Garfield (Sumber gambar: Instagram/garfield)

Fakta-fakta Menarik Hari Kucing Garfield 19 Juni 2024

19 June 2024   |   06:45 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Garfield adalah salah satu karakter kucing kartun paling populer di dunia. Sejak pertama kali muncul pada 1978 melalui komik strip, Garfield telah menjadi karakter kucing yang sukses menjadi perbincangan jutaan penggemar dari berbagai kalangan, di berbagai belahan dunia.

Kucing berwarna oranye ini memiliki daya tarik unik karena sifatnya yang menggemaskan dan tingkah lakunya yang kocak. Lebih dari 40 tahun eksis, kartun Garfield terus dieksplorasi ke berbagai medium seni. Terbaru, dia muncul dalam film The Garfield Movie (2024). 

Baca juga: Sinopsis dan Daftar Pengisi Suara The Garfield Movie yang Tayang di Bioskop Mei 2024

Garfield telah melebihi perannya sebagai karakter kartun. Dia belakangan menjelma jadi ikon budaya pop yang disukai berkat representasinya pada nilai-nilai tertentu, dan tampaknya akan terus lestari hingga tahun-tahun mendatang.

Berkat berbagai hal baik dan hiburan menyenangkan yang telah diberikan, dunia kemudian merayakan Hari Kucing Garfield setiap 19 Juni. Peringatan tahunan ini menjadi semacam suka cita bersama merayakan keberadaan Garfield yang telah membawa banyak hiburan bagi para penggemarnya di berbagai penjuru dunia.

Sembari mengenang keberadaan karakter kartun paling ikonik ini, yuk simak beberapa fakta menarik tentang Garfield berikut ini


1. Diciptakan pertama kali pada 1978

Garfield adalah komik strip dari surat kabar di Amerika yang menampilkan kucing gemuk dan malas, dengan selera humor kering. Karakter kucing berbadan bulat, berwarna oranye dengan sedikit aksen hitam ini diciptakan oleh kartunis Jim Davis.

Edisi pertamanya terbit pada 1978, sesaat setelah dia menjabat sebagai asisten kartunis. Davis menampilkan Garfield berlatar di Muncie, Indiana, sebuah daerah yang memiliki populasi sekitar 70.000 orang.

Tak butuh Waktu lama setelah terbit, Garfield dengan cepat memikat hati dengan humornya yang jenaka. Dia menarik perhatian karena punya pribadi unik, gambaran kucing pemalas dan pencinta lasagna.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Garfield (@garfield)

 

2. Dari komik strip ke medium seni lain

Kepopulerannya membuat Garfield menjadi kartun yang paling banyak disindikasikan di surat kabar seluruh Amerika Serikat, bahkan dunia. Berawal dari komik strip, Garfield kemudian diproduksi ke berbagai medium seni lain dan makin memperluas jaringan penggemarnya.

Dia berkali-kali muncul sebagai animasi spesial televisi, di antaranya yang populer adalah Garfield on the Town dan Garfield and Friend. Kemudian, karakternya juga dijadikan film animasi, seperti Garfield: The Movie (2004), Garfield: A Tail of Two Kitties (2006), hingga terbaru adalah The Garfield Movie (2024).

Tak hanya itu, Popularitas global Garfield telah menghasilkan terjemahan komik dan adaptasinya ke berbagai bahasa. Penggemar dari seluruh dunia dapat menikmati kejenakaan dan humor Garfield dalam bahasa ibu mereka.


3. Punya beberapa rekor dunia

Pengaruh Garfield yang luar biasa telah membuatnya memiliki beberapa rekor dunia. Pada ulang tahunnya yang ke-40, Garfield merayakan hari spesialnya dengan penuh gaya, yakni aksi tos terbanyak di dunia.

Garfield meraih rekor dunia Guinness bertajuk tos terbanyak yang diberikan oleh maskot dalam satu menit. Garfield berhasil melakukan 194 tos, 66 lebih banyak dibanding rekor sebelumnya.

Tak hanya itu, pada 2015, Garfield juga memegang rekor dunia sebagai komik strip paling tersindikasi, dengan muncul di sekitar 2.100 jurnal di 80 negara.
 

4. Garfield benci hari senin

Jika pada masa sekarang orang banyak menggaungkan tagline I Hate Monday atau aku benci hari senin, Garfield rupanya telah melakukannya sejak 1978. Ya, sebagai seekor kucing kartun, Garfield rupanya juga tidak menyukai hari Senin, sama seperti kebanyakan orang.

Dia banyak mengungkapkan rasa ketidaksukaannya pada hari pertama minggu itu melalui ekspresi lucu dan menarik. Hal ini juga menjadikannya simbol Monday Blues kolektif bagi Sebagian besar orang. 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Garfield (@garfield)


5. Karakter jenaka dan sarkastik

Kecerdasannya yang tajam dan komentar sarkastik Garfield telah menjadi ciri khasnya sejak lama. Dia sering menyampaikan satu kalimat lucu, tetapi cerdas sehingga membuatnya banyak disukai penggemar dari berbagai usia.

Penciptanya, Davis, memang menganut gaya seni yang mudah dimengerti, dan mengembangkan karakternya agar bisa terhubung dengan siapa pun. Hal ini membuat kucing menggemaskan ini bisa mengungkapkan keinginan umum layaknya manusia. 

Baca juga: 5 Ras Kucing Termahal di Dunia, Harganya Capai Miliaran

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Belum Move On dari YG Entertainment, Rose Blackpink Teken Kontrak di The Black Label

BERIKUTNYA

Sinopsis Film My Boo & Twilight of the Warriors: Walled In, Tayang 19 Juni 2024 di Bioskop

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: