Game Fallout 4 (Sumber gambar: Bethesda)

Populer Lagi, Cek 4 Faction di Game Fallout 4

11 June 2024   |   21:00 WIB
Image
Arindra Fachri Satria Pradana Mahasiswa Mass Communication BINUS University

Setelah perilisan serial Fallout di Amazon Prime pada April lalu, kini serial gim legendaris tersebut kembali menarik penggemar baru. Khususnya gim Fallout 4, yang mengusung konsep post-apocalyptic kompletmulai dari teknologi, politik ekstrem, makhluk hasil mutasi, dan elemen sci-fi lainnya. 

Meski sudah dirilis hampir 9 tahun yang lalu, kualitas grafis dan gameplay Fallout 4 masih bisa menandingi gim-gim populer terkini. Belum lagi, developer gimnya, Bethesda, sudah merilis update next-gen untuk meningkatkan grafis, memperbaiki bug, menambah banyak fitur baru, dan peningkatan performa yang signifikan untuk konsol PS5 dan Xbox. 

Baca juga: 4 Alasan Seru Serial Fallout Menarik Ditonton, Adaptasi dari Seri Video Game Populer

Di gim Fallout 4, pemain akan mengikuti kisah seorang pria/wanita dewasa (bisa dipilih) pada 2077, ketika kiamat nuklir semakin mendekat. Sehingga sekelompok masyarakat Sanctuary Hill harus terpaksa berlindung di  Vault 111, untuk bertahan hidup dengan mamasuki pod kriogenik. 

Nahas, karakter yang dimainkan Genhype menjadi orang terakhir yang selamat, dan kini harus mencari bayi dari karakter utama yang bernama Shaun. Namun, untuk berhasil menemukannya, pemain harus mengeksplorasi kota Boston tahun 2287 yang kini dipenuhi oleh radiasi dan mutan menyeramkan.

Untungnya, Fallout 4 memiliki fitur yang membiarkan Genhype untuk bergabung dengan faction atau fraksi tertentu guna membantu perjalanan. Tentu mereka memiliki kelebihan, kekurangan, dan ideologi yang berbeda-beda. Semuanya berkontribusi untuk menawarkan narasi cerita yang unik untuk setiap pemain. 

Untuk merayakan kembalinya popularitas franchise gim ini, simak penjelasan dari keempat faction yang ada di gim Fallout 4, Genhype pilih yang mana nih?
 

1. Brotherhood of Steel

Brotherhood of Steel (Sumber foto: Amazon Prime)

Brotherhood of Steel (Sumber foto: Amazon Prime)

Brotherhood of Steel (BoS) sering disebut sebagai faction terkuat di gim Fallout 4 berkat teknologi dan kekuatan militer yang mereka miliki. Faction ini dipimpin oleh Arthur Maxson, seorang tentara pensiunan dengan kepribadian yang tegas. Awalnya, mereka berfokus pada pelestarian teknologi dan membantu masyarakat setelah jatuhnya bom nuklir di Amerika Serikat.  

Seiring berjalannya waktu, mereka mulai beralih kepada kebijakan yang cenderung isolasionis, didasari ketakutan akan teknologi yang disalahgunakan. Hal ini membuat mereka memiliki hubungan yang kurang ramah dengan faction lain, khususnya The Institute. Meski begitu, BoS turut serta melindungi warga sipil yang tidak bersalah, serta berbagi teknologi jika diperlukan.

Jika Genhype memilih untuk bergabung bersama BoS, prajurit bernama Paladin Danse akan menjadi companion (rekan berpetualang). Selain itu, kalian akan mendapat akses untuk berbagai teknologi canggih milik mereka, seperti sebuah markas airship bernama Prydwen, dan robot raksasa bernama Liberty Prime. 
 

2. The Institute

The Institute (Sumber foto: Fallout Wiki)

The Institute (Sumber foto: Fallout Wiki)

The Institute adalah faction di Fallout 4 yang beroperasi di laboratorium canggih di bawah tanah, yang berfokus untuk melestarikan umat manusia melalui berbagai teknologi canggih.

Merekalah yang menciptakan para Synth, robot humanoid pintar yang sangat mirip dengan manusia. The Institute sendiri memandang Brotherhood of Steel sebagai ancaman, serta menentang tujuan Railroad untuk membebaskan para synths.

Dengan bergabung dengan faction ini, Genhype akan mendapatkan akses sepenuhnya ke laboratorium bawah tanah milik mereka. Menawarkan penyembuhan penuh dari luka secara gratis, dan teknologi seperti Synth Relay Grenade yang bisa memanggil Synth kemana saja dan kapan saja.

Meski demikian, The Institute dianggap sebagai faksi paling keji, karena mengabaikan kehidupan manusia dan memperlakukan para Synth sebagai alat.  Mereka juga kerap melakukan eksperimentasi berbahaya yang sudah menewaskan ribuan nyawa.
 

3. Railroad

Railroad (Sumber foto: Fallout Wiki)

Railroad (Sumber foto: Fallout Wiki)

The Railroad adalah faction di Fallout 4 yang tinggal di stasiun bawah tanah yang bersejarah. Mereka percaya bahwa para Synth berhak hidup layaknya manusia biasa, mendapat pekerjaan yang sesuai,  dan bebas dari penyiksaan oleh The Institute dan Brotherhood of Steel. 

Jika memilih untuk bergabung dengan Railroad, Genhype akan diberi akses ke peningkatan armor yang kuat, perlengkapan dengan teknologi siluman, dan kerap didatangi pedagang unik yang menawarkan barang eksklusif. Meski demikian, kalian akan berkali-kali diberikan misi untuk membebaskan para Synth, yang dianggap cukup membosankan untuk beberapa pemain. 
 

4. Minuteman

Minuteman (Sumber foto: Fallout Wiki

Minuteman (Sumber foto: Fallout Wiki)

Berbeda dengan faction lain, Minuteman memiliki tujuan yang cukup netral, yakni membela pemukiman manusia dari berbagai serangan. Anggota dari faction ini hanya ingin umat manusia untuk kembali sejahtera seperti dahulu kala sebelum perang besar. 

Untuk bergabung dengan Minutemen, Genhype harus membantu karakter Preston Garvey di Museum of Freedom di daerah Concord dan menyelesaikan misi perekrutan.

Setelah itu, kalian akan perlahan-lahan mulai ditunjuk sebagai pemimpin para Minutemen. Ini bisa menjadi kelebihan untuk pemain yang suka memegang kendali, tapi kurang menarik untuk pemain yang lebih suka gameplay terstruktur. 

Tentu posisi ini menawarkan berbagai kelebihan, seperti membangun markas dengan bebas, merekrut sekutu, dan juga memanggil bala bantuan dan serangan artileri dalam pertempuran. Meski punya sejumlah kelebihan, jika bergabung dengan Minuteman akan ada beberapa akses konten yang dibatasi dan misi yang cukup repetitif. 

Baca juga: 5 Rekomendasi Game yang Bakal Rilis Juni 2024, Ada DLC Elden Ring

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Simak Penyebab & Cara Mengatasi Cat Dinding Menggelembung

BERIKUTNYA

Sejarah Pertemuan & Line Up Indonesia vs Filipina di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: