sumber gambar ilustrasi : Antonio Dillard dari Pexels

Jabodetabek Sudah Masuk Puncak Musim Hujan, Ini Yang Perlu Diwaspadai

13 January 2022   |   10:44 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap peningkatan curah hujan di Jabodetabek pada 13 - 15 Januari 2022. Dalam rilis yang diterima oleh Hypeabis.id, Deputi Bidang Meteorologi Guswanto menuturkan sebagian besar wilayah Jabodetabek termasuk dalam wilayah yang diprediksi oleh BMKG mengalami puncak musim hujan pada periode Januari ini. 

Sementara itu dari hasil analisis dinamika atmosfer, diidentifikasi adanya sirkulasi siklonik di Samudera Hindia selatan Jawa dan pola tekanan rendah di Australia bagian utara.

Kondisi itu dapat membentuk pola pertemuan massa udara dan belokan angin di wilayah selatan Indonesia terutama di sekitar Laut Jawa bagian barat dan perairan selatan Banten dan Jawa Barat yang dapat mempengaruhi pembentukan awan hujan di wilayah Jabodetabek.

"Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG memprakirakan potensi curah hujan dengan intensitas sedang-lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang," katanya. 

Adapun daerah-daerah yang diperkirakan berpotensi memiliki tersebut pada 13 Januari 2022 antara lain Kep. Seribu, Jakarta Utara, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

Sementara pada 14 Januari 2022, yakni Jakarta Utara, Bogor, dan Depok. Kemudian, pada 15 Januari 2022 adalah Bogor dan Depok.

BMKG mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem pada periode 3 hari ke depan yang dapat berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi berupa banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang, terutama untuk masyarakat yang berada dan tinggal di wilayah rawan bencana hidrometeorologi. 

SEBELUMNYA

HYBE Bagikan Rincian Webtoon & Web Novel BTS, TXT & ENHYPEN

BERIKUTNYA

Ini Film-film Yang Akan Tayang di Lionsgate Play Indonesia Pada Januari 2022

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: