Ilustrasi produk skincare (Sumber foto: freepik)

Ini Produk Skincare yang Wajib Dihindari Saat Cuaca Panas

16 May 2024   |   19:45 WIB
Image
Amanda Syavira Mahasiswi Universitas Negeri Jakarta

Sekarang ini beberapa kota di Indonesia sedang mengalami cuaca yang sangat panas. Saat cuaca panas, sering kali kulit memproduksi banyak keringat hingga mengakibatkan pori-pori kalian menyerap banyak kotoran dan bakteri. Menumpuknya kotoran di kulit akibat cuaca panas dapat menyebabkan berbagai permasalahan di kulit wajah.

Misalnya saja seperti timbulnya jerawat, komedo, ruam, dan berbagai permasalahan wajah lainnya. Jika keadaan kulit sudah seperti itu, penting untuk menggunakan produk skincare sesuai dengan kebutuhan kulit untuk menjaga kulit agar tetap bersih sepanjang hari.

Baca juga : 7 Tanda Produk Skincare Tidak Cocok di Kulit Wajahmu

Namun, tak sedikit yang mengabaikan langkah menggunakan skincare yang pada akhirnya dapat membuat kulit menjadi tak sehat. Oleh karena itu, melakukan perawatan wajah sangat penting untuk dilakukan guna memperoleh kulit yang sehat. 

 

Ilustrasi produk skincare (Sumber foto: freepik)

Ilustrasi produk skincare (Sumber foto: freepik)


Akan tetapi, penggunaan produk skincare pun perlu diperhatikan, terutama saat cuaca panas. Menurut dermatologis, ada beberapa produk skincare yang tidak baik jika digunakan saat musim panas dikarenakan bahan-bahan yang rentan terhadap sinar matahari. Lalu, apa saja produk skincare tersebut? Berikut adalah penjelasannya. 


1. Chemical Exfoliation

Eksfoliasi pada dasarnya memang sangat berpengaruh bagi kulit, tak hanya membersihkan kulit secara menyeluruh, tapi juga membuat kulit menjadi mulus dan mengangkat sel-sel kulit mati. Namun, melakukan eksfoliasi pada cuaca panas justru dapat membuat kulit menjadi rusak.

Dilansir melalui Well and Good, umumnya produk eksfoliasi memiliki kandungan AHA dan BHA yang berguna untuk mengelupas kulit mati. Namun, penggunaan kedua bahan tersebut pada cuaca panas justru dapat membuat kulit mejadi iritasi, sensitif, dan kering karena AHA dan BHA lebih rentan terhadap sengatan matahari. 


2. Retinol

Selama beberapa tahun terakhir, kandungan retinol pada skincare telah menjadi bahan utama untuk mengurangi kerutan dan pori-pori terbuka. Tak hanya itu, kandungan retinol juga bermanfaat untuk menetralisir radikal bebas yang membuat tampilan kulit menjadi lebih awet muda. Namun, retinol tidak cocok digunakan ketika cuaca panas karena dapat membuat kulit menjadi iritasi akibat paparan sinar matahari. Oleh karena itu, sebaiknya kalian hindari penggunaan retinol pada saat cuaca panas.


3. Scrub wajah

Scrub wajah dengan partikel-partikel kasar memang dapat membantu menghilangkan penumpukan sel kulit mati. Namun, kalian wajib menghindari scrub wajah saat cuaca panas karena menurut para dermatolog, pada tahun ini pergantian sel kulit lebih cepat dari pada sebelumnya. Jika kalian menggunakan scrub wajah pada periode ini, maka dikhawatirkan dapat membuat kulit menjadi lebih sensitif.


4. Facial oil

Ketika cuaca jadi lebih panas, sebaiknya kurangi penggunaan minyak dan serum di wajah. Hal ini dikarenakan suhu tinggi dan kelembaban dapat membuat kulit menghasilkan lebih banyak minyak. Terlalu banyak minyak dan serum bisa menyebabkan masalah kulit seperti jerawat dan iritasi. Jadi, lebih baik kurangi penggunaannya agar kulit tetap sehat.

Baca juga Genhype Wajib Perhatikan, Ini Kandungan Skincare yang Tak Boleh Digunakan Bersamaan

Editor : Puput Ady Sukarno
 

SEBELUMNYA

Diluncurkan ke Publik, Potret Diri Raja Charles III Mendapat Kritikan Netizen

BERIKUTNYA

5 Rekomendasi Hadiah Unik Dan Berguna Untuk Pria

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: