tidak mengetahui tentang keberadaan hantu kromoleo.

Selanjutnya, teaser trailer itu juga menampilkan aktor Totos Rasiti yang berperan sebagai Prapto dan aktris Vonny Anggraini sebagai istrinya. Pada malam itu, mereka tiba-tiba mendapati ada seseorang yang secara misterius mengetuk pintu rumahnya dan memanggil nama Prapto.

Namun, ketika Prapto mengecek ke depan rumah, tidak ada siapa pun orang di luar rumahnya. Ketika itu, sang istri melihat sosok kromoleo dan langsung berusaha untuk mengumpat. Lalu, teaser itu semakin membuat penonton penasaran lantaran menampilkan  klip dari serangkaian teror yang menimpa warga desa akibar ulah kromoleo.

"Siapa pun yang melihatnya (kromoleo) akan mati," demikian sepenggal percakapan dalam teaser trailer fim Kromoleo.


Diangkat dari Cerita Rakyat

Seperti judulnya, film horor tersebut diangkat dari legenda urban ‘kromoleo’ yang cukup populer di kalangan masyarakat sekitar wilayah lereng Gunung Merapi, Magelang, Jawa Tengah. Konon, sosok kromoleo diwujudkan seperti sekumpulan orang yang memakai jubah hitam dan membawa keranda mayat.
 
 

Menurut mitos yang beredar, jika hantu kromoleo lewat di salah satu desa, maka warga desa tersebut akan yang ada mengalami sripah atau kematian. Kromoleo merupakan istilah yang muncul karena hantu tersebut ketika membawa keranda terdengar suara seperti ‘moleo, moleo, moleo, kromoleo’.

Sosok hantu kromoleo ini juga mirip dengan sosok lampor (keranda terbang), hantu yang menjadi legenda urban bagi masyarakat Temanggung, Jawa Tengah. Sosok lampor dan kromoleo memiliki kesamaan, yaitu sama-sama membawa keranda mayat dan kerap menebar teror ke warga sekitar.

Film horor yang diproduksi oleh Imperial Pictures dan Umbara Brother Film tersebut merupakan hasil garapan sutradara Anggy Umbara. Sebelumnya, sang sutradara kerap menggarap beberapa film horor lainnya seperti Suzzanna: Bernapas dalam Kubur (2018), Satu Suro (2019), Si Manis Jembatan Ancol (2019), Siksa Neraka (2023), Munkar (2024), Vina: Sebelum 7 Hari (2024) dan lain sebagainya.

Selain itu, film Kromoleo juga turut dibintangi oleh beberapa aktor dan aktris dalam negeri seperti Safira Ratu Sofya, Tio Pakusadewo, Abun Sungkar, Rukman Rosadi, Cornelio Sunny, Totos Rasiti, Aline Fauziah, Vonny Anggraini, Dayu Wijanto dan masih banyak lagi.

Meskipun belum ada tanggal dan bulan pastinya, film horor Kromoleo dijadwalkan tayang pada 2024.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Link Streaming Piala EURO 2024 Jerman vs Hungaria 19 Juni 2024

BERIKUTNYA

Qualcomm Umumkan Snapdragon Summit 2024 pada 21-23 Oktober 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: