Ilustrasi daging (Sumber gambar: Unsplash/ Victoria Shes)

5 Langkah Penting Sebelum Membekukan Daging di Dalam Kulkas

18 June 2024   |   16:19 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Menyimpan daging segar di dalam kulkas perlu penanganan khusus. Sebab, daging segar rawan dihinggapi bakteri sehingga harus tetap dijaga agar benar-benar steril. Untuk itu, proses penyimpanannya dagingnya harus terjaga dengan baik.

Menyimpan daging sebaiknya ditaruh di dalam freezer untuk memperlambat pertumbuhan bakteri. Umumnya, daging di dalam kulkas bisa bertahan dari 3 hari hingga 5 hari ke depan.

Baca juga: 5 Cara Mengolah Daging Kambing Agar Tidak Bau Perengus

Untuk mengantisipasi daging cepat busuk akibat cara penyimpanan yang kurang tepat, simak beberapa cara berikut ini agar daging bisa lebih awet berada di dalam kulkas.


1. Pastikan Daging Segar

Pastikan daging yang akan dimasukkan ke dalam kulkas masih dalam kondisi segar. Daging yang masih segar ditandai dengan warna yang masih merona. Namun, jika sudah berubah menjadi cokelat tua, bisa jadi daging sudah tidak terlalu segar.

Selain itu, daging yang sudah tidak segar juga dapat dilihat dari bau yang menyengat, terasa keras, dan berlendir. Memilih daging yang masih segar sebelum masuk ke kulkas menjadi penting. Sebab, hal ini memengaruhi masa penyimpanan daging tersebut.


2. Hindari Menyentuh Langsung

Dalam proses memindahkan daging, sebaiknya hindari menyentuhnya secara langsung. Kamu bisa memakai sarung tangan agar daging tidak langsung terkena dengan kulit. Selain itu, Selalu cuci tangan dengan sabun dan air sebelum dan sesudah memegang daging.

Sebab, daging mudah terkontaminasi sehingga perlu dijaga agar tetap steril. Jika ada proses memotong dan memerlukan talenan, sebaiknya juga menggunakan talenan berbeda disbanding jenis bahan makanan lain.


3. Hindari Mencuci Daging

Daging tak perlu dicuci sebelum dimasukkan ke dalam kulkas. Mencuci daging dengan air justru tidak disarankan. Sebab, air dapat memicu pertumbuhan bakteri an jamir sehingga menjadi penyebab busuk.

Selain itu, air juga merupakan media bakteri untuk berkembang biak secara baik. Alih-alih membuat daging bersih, justru bisa membuatnya menjadi cepat busuk. Sebagai gantinya, kamu bisa mengelap daging dengan tisu saja, sebelum akhirnya dimasukkan ke kulkas.


4. Proses Menyimpan Daging

Proses menyimpan daging juga perlu diperhatikan. Daging sebaiknya dikemas di wadah yang kedap udara sebelum dimasukkan. Hal ini berguna agar daging tetap steril.

Daging mentah yang diawetkan umumnya dapat disimpan dengan aman selama tiga hari di lemari es. Jika kamu berencana menyimpan lebih lama, prosesnya tak cukup ditaruh di lemari es. Namun, daging harus dibekukan.


5. Bersihkan Kulkas

Aspek kebersihan tak hanya berkaitan dengan daging, tetapi juga kulkas. Oleh karena itu, sebaiknya bersihkan terlebih dahulu kulkas sebelum digunakan untuk menyimpan daging.

Selain dapat mencegah timbulnya bau tak sedap, pembersihan ini juga mengurangi risiko kontaminasi ke daging yang ingin disimpan. Selain itu, sebaiknya pisahkan daging matang dan daging mentah di lemari pendingin.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Eksplorasi Diri Susi Necklin dalam Karya Berjudul Bergerak di Pameran Artchipelago

BERIKUTNYA

4 Rekomendasi Game Local Multiplayer Untuk Nintendo Switch

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: