Perlu beberapa antisipasi agar tetap nyaman beraktivitas di tengah cuaca panas. (Sumber gambar: Antonino Visalli/Unsplash)

7 Tips Tetap Nyaman Beraktivitas di Tengah Cuaca Panas

13 June 2024   |   13:20 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan dalam sepekan ke depan hampir seluruh wilayah di Indonesia akan dilanda suhu panas. BMKG menyebut suhu cuaca harian akan mencapai maksimum 36 derajat celsius. Hal ini pun perlu diantisipasi oleh masyarakat, agar tetap bisa beraktivitas di luar rumah dengan nyaman.
 
Dalam keterangan resminya pada Selasa (11/6/2024), BMKG memaparkan dalam dua hari terakhir kondisi suhu panas maksimum sudah mulai melanda sejumlah wilayah di Indonesia mulai dari Sumatera Utara, Aceh, Jawa Timur, dan Bali. Berdasarkan hasil analisa, suhu terpanas terjadi di wilayah Aceh mencapai 36,6 derajat celcius dan Sumatera Utara 35,9 derajat celcius.
BMKG menjelaskan secara umum, suhu panas maksimum pada siang hari tersebut disebabkan karena gerak semu matahari dengan jarak terdekat di equator. Fenomena ini sekaligus menandakan musim kemarau mulai melanda Indonesia sebagaimana diprakirakan sebelumnya akan berlangsung pada Juni - September 2024.
 
Informasi tersebut tentunya perlu diantisipasi oleh masyarakat, khususnya bagi mereka yang tetap harus beraktivitas di luar rumah. Ada sejumlah hal yang perlu dilakukan untuk tetap bisa nyaman beraktivitas di luar rumah meski cuaca sedang panas. Berikut adalah beberapa tips tetap aktif dan nyaman di tengah cuaca panas.
 

1. Kenakan pakaian yang tepat

Saat cuaca panas, hal utama yang perlu kalian pastikan ialah menggunakan pakaian yang tepat. Gunakanlah pakaian yang ringan dan breathable dengan desain longgar atau bahan yang menyerap keringat, agar tetap nyaman meski harus beraktivitas di bawah teriknya matahari. 
 
Bahan seperti katun atau linen cocok untuk cuaca panas karena memungkinkan udara mengalir dengan baik, sehingga tidak membuat tubuh merasa gerah. Selain itu, penting jug untuk memilih pakaian berwarna terang salah satunya putih, sehingga mudah memantulkan sinar matahari.
Termasuk, memilih alas kaki yang nyaman dan tertutup untuk melindungi dari cuaca panas. Sebaliknya, hindari pakaian berwarna gelap atau yang berbahan sintetis seperti polyester karena dapat menyerap panas dan membuat badan terasa gerah. 
 

2. Pakai sunscreen & pelembap

Paparan sinar UV secara langsung bisa membahayakan kulit dan mempercepat penuaan, membuat kulit terbakar atau sunburn, hingga meningkatkan risiko kanker kulit. Oleh karena itu, penting untuk melindungi kulit dengan menggunakan sunscreen atau tabir surya. 
 
Selain tabir surya, menjaga kelembapan kulit juga penting di tengah cuaca yang panas, sehingga penting untuk menggunakan pelembap atau moisturizer. Pillih moisturizer yang teskturnya ringan, tapi tetap mampu melindungi barrier kulit dengan menghidrasi secara maksimal sepanjang hari.

3. Gunakan kacamata & jaket anti UV

Cuaca panas bisa berbahaya bagi kesehatan mata, mulai dari mata mengering hingga kornea terbakar. Hal ini lantaran mata merupakan indera yang sangat peka terhadap rangsangan cahaya, serta memiliki sifat dasar yang basah, sehingga mata secara otomatis akan merasa tidak nyaman dan cepat mengering jika terpapar sinar matahari langsung.
 
Oleh karena itu, perlu mengenakan kacamata untuk membantu menjaga kesehatan mata dari paparan langsung sinar UV.
 
Selain itu, sebagai perlindungan tambahan, kamu bisa pertimbangkan untuk menggunakan jaket dengan fitur proteksi UV. Jaket semacam ini tidak hanya melindungi dari sinar matahati, tetapi juga dapat menghalau angin dan bau tidak sedap dari jalan raya atau transportasi umum yang padat, sehingga baju tetap bersih.
 

4. Gunakan topi atau payung

Topi dan payung berfungsi sebagai pelindung tubuh bagian atas saat cuaca panas. Menggunakan topi ataupun payung dapat membantu mengurangi risiko kulit terbakar atau sunburn maupun iritasi akibat sinar matahari. Termasuk, mencegah sakit kepala akibat cuaca panas.
 

5. Minum air putih yang cukup

Saat cuaca panas, tubuh dapat kehilangan banyak cairan melalui keringat. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu terhidrasi dengan minum air putih yang cukup untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh. Minum air putih juga sangat dibutuhkan untuk menstabilkan suhu tubuh dan menjaga konsentrasi. 
 

6. Pilih parfum yang segar

Agar tetap bersemangat di tengah cuaca panas, jangan lupa gunakan parfum dengan aroma yang segar. Parfum dengan aroma seperti buah-buahan atau floral bisa memberikan kesegaran, sekalipun berada di kondisi cuaca panas. Dengan begitu, kalian bisa tetap tampil percaya diri dan nyaman beraktivitas.

Baca juga:  Rekomendasi Notes Parfum yang Cocok untuk Cuaca Panas, Aroma Bunga sampai Buah Segar
 

7. Bawa kipas mini portabel

Udara yang panas tentunya membuat kalian mudah gerah dan berkeringat. Solusi cepat yang bisa dilakukan adalah dengan selalu membawa kipas mini portable. Lantaran ukurannya yang ringan, kipas mini portabel cocok dibawa untuk segala aktivitas sehingga memberikan hawa yang segar di tengah cuaca panas.
 

SEBELUMNYA

Rekomendasi Vacum Cleaner, Ada yang Pakai Teknologi AI

BERIKUTNYA

Sinopsis Film Ipar Adalah Maut, Perselingkuhan Nyata yang Tayang di Bioskop Hari Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: