Kucing Bengal (Sumber foto: freepik/wirestock)

5 Ras Kucing Termahal di Dunia, Harganya Capai Miliaran

21 March 2024   |   20:51 WIB

Kucing memang menjadi salah satu hewan kesayangan bagi banyak orang di seluruh dunia karena sifatnya yang menggemaskan. Sebagai hewan kesayangan, tentu kucing memiliki banyak ras yang beragam dengan karakterisiknya yang beda-beda. 

Contohnya saja salah satu kucing yang paling populer dan banyak diketahui orang adalah Persia dan Anggora, kedua ras ini sering menjadi pilihan bagi para pencinta kucing. Meskipun keduanya sering menjadi sorotan, namun dunia kucing juga dihuni oleh banyak ras lain. Mulai dari kucing Sphynx yang tidak berbulu hingga kucing Maine Coon yang berukuran tinggi dan besar. 

Baca juga: Fakta Unik Binturong, Hewan Peliharaan Irfan Hakim yang Viral

Namun, apakah Genhype tahu jika di antara banyaknya ras kucing, ada beberapa ras yang dikenal karena harga jualnya yang sangat tinggi, bahkan mencapai miliaran rupiah. Ras kucing apa saja itu? Berikut daftarnya. 


1. Ashera

Kucing Ashera (Sumber foto: flickr/Soon Koon)

Kucing Ashera (Sumber foto: flickr/Soon Koon)


Ashera merupakan ras kucing yang berasal dari hasil persilangan antara kucing domestik, kucing liar Afrika, dan kucing macan tutul Asia. Dilansir melalui Catster, Ashera merupakan kucing yang memiliki tubuh besar dan padat dengan bobot 11,8 hingga 14,9 kilogram serta memiliki bulu seperti macan tutul mini.

Dari segi kepribadian, Ashera merupakan kucing yang setia, penuh kasih sayang, dan sangat cerdas. Akan tetapi, ras kucing ini sangat langka, bahkan produsen di Los Angeles hanya menghasilkan 5 ekor anak kucing dari jenis ini setiap tahunnya dengan harga mencapai Rp1,8 miliar. 


2. Savannah 

Kucing Savannah (Sumber foto: PetsWorld)

Kucing Savannah (Sumber foto: PetsWorld)


Merupakan hasil persilangan antara kucing liar Afrika dan kucing domestik Persia, Savannah adalah ras kucing yang sangat setia. Ras kucing ini pertama kali dikembangbiakkan pada 1986 oleh peternak Bengal, Judee Frank dan menjadi populer pada 1990an.

Layaknya seperti anjing, ras kucing Savannah sangat mudah untuk bersosialisasi dengan hewan pelihara lainnya. Jika ia dilatih sejak usia dini, kucing Savannah juga bisa sangat jinak. Selain itu, kucing Savannah memiliki pribadi yang cerdas, rasa ingin tahu yang tinggi, suka bermain, aktif, dan senang melakukan kegiatan luar ruangan. 

Menurut Finances Online, Savannah adalah jenis kucing yang dapat dibagi menjadi lima jenis, mulai dari F1 hingga F5. Kucing dengan klasifikasi F1 memiliki persentase DNA kucing liar Afrika sekitar 50 persen, sedangkan kucing dengan klasifikasi F5 sekitar 11 persen. Harga untuk jenis kucing ini bervariasi tergantung pada jenis kelamin dan klasifikasinya. Sebagai contoh, kucing Savannah kelas F1 betina dapat mencapai harga hingga Rp725 juta.


3. Bengal 

Kucing Bengal (Sumber foto: Unsplash/Paul Hanaoka)

Kucing Bengal (Sumber foto: Unsplash/Paul Hanaoka)


Bengal adalah ras kucing domestik yang memiliki ciri khas bulunya tampak liar serta kepribadiannya yang energik dan ceria. Mereka memiliki penampilan yang unik dengan bulu bermotif bintik-bintik, mawar, atau pola marmer dalam berbagai warna. Bengal memiliki karakteristik yang aktif, pintar, dan rasa ingin tahunya yang tinggi. Bahkan, kucing ini sering berlompat ke objek yang tinggi dan terkesan memiliki banyak tingkah laku.

Dari segi kepribadian, kucing Bengal adalah hewan yang penyayang, ramah terhadap anak-anak, dan sangat ceria. Seekor Bengal dengan silsilah, generasi, dan kualitas bulu yang bagus dapat berharga hingga Rp362 juta.


4. Khao Manee 

Kucing Khao Manee (Sumber foto: wikipedia)

Kucing Khao Manee (Sumber foto: wikipedia)


Khao Manee adalah ras kucing asal Thailand yang dianggap sebagai kucing kerajaan dan dipelihara oleh bangsawan Thailand. Selain itu, kucing yang dikenal karena bulunya berwarna putih bersih dan mata birunya yang tajam ini dianggap suci hingga dipercaya dapat membawa keberuntungan bagi pemiliknya.

Khao Manee memiliki sifat yang penuh kasih sayang dan menyenangkan sehingga banyak dipilih sebagai kucing keluarga. Sebagai ras yang alami, kucing ini biasanya memiliki umur yang relatif panjang, yakni 10 hingga 12 tahun. Perawakannya yang atletis, suka bermain, dan penampilan yang anggun membuat kucing Khao Manee dihargai sebesar Rp159 juta.
 

5. Sphynx 

Kucing Sphynx (Sumber foto: unsplash/Dan Wayman)

Kucing Sphynx (Sumber foto: unsplash/Dan Wayman)


Sphynx adalah salah satu jenis ras kucing dengan genetik alami yang paling mencolok karena perawakannya yang memiliki telinga lebar, mata yang tajam, dan tidak berbulu. Sebagian besar kucing Shpynx memiliki kulit yang kendur sehingga dapat membuat mereka terlihat keriput.

Ras kucing yang berasal dari Kanada ini sangat tangguh dan tidak rentan terhadap masalah genetik atau penyakit. Selain itu, kucing ini memiliki sifat yang lucu dan lembut serta cocok bagi mereka yang alergi terhadap bulu kucing karena bulunya yang minim. Kucing Sphynx dihargai sebesar Rp43 juta. 

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Ragu Perawatan Gigi saat Puasa? Ternyata Begini Hukumnya

BERIKUTNYA

Bang Yedam dan Winter Siap Rilis Lagu Duet Officialy Cool, Intip Foto Teasernya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: