Ilustrasi ruang tamu. (Sumber gambar: Pexels/Anna Tarazevich)

5 Ide Bikin Ruang Tamu Estetik & Nyaman untuk Silaturahmi Lebaran

07 April 2023   |   09:00 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Idulfitri merupakan puncak perayaan bagi umat Islam yangmenyambut kemenangan setelah sebulan penuh menjalankan ibadah puasa Ramadan. Disebut juga sebagai Hari Lebaran, ini menjadi momen terbaik untuk bertemu, berkumpul, dan saling memaafkan antara keluarga, kerabat, teman, hingga kolega.

Di Indonesia, ada tradisi umat muslim saling mengunjungi untuk saling bersilaturahmi dan bermaaf-maafan. Mereka yang jauh mendekat, hubungan yang sempat renggang lantas merapat. 

Baca juga: 5 Ide Desain Ruang Tamu Ala Timur Tengah, Dijamin Makin Elegan

Nah, untuk membuat suasana semakin hangat, penting menghadirkan ruangan yang nyaman, santai, dan bisa mengakomodir banyak orang. Buat kamu yang masih bingung bagaimana menyiapkan ruang tamu untuk sambut Hari Raya Idulfitri, berikut kiat-kiat yang bisa kamu coba. 


1. Buat Ruangan Jadi Estetik 

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan yakni merapihkan ruang tamu. Singkirkan barang-barang yang dinilai kurang elok dan minim fungsi. Kamu bisa memanfaatkan kabinet, storage atau rak minimalis untuk menyimpan mainan anak atau sepatu agar lebih rapih, tetapi bisa menjadi pajangan yang nyaman dipandang mata. 

Sementara itu, hadirkan pernak-pernik Lebaran seperti hiasan DIY (do it yourself) bertema Idulfitri yang bisa digantung atau ditempel di dinding. Kamu juga bisa memajang kaligrafi Arab di dinding rumah untuk memberikan nuansa Islam yang kental. 

Ornamen-ornamen nuansa Timur Tengah bisa menjadi pilihan. Seperti lentera kecil, permadani, maupun gantungan ketupat. Membuat tema ruang seperti berada di Maroko juga cukup menarik.


2. Sulap Ruang Tamu Jadi Open Space

Saat Lebaran, kamu butuh ruang tamu yang lebih luas dari biasanya untuk menampung keluarga hingga kerabat yang datang. Oleh karena itu, sebaiknya singkirkan perabot yang tidak perlu. 

Geser perabotan seperti sofa, lemari atau storage ke dekat dinding. Hadirkan kesan ruang tamu yang lapang tanpa ada halangan atau sesuatu yang menganggu untuk sekadar duduk hingga berjalan. 

Kamu bisa menggunakan cermin yang menghadirkan efek ilusi, membuat ruangan terlihat lebih luas. Idealnya, cermin berukuran 3/4 dari luas keseluruhan bidang dinding.

Gelar karpet agar lebih santai saat bercengkrama dan tentunya menampung banyak orang. Kamu bisa menggunakan karpet bermotif Timur Tengah, hindari warna terlalu cerah yang mudah memunculkan noda. Karpet juga berfungsi untuk menutupi lantai yang kusam, lho.
 

Ilustrasi silaturahmi Lebaran. (Sumber foto: Pexels/Rodnae Productions)

Ilustrasi silaturahmi Lebaran. (Sumber foto: Pexels/Rodnae Productions)

3. Pilih Rak Display

Untuk menaruh beberapa pajangan yang mendukung nilai estetika di ruang tamu, kamu bisa menggunakan rak display dalam bentuk terbuka yang space saving. Rak ini bisa kamu manfaatkan ntuk menaruh buku favorit, mainan atau boneka kecil kesayangan, pajangan unik, air purifier atau diffuser, hingga tanaman kecil yang indah juga estetik. 
 

4. Maksimalkan Fungsi Dinding

Buat Genhype yang memiliki ruang tamu dengan ukuran terbatas, kamu bisa memaksimalkan penyimpanan dengan memanfaatkan fungsi dinding secara vertikal. Mengutip Ikea, kamu bisa mengguakan rak, ambalan rak, atau kotak disuplai berpintu kaca untuk memajang beberapa koleksi di rumah, termasuk buku dan tanaman hidup berukuran kecil. 

Memaksimalkan fungsi dinding, termasuk menempel televisi yang menjadi salah satu hiburan saat berkumpul bersama keluarga di Hari Lebaran. Tidak ada salahnya juga menempel speaker di samping TV tersebut ya. 


5. Pakai Meja Kecil Estetik & Letakkan Tanaman Hias

Meja sangat penting untuk menaruh suguhan atau kudapan pada hari raya. Nah, kamu bisa meletakkan meja kecil yang menghadirkan kesan estetik dan menawan. Cocok untuk menaruh kue lebaran yang menjadi incaran. Letakkan di samping sofa saja ya.

Kemudian untuk mempercantik dan membuat ruangan lebih hidup, kamu bisa menaruh tanaman atau bunga biasa dengan pot cantiknya di beberapa sudut ruang. Pastinya tanaman ini membuat mata lebih segar. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Resep Kurma Latte, Minuman Segar yang Punya Banyak Manfaat Kesehatan

BERIKUTNYA

Asyik, Serial Klub Kecanduan Mantan Siap Tayang di Netflix 20 April 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: