Konten Kreator (Sumber Foto: Freepik)

4 Tip Manfaatkan Fitur-fitur Facebook dari Para Kreator Top Indonesia, Bisa Datangkan Cuan

18 December 2023   |   20:00 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Selama hampir 20 tahun, Facebook telah menjadi platform jejaring sosial yang banyak digunakan orang-orang di seluruh dunia. Facebook telah jadi wadah bagi penggunanya untuk mencari inspirasi, terhubung satu sama lain, dan mengekspresikan diri melalui karya tanpa batas.
 
“Sebagai platform jejaring sosial yang sudah berdiri hampir 20 tahun, Facebook terus berkembang dan menjadi komunitas yang energetik bagi setiap orang untuk terhubung dan menemukan hal-hal yang mereka sukai," ujar Rifky Septiaji, Manajer Kemitraan Global, APAC untuk Meta di Indonesia, dikutip dari keterangan persnya. 

Baca juga: Cek Harga Meta Verified & Cara Berlangganan Akun Centang Biru di Facebook, Instagram & Threads

Facebook juga terus mengembangkan fitur-fitur yang dapat dinikmati semua penggunanya, serta menjadi rumah bagi para kreator dalam mengekspresikan diri mereka. Bertambahnya fitur membuat ekosistem kreator terus tumbuh secara signifikan. Setiap harinya bermunculan konten kreator kreatif yang menyajikan konten-konten segar dan menarik.

Nah Genhype, yuk simak tip bagaimana cara memanfaatkan fitur-fitur Facebook untuk kreator.
 

1. Level up dengan mode profesional

Fitur Mode Profesional di Facebook membuat pengguna bisa lebih mudah meraih peluang cuan dari monetisasi dan membangun followers. Facebook tak hanya menghubungkan kreator dengan pengguna dari berbagai belahan dunia, tapi juga akan merekomendasikan konten ke orang-orang yang belum mem-follow akun kalian.

Fitur tersebut akan membuka pintu ke fitur Profesional lainnya untuk memberikan insight tentang preferensi followers, supaya konten kalian makin relevan dengan banyak orang. Genhype juga bisa menggunakan in-stream ads dan Ads on FB Reels untuk membuka potensi tambahan penghasilan dan mendapat hadiah dari followers melalui kreativitas Reels. 

“Kalian cuma perlu mengubah profil Facebook ke mode profesional untuk mendapat akses ke berbagai kesempatan monetisasi dan membangun audiens bagi para kreator. ” ujar kreator konten Warintll. 
 

2. Crossposting untuk memperluas audiens

Agung Karmalogy, kreator yang dikenal lewat konten-konten komedinya menyarankan untuk menggunakan fitur Crossposting. Pengguna bisa Crosspsting konten dari Instagram ke Facebook untuk membuka peluang memperluas audiens.

"Menggunakan Crossposting untuk berbagi Reels di kedua platform (Facebook dan Instagram) secara bersamaan, selain lebih praktis, juga akan memperluas jangkauan kita sebagai kreator. Jadi, satu konten ditonton oleh audiens dari dua platform sekaligus,” jelas Agung Karmalogy.

Kreator punya peluang menghasilkan uang dengan program monetisasi Facebook seperti Facebook Reels dan Facebook Stars. Kreator bisa lebih proaktif memperluas jangkauan konten dan memaksimalkan potensi monetisasi dengan adanya fitur Crossposting Reels.

Selain itu, memantau performa Reels juga penting untuk mendorong kreativitas. Sebagai kreator, kalian harus memahami jenis konten favorit followers supaya Reels yang diunggah tidak hanya menyenangkan untuk ditonton, tapi juga bisa menjaga engagement.
 

3. Game changer dengan Ads on Reels

Bagi kreator yang sudah memenuhi syarat, Facebook punya fitur untuk menghasilkan cuan, salah satunya lewat Ads on Reels. Dengan memasang iklan di Reels, setiap view dan interaksi bisa menambah penghasilan kreator. 

“Kreator dibayar berdasarkan performance Reel mereka, terlepas dari apakah iklan disertakan dalam Reel atau tidak. Artinya, semakin menarik Reel kamu, semakin banyak penghasilan yang bisa diperoleh”, ungkap Hobby Makan, kreator asal Kalimantan Barat.
 

4. Lebih nyaman dengan pengaturan komentar

Banyak kreator yang mengira kalau mengelola dan merespon komentar itu tidak penting. Padahal ini penting sekali untuk meningkatkan engagement. 

Fitur Pengaturan Komentar di Facebook memungkinkan penggunanya untuk melihat dan merespons komentar yang ada tanpa perlu beralih ke aplikasi lain. Kamu juga bisa mencari komentar spesifik dengan kata kunci, emoji, nama pemberi komentar, atau tanggal.

Apabila kreator kesulitan memfilter komentar-komentar dari followers mereka, fitur Bantuan Moderasi melalui Dasbor Profesional bisa memberikan kontrol penuh kepada kreator untuk mengatur komentar yang mau dibatasi berdasarkan kriteria tertentu, seperti tautan, profil tanpa foto, atau kata kunci.

Kreator juga bisa menjaga kenyamanan dan keamanan di kolom komentar. Kamu hanya perlu mengatur siapa yang bisa meninggalkan komentar di postingan mereka melalui pilihan “Who can comment”. Selain itu juga bisa menyembunyikan komentar dengan mengklik tiga titik di samping komentar yang dirasa mengganggu atau kurang sopan.

Baca juga: Cara Menambahkan Video Dalam Fitur Note Instagram

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Cara Hack Cicilan Biar Gaji Enggak Cuma Numpang Lewat

BERIKUTNYA

Profil AP.Bren FlapTzy, Peraih MVP M5 World Championship 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: