Sweater (Sumber Foto: Freepik)

Mengenal Proyek Sweater Rework, Sulap Sweater Lama jadi Seperti Baru

16 June 2024   |   22:00 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Tren fesyen ramah lingkungan bisa dilakukan dengan cara memanfaatkan kembali pakaian yang sudah ada, sehingga bisa mengurangi limbah tekstil yang semakin harinya kian menumpuk. Salah satu kegiatan daur ulang pakaian yang menarik adalah sweater rework.

Kegiatan ini merupakan proses mengubah atau memperbaiki sweater lama menjadi seperti baru dan lebih menarik. Proses ini melibatkan berbagai teknik seperti pemotongan, penambalan, penjahitan ulang, serta penambahan hiasan.

Baca juga: Tampil Trendi dengan Sweater Kakek, Intip Tren Fashion Grandpa Core yang Populer di Kalangan Gen Z

Kegiatan sweater rework bertujuan untuk memperpanjang masa pakai sweater, misalnya dengan memperbaiki kerusakannya atau memberi sentuhan ulang pada tampilannya supaya lebih modern dan sesuai dengan tren fashion terkini.

Para mahasiswa dari sekolah mode ternama di tanah air, yakni ESMOD Jakarta memperkenalkan sweater rework sebagai proyek inovatif bagi mahasiswa desain mode. Kegiatan ini merupakan bagian dari kurikulum tahun pertama yang tidak hanya mengajarkan dasar-dasar desain mode, tetapi juga mendorong kreativitas mahasiswa melalui pendekatan sustainability.
 

Mahasiswa

Mahasiswa membuat konsep Sweater Rework (Sumber Foto: ESMOD Jakarta)

Para mahasiswa diajak untuk mengembangkan kreativitas mereka melalui proyek sweater rework untuk mengubah sweater bekas menjadi sebuah karya baru yang inovatif, juga menghadirkan sentuhan desain yang unik dan kreatif. Selama tiga minggu, para mahasiswa menguji keterampilannya dalam membuat creative fabric dengan cara yang unik dan menarik.

Mereka juga diminta untuk menggabungkan berbagai teknik serta menciptakan tema untuk diangkat pada koleksinya agar hasil karya mereka nantinya menjadi semakin menarik dan bermakna. Melalui proses ini, mahasiswa tidak hanya belajar tentang teknik dasar seperti memotong dan menjahit, tetapi juga teknik lanjutan seperti penggabungan berbagai tekstur, pewarnaan, dan bahkan penggunaan elemen dekoratif.

Setiap tahap proyek ini diawasi oleh dosen ESMOD Jakarta yang memberikan saran dan arahan untuk memastikan setiap mahasiswanya mendapatkan pengalaman belajar yang maksimal. Para mahasiswa menggunakan sweater bekas milik masing-masing. Selanjutnya, mereka mulai membuat konsep desain sweaternya sesuai selera. Tak ketinggalan, mereka juga menggunakan teknik-teknik yang telah dipelajari di kelas.

Setelah memiliki konsep yang jelas, kita akan masuk ke tahap pengembangan desain. Mahasiswa harus menciptakan 5 looks yang berbeda dan dari ke-5 looks tersebut, mereka akan memilih satu desain untuk diubah menjadi karya nyata. Melalui proyek ini para mahasiswa berusaha untuk memahami karakteristik dari bahan yang ada dan mencari cara supaya bisa mengubahnya menjadi suatu hal yang baru dan menarik.

Selain itu, mereka mendalami keterampilan teknis membuat pakaian seperti memotong, menjahit, serta memberikan sentuhan akhir yang diperlukan agar sweater rework terlihat luar biasa. Tidak hanya itu, mahasiswa juga diajak untuk mempertimbangkan aspek fungsionalitas dan kenyamanan dalam setiap desain yang dibuat, serta memastikan bahwa produk akhir tidak hanya bagus secara visual tetapi juga nyaman untuk dikenakan.

"Proyek sweater rework di ESMOD Jakarta bertujuan menanamkan kesadaran akan sustainable fashion kepada para mahasiswa dengan mengubah sweater bekas menjadi karya baru yang inovatif," ungkap Nathalia Gunarian selaku Academic Program Manager ESMOD Jakarta, dikutip dari rilisnya, Minggu (16/6/2024)

Melalui proyek ini, para mahasiswa tidak hanya mengasah keterampilan secara teknik seperti memotong dan menjahit, tetapi juga didorong untuk berpikir kreatif dan solutif dalam menghadapi tantangan lingkungan. Lebih lanjut dia berharap pengalaman ini akan membekali mereka dengan nilai-nilai sustainability yang dapat diterapkan dalam karier masa depan mereka di industri fesyen.

Setelah selesai, hasilnya sweater baru yang dibuat para Mahasiswa benar-benar menunjukkan kreativitas dan kemampuan desain yang terus berkembang. Mereka mengenakan sweater rework hasil karyanya masing-masing untuk didokumentasikan bersama saat proyek kelas tersebut telah selesai. Terhitung sejak awal hingga akhir, kegiatan sweater rework telah menginspirasi dan memperdalam pengetahuan para mahasiswa dalam bidang desain mode.

Baca juga: Koleksi Musim Gugur Mark & Spencer 2023, Ada Sweater dan Long Coat Nuansa Earth Tone

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Sajian Lezat Iduladha, Menu Spesial untuk Rayakan Hari Raya Kurban

BERIKUTNYA

Indonesia Ancam Twitter (X) terkait Kebijakan Konten Dewasa

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: