Saudi menawarkan berbagai petualangan mendebarkan di tengah lanskap yang menakjubkan. (sumber gambar: Summerataction)

Cek 5 Destinasi Wisata Unik di Arab Saudi, Ada Hidden Gem di Pegunungan Taif & City Walk

30 May 2024   |   18:00 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Negara-negara di Timur Tengah memiliki sejarah yang kaya, budaya yang beragam, dan keindahan alam yang menakjubkan. Selain menjadi destinasi kunjungan unggulan wisata religi, negara kawasan ini juga kerap menjadi tujuan wisata para pelancong di seluruh dunia yang ingin merasakan sensasi berbeda.

Di antara negara tersebut, Arab Saudi merupakan salah satunya. Negara Minyak ini 
memang menawarkan berbagai keragaman pilihan, mulai dari gurun tandus, indahnya garis pantai hingga megahnya daerah pegunungan. Selain lanskap yang bervariasi, setiap wilayah memiliki pola cuaca dan atraksi budayanya yang khas.

Lantas, destinasi tujuan apa saja yang menjadi unggulan di Arab Saudi? Dihimpun dari sumber resmi, berikut daftar lima tempat wisata yang bisa didatangi saat berkunjung ke sana:

 

1. Hidden Gem Pegunungan Taif

 

ahahah

(sumber gambar: Summerataction)

Saudi menawarkan berbagai petualangan mendebarkan di tengah lanskap yang menakjubkan. Pecinta adrenalin bisa menjelajahi kota pegunungan Taif, sebuah hidden gem di Saudi yang merupakan gerbang menuju tebing granit di Pegunungan Al-Hada. Di lokasi ini wisatawan dapat melakukan ekspedisi panjat tebing, menguji adrenalin dengan menaklukan tebing tinggi.

Tak hanya itu, di provinsi Aseer wisatawan juga dapat merasakan pemandangan sejuk dan hijau, saat bersepeda gunung, menunggang kuda, flying fox, dan hiking. Bergeser sedikit lebih jauh, kalian juga bisa menjelajahi indahnya kota Abha dan desa bersejarah Rijal Alma dengan kastil batunya yang unik.

 

2. Safari Gurun di Malam Hari


Mulai dari Riyadh, wisatawan juga dapat memulai perjalanan yang menawan dengan menghabiskan malam di gurun, di mana kalian dapat menjelajahi keindahan alam, lanskap, dan berbagai warisan budaya di Saudi. Tur malam ini memungkinkan wisatawan merasakan gurun tanpa panas di siang hari dan menyaksikan keindahan pemandangannya di bawah langit berbintang. 

Puncak dari safari gurun adalah sesi dune bashing yang mendebarkan. Sebab, di destinasi ini para  wisatawan akan diajak naik ke puncak bukit pasir yang menjulang, sehingga memberikan pengalaman mendebarkan saat pasir beterbangan ke segala arah.

 

3. Snorkling di Laut Merah 

 

(sumber gambar: Summerataction)

(sumber gambar: Summerataction)


Kota pantai Jeddah terkenal dengan wisata menyelam dan snorkeling yang menakjubkan, yang terdapat di perairan dangkal Laut Merah. Perairan ini merupakan rumah bagi banyak spesies ikan, termasuk ikan tercepat di dunia, black marlin, yang mencapai kecepatan 109 km/jam, dan ikan Napoleon yang dijuluki Ratu Terumbu Karang.

Dengan lebih dari 1.200 spesies, 20 persen diantaranya hanya ditemukan di Laut Merah, memungkinkan wisatawan menyaksikan keragaman ekosistem laut. Perairan di sini juga memiliki arus minimal, salinitas mencapai 35 persen dengan air yang bermanfaat meningkatkan sirkulasi darah. Selain itu, Jeddah juga memiliki iklim yang cerah sepanjang tahun, dengan suhu rata-rata setidaknya 21°C.

 

4. Berenang dengan Hiu di Sharm Obhur


Terletak di bagian tengah utara Jeddah dekat resor mewah Bhadur, Sharm Obhur adalah destinasi menyelam utama. Di sini, wisatawan akan bertemu penyu laut yang menawan, ikan singa, belut, dan warna-warni berbagai spesies laut lainnya saat menjelajahi perairan yang lebih dalam. 

Wisatawan juga dapat berenang dengan hiu di kedalaman 1,7 meter. Dalam aktivitas yang mengasyikkan dan juga aman ini, penyelam akan ditemani oleh instruktur dan penyelam profesional untuk masuk ke dalam kandang di area tempat hiu berenang, memberikan pengalaman tak terlupakan dengan makhluk menakjubkan ini.

 

5. Rekreasi Bersama Keluarga di City Walk

 

gege

(sumber gambar: Summerataction)

City Walk di Jeddah adalah zona rekreasi keluarga, menawarkan berbagai aktivitas dengan beberapa pengalaman unik yang hanya ditemukan di Jeddah dan bahkan di seluruh dunia. Dengan berbagai macam toko dan restoran, City Walk memastikan dapat menjawab keinginan setiap wisatawan. 

Tak hanya itu, di tempat ini kalian juga bisa menjelajahi keajaiban sembilan sub-zona yang memikat di City Walk, termasuk Entry Village, Food Hall, Fashion Village, Splash, Horror Village, Jeddah Live, Adventure, X-reality, dan Anime Village.

Baca Juga: Pertama di Dunia, Taman Bermain Dragon Ball Seluas 50 Hektare Siap Dibangun di Arab Saudi

Editor: M. Taufikul Basari

SEBELUMNYA

Selain Starlink, Ini Penyedia Layanan Internet Berbasis Satelit yang Ada di Indonesia

BERIKUTNYA

Resmi! Vincent Kompany Menjadi Pelatih Kepala FC Bayern Munchen

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: