Ilustrasi likes di Instagram. (Dok. cottonbro dari Pexels)

Asyik! Pengguna Instagram & Facebook Kini Bisa Sembunyikan Jumlah Likes

27 May 2021   |   14:00 WIB

Like
Kabar baik untuk Genhype yang aktif menggunakan media sosial Instagram dan Facebook: kini kalian diberikan pilihan untuk menyembunyikan jumlah likes yang didapat dalam unggahan pengguna lho!

Dikutip dari The Verge, pihak Facebook dan Instagram akhirnya merilis opsi ini setelah melakukan uji coba selama bertahun-tahun dengan memasukkan pilihan penyembunyian hitungan likes di semua unggahan agar tidak disaksikan pengguna lain.

Rilisnya opsi ini sebenarnya merupakan bentuk realisasi dari permintaan para ahli agar pengembang media sosial mengubah platform mereka mengingat Instagram dinyatakan sebagai aplikasi yang paling berdampak bagi kesehatan mental dan kesejahteraan diri di kalangan remaja pada sebuah studi di Inggris pada 2017.

Dalam studi yang dilakukan Royal Society for Public Health Inggris, para ahli berpendapat bahwa menghapus tombol likes dan jumlah likes bisa meredakan kecemasan dan tekanan sosial bagi pengguna Instagram dan Facebook.

Instagram menguji penyembunyian jumlah likes untuk melihat apakah hal tersebut mungkin bisa mengurangi pengalaman pengguna di Instagram

"Kami mendengar dari masyarakat dan para ahli bahwa tidak melihat jumlah likes bisa bermanfaat bagi sebagian pengguna dan membuat risih yang lainnya, mungkin karena orang-orang terbiasa dengan jumlah likes untuk mengetahui apa yang sedang tren dan populer, sehingga kami berikan pilihan kepada Anda," jelas perwakilan Instagram.
 

Opsi menyembunyikan likes pada pengaturan di Instagram. (Dok. Instagram)

Opsi menyembunyikan likes pada pengaturan di Instagram. (Dok. Instagram)


Opsi berbentuk pengaturan ini sudah bisa diterapkan mulai hari ini, Kamis (27/05), di aplikasi Instagram dan Facebook. Di dalamnya, ada opsi terpisah yang membuat pengguna bisa memilih untuk menyembunyikan jumlah likes dari orang lain dan bisa juga menyembunyikannya per unggahan di Instagram.

Opsi ini dianggap bisa lebih fleksibel karena mempermudah sebagian orang untuk fokus pada konten yang diunggah daripada melihat jumlah likes pada konten tersebut. Facebook nantinya bisa mendapatkan opsi ini beberapa pekan ke depan.

Pengujian pada penyembunyian jumlah likes di Facebook sudah ada sejak September 2019 sebagai bentuk eksperimen terhadap peningkatan pengalaman pengguna dalam platform media sosial tersebut.

Instagram kemudian mengikuti jejaknya dengan mencoba berbagai cara untuk menyembunyikan jumlah likes selama beberapa tahun dengan pengujian terbaru dilakukan bulan lalu.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Muncul Kabar Bakal Ada Gempa M 8,5 dan Tsunami, ini Klarifikasi dari BMKG

BERIKUTNYA

Serial Sex and the City Akan Kembali dengan Cerita Baru

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: