Ilustrasi beraktivitas di tengah cuaca panas. (Sumber foto: Freepik/Jcomp)

5 Tip OOTD Anti Gerah saat Cuaca Panas

13 May 2024   |   18:00 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Sejumlah wilayah di Indonesia, terutama di Jakarta dan sekitarnya tengah dilanda cuaca panas dalam beberapa pekan terakhir. Pada siang hari, sinar matahari begitu terik dan udara sangat lembap yang membuat tubuh gerah, lengkap dengan kucuran keringat. 
 
Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), suhu panas yang terjadi dampak dari mulai berkurangnya pembentukan awan dan berkurangnya curah hujan. Ya, sebagian wilayah di Indonesia dalam periode peralihan musim hujan ke musim kemarau. 

Baca juga: Pentingnya Menggunakan Sunscreen saat Cuaca Panas Ekstrem
 
Sebagian besar wilayah diprediksi mengalami awal musim kemarau 2024 pada Mei dan menghadapi puncaknya pada Juli dan Agustus. Nah, dalam menghadapi musim kemarau ini, penting bagi kamu untuk memilih baju yang tepat terutama bepergian ke luar rumah.
 
Lantas seperti apa OOTD saat musim panas? Simak rekomendasinya berikut ini yuk, Genhype
 

1. Bye pakaian ketat

Pakaian yang ketat mengurangi sirkulasi udara dan membuat tubuh lebih cepat berkeringat. Alih-alih pakaian ketat, musim kemarau yang panas lebih cocok jika kamu menggunakan pakaian longgar. Buat kaum hawa, kamu bisa memilih blouse sebagai atasan dan celana kulot. Sementara para pria bisa memakai oversized t-shirt dan celana chino.
 

2. Pilih baju yang menyerap keringat

Head of Fashion Category Tokopedia Aldhy Darmayo menerangkan untuk menghadapi musim kemarau yang panas, pilih pakaian berbahan ringan dan menyerap keringat, seperti katun, linen, atau rayon. Bahan ini memungkinkan pori-pori kulit bernapas lebih leluasa. 
 
Aldhy menyebut ada banyak brand lokal yang menyediakan baju dengan bahan ringan yang menyerap keringat. Misal, Rown Division Store dan Lozy Hijab. Brand lokal yang masing-masing berasal dari Solo dan Tasikmalaya ini menyediakan berbagai pilihan pakaian dengan bahan linen dan katun berdesain kekinian sehingga bisa membuat style tetap fashionable walau harus menerjang hawa panas setiap hari di musim kemarau.
 

3. Pakaian berwawrna cerah harus jadi opsi

Pakaian berwarna cerah lebih bisa memantulkan cahaya matahari dan menjaga suhu tubuh tetap sejuk. ketimbang warna-warna gelap seperti hitam atau biru dongker. Oleh karena itu, di musim panas ini, pakailah pakaian berwarna cerah seperti putih, kuning, dan abu-abu muda.
 

4. Pakai aksesori pelindung

Selain sunscreen, aksesoris seperti topi, kacamata hitam dan jaket berbahan parasut bisa melindungi tubuh dari panasnya sinar matahari di musim kemarau, terutama saat beraktivitas di luar ruang. Kamu bisa menyesuaikan berbagai aksesori ini dengan style berpakaian agar tetap stylish dan fashionable meskipun harus berkegiatan di tengah cuaca panas. 
 

5. Bawa baju ganti

Siapkan pakaian ganti terutama jika kamu seharian beraktivitas di luar ruangan. Hal ini penting untuk mengantisipasi basahnya pakaian karena keringat yang berlebihan. Jangan lupa untuk menyediakan baju ganti yang longgar dan menyerap keringat ya, Genhype.

Baca juga: 4 Rekomendasi Parfum Lokal Untuk Musim Panas 2024

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Jadwal & Tata Cara Penukaran Wristband Konser The Dream Show 3 DREAM()SCAPE

BERIKUTNYA

7 Cara Efektif Mengatasi Kantong Mata Supaya Tidak Muncul Lagi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: