Souk Arab Saudi (Sumber Foto: Freepik)

7 Pasar Tradisional di Arab Saudi Tempat Berburu Parfum dan Abaya

11 June 2024   |   06:00 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Pelesiran ke Arab Saudi rasanya tak lengkap kalau belum menjelajahi souk atau souq, yakni pasar tradisional mereka yang meriah. Selain belanja berburu oleh-oleh, kalian bisa menyusuri pasar sambil merasakan sejarah, budaya, dan tradisi Arab Saudi yang kaya dan beragam.

Souq di Arab Saudi menawarkan berbagai macam barang mulai dari rempah-rempah, tekstil, perhiasan, kerajinan tangan, parfum, sampai makanan tradisional.

Baca juga: Cek 5 Destinasi Wisata Unik di Arab Saudi, Ada Hidden Gem di Pegunungan Taif & City Walk

Nah Genhype, berikut adalah beberapa souk yang paling terkenal di Arab Saudi, masing-masing memiliki daya tariknya tersendiri yang unik. 
 

1. Souq Al Alawi, Jeddah   

Berjalanlah melintasi lorong-lorong bersejarah di Souq Al Alawi, souk terbesar di Arab Saudi tersebut merupakan saksi bisu dari warisan kaya Jeddah. Pengunjung bisa menemukan beragam barang mulai dari hasil bumi, rempah-rempah lokal, kerajinan tangan otentik, pakaian tradisional, sampai barang elektronik dan dekorasi rumah.

Bawa pulang kenang-kenangan bersejarah seperti perhiasan, karya seni, karpet buatan tangan, dan barang-barang dekorasi berwarna-warni yang akan menambah sentuhan elegan Arab pada setiap ruanganmu di rumah. Selama musim Haji, Souq Al Alawi sangat meriah dipenuhi pengunjung dari seluruh dunia. Pasar tradisional ini berlokasi di Off Al Dahab St, Al Balad, Jeddah.


2. Souq Al Zal, Riyadh  

Souq Al Zal merupakan pasar tradisional yang memiliki luas 38.000 meter persegi. Lokasinya di Di lingkungan Al-Dirah, jantung kota Riyadh, sekitar 5,4 km dari Istana bersejarah Al-Murabba. Souk ini merupakan salah satu pasar tradisional tertua di Riyadh yang menyimpan lebih dari 100 tahun sejarah.

Pengunjung bisa menjelajahi gang-gangnya dan mendengarkan ramainya suara penjual yang menjajakan barang dagangannya, seolah membawa kita kembali ke masa lalu kota ini. Souq Al Zal terkenal dengan barang antik, koin langka, dan perabotan. Selain itu, kamu juga dapat menemukan alat musik, pemutar rekaman lama, dan ratusan barang menarik yang tampaknya berasal dari museum tradisi rakyat kuno.

Ada toko-toko yang menjual dupa, oud, dan parfum oriental. Serta juga ada lelang barang antik yang diadakan setiap hari di pasar selama beberapa jam setelah shalat Asar. Saat berkunjung ke souk ini kamu wajib membawa buah tangan berupa parfum oud musky, sandal kulit unta buatan tangan, dan artefak tradisional seperti poci kopi Arab (dallah).


3. Souq Diah, Riyadh  

Souq Diah yang juga dikenal sebagai Souk Al Thumari, merupakan surga bagi pecinta barang antik dan seni. Lokasinya di 3138 Abi Jafar Al Mansour St, Ghirnatah, Riyadh, dekat dengan Benteng Al Masmak yang ikonik. Lorong-lorong labirin souk ini memikat pembeli dengan berbagai karya seni lokal, parfum, dan kerajinan tangan yang dijual. 

Selain itu, tersedia juga perhiasan emas yang dirancang dengan desain eksklusif, layaknya perhiasan yang dikenakan para bangsawan. Saat berkunjung ke souq ini jangan lupa membeli parfum, karya seni lokal, perhiasan emas.


4. Souk Al Tumor, Medina  

Saudi adalah produsen kurma terbesar kedua di dunia, kota Medina (Madinah) terkenal dengan kualitas kurmanya yang baik dan variatif. Tepat 3 km selatan Medina, ada souq Al Tumor yang menjajakan 150 jenis kurma lezat, mulai dari kurma Ajwa yang merupakan kurma lokal sampai Medjool yang langka dan mahal. 

Baca juga: Cek 5 Situs Warisan Dunia di Arab Saudi Untuk Wisata Religi

Penjual akan membiarkanmu mencoba testernya terlebih dahulu sebelum membelinya. Kurma dapat bertahan lama, sehingga kamu bisa membawanya pulang sebagai oleh-oleh untuk keluarga dan teman.


1
2


SEBELUMNYA

Jadwal, Harga Tiket & Link Streaming Snapdragon Mobile Challenge in MLBB di Jakarta

BERIKUTNYA

5 Jurus Menangkal Hacker Penebar Phising Model Baru

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: