Para duta FFI 2024 (Sumber gambar: Siaran pers Komite FFI 2024)

5 Profil Duta FFI 2024, Ada Slamet Rahardjo dan Dian Sastrowardoyo

11 June 2024   |   10:25 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Setelah terbentuk dan diumumkan resmi beberapa waktu lalu, Komite Festival Film Indonesia (FFI) yang diketuai oleh Ario Bayu mengumumkan nama-nama sosok yang menjadi duta ajang perfilman Indonesia tersebut. Nama seperti Slamet Rahardjo Djarot dan Dian Sastrowardoyo masuk di dalamnya.

Ketua Komite FFI periode 2024-2026 Ario Bayu mengatakan bahwa nama-nama Duta FFI 2024 yang dipilih merefleksikan kolaborasi lintas generasi di industri sinema Indonesia dan telah mendapat pengakuan secara penghargaan kritis dan penerimaan penonton.

“Kami berharap,dengan ditunjuknya kelima nama sebagai Duta FFI bisa meluaskan khazanah sinema Indonesia di seluruh lapisan masyarakat Indonesia,” katanya dalam siaran pers dikutip Hypeabis.id  Selasa, 11 Juni 2024.

Baca juga: Begini Proses Pemilihan Ario Bayu Sebagai Ketua Komite FFI 2024

Sosok yang menjadi duta FFI 2024 adalah Slamet Rahardjo Djarot, Dian Sastrowardoyo, Kamila Andini, Lutesha Sadhewa, dan Bryan Domani. Mereka menjadi wujud konkret dari pemaknaan tema FFI 2024 dan menunjukkan kolaborasi yang dipenuhi oleh spirit kesetaraan dalam membangun ekosistem perfilman Indonesia yang kreatif, inovatif, inklusif dan produktif.

Dalam tugasnya sebagai duta, mereka yang terpilih akan memperkenalkan dan menggaungkan tema FFI 2024, yakni Merandai Cakrawala Sinema Indonesia. Berikut profil para duta FFI 2024.


1. Slamet Rahardjo Djarot

Slamet Rahardjo Djarot adalah seorang aktor, sutradara, dan penulis skenario. Dia telah berkarya di industri perfilman Indonesia lebih dari 50 tahun dan dikenal sebagai profesional yang serba bisa.

Selain itu, dia juga dekat dan telah malang melintang dalam industri teater dan seni pertunjukan. Berbagai penghargaan juga sudah dibawa pulang, seperti Piala Citra untuk Aktor Terbaik, Aktor Pendukung Terbaik, Penata Musik terbaik, Penulis Skenario Terbaik dan Sutradara Terbaik.


2. Dian Sastrowardoyo

Berbicara tentang Dian Sastrowardoyo, ingatan banyak pencinta film di dalam negeri akan langsung tertuju kepada karakter Cinta dalam film Ada Apa Dengan Cinta?. Dian juga telah berperan dalam sejumlah film seperti Bintang Jatuh, Pasir Berbisik, dan sebagainya.

Sepanjang kariernya, pemeran karakter Jeng Yah dalam serial Gadis Kretek itu juga telah menerima banyak penghargaan. Salah satu di antaranya adalah Silver Screen Award Best Actress di Singapore International Film Festival.


3. Kamila Andini

Kamila Andini adalah wanita sutradara yang telah mengarahkan banyak film di dalam negeri. Dia memulai debut sebagai pengarah lewat film berjudul Rahasia di Balik Cita Rasa. Setelah itu, berbagai karya mendapatkan arahannya.

Kariernya di industri perfilman juga mendapatkan pengakuan dari banyak pihak dengan memperoleh berbagai penghargaan. Salah satu di antaranya adalah Piala Citra kategori Cerita Asli Terbaik untuk film The Mirror Never Lies.


4. Luthesa Sadhewa

Duta FFI 2024 lainnya adalah Luthesa Sadhewa. Dara cantik yang telah berperan dalam banyak film itu mengawali kariernya di industri perfilman Indonesia lewat film pendek berjudul The Junk Society.

Wanita pemeran lulusan sastra Belanda salah satu universitas negeri di Jakarta itu pernah masuk nominasi Piala Citra kategori Pemeran Pendukung Wanita Terbaik FFI 2023 untuk perannya dalam film The Big 4.


5. Bryan Domani

Bryan Domani menjadi duta FFI 2024 lainnya yang ditunjuk oleh Komite FFI periode 2024-2026. Namanya lebih dahulu dikenal oleh publik lewat sejumlah serial televisi. Seiring berjalan waktu, Bryan merambah film layar lebar.

Baca juga: Hypeprofil Ario Bayu: Dedikasi & Komitmen untuk Perfilman Indonesia

Dia telah memainkan film bioskop berjudul Miracle in Cell no. 7, Ketika Berhenti di Sini, dan 172 Days. Kehadirannya sebagai duta FFI 2024 diharapkan memperluas khazanah sinema dan memperkenalkan ajang FFI 2024 ke generasi Z dan alpha.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Cara Mengempukkan Daging Sapi & Kambing Biar Tidak Alot saat Dimakan

BERIKUTNYA

Seventeen Bakal Jadi Goodwill Ambassador UNESCO, Apa Saja Perannya?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: